TMCBlog.com – Bro sekalian, setelah prosesi launching New Honda Vario 150 di salah satu hotel di kawasan rukan Kemayoran, Astra Honda Motor mengajak rekan-rekan blogger dan vlogger menuju venue Test ride di area parkir JIExpo. Pada sesi tersebut kami bisa merasakan secara real ubahan yang PT. AHM lakukan terhadap Vario generasi terbaru ini. Gak banyak kata-kata lagi, langsung bersiap pakai riding gear dan nyemplak New Vario 150 deh.

Impresi awal posisi riding secara statis sudah dicoba ketika melihat unit di hotel, dan saat test ride inilah bisa lebih jauh merasakan Vario generasi baru tersebut. Dan. . . Gak jauh berbeda sih sob feeling nya bila kita bandingkan dengan Vario 150 terdahulu. Maka dari itu dijamin kalian yang nantinya akan membeli New Vario 150 ini gak akan kaget dengan posisi berkendaranya.

Tinggi Saya [Nugi] 160 cm dengan janhkauan kaki hampir sama dengan mas Taufik, yakni 75 cm, kurang lebih seperti itu. Meskipun kaki agak jinjit balet tapi masih aman buat pakai Vario untuk harian nih.

Handlebar atau stang kemudi dirasakan memiliki dimensi yang lebih lebar sedikit dan juga sudut stang lebih menekuk ke dalam/ke arah rider. Perubahan pada sektor ini memiliki value tersendiri karena berpengaruh kepada peningkatan control / kendali pada kemudi, setidaknya itu yang TMCBlog rasakan ketika sesi pengetesan.

Dua metode yang Saya lakukan untuk menikung, yakni membelokkan kemudi searah dengan tikungan dan juga sempat pakai teknik counter steering beberapa kali. Maksud tujuannya mengetes sejauh mana perbedaan handlingnya. Hasilnya, Vario tetap nyaman dipakai dengan kedua teknik menikung tersebut. Tapi kalau untuk berkendara yang agresif lebih nikmat pakai counter steering nih bro.

Lebih lanjut lagi, handling cukup terasa lebih baik. Dengan pemilihan ban depan 90/80-14 dan belakang 100/80-14 , which is lebih besar satu tingkatan dari Vario sebelumnya, memberikan kenyamanan tersendiri saat meliuk-liuk pakai new Vario 150.

Gak terasa bidang karet ban sudah terpakai sempurna hingga bagian pinggirnya. Sangat baik mengakomodir performa Vario 150 baru yang menggunakan merk IRC ini, sehingga Sobat sekalian masih tetap aman dipakai menikung kalau tidak mau mengganti ban dengan merk lain atau aftermarket.

Soal jok, memang ada perubahan sedikit karena Vario 150 kini sudah cukup lebih empuk ketimbang sebelumnya.

Ngomongin handling lagi, perubahannya memang ada, namun perbedaannya tidak terlalu jauh. Jadi feel berkendara sebuah Vario masih sangat terasa di unit generasi terbaru ini.

Dek memiliki ruang kaki yang identik dengan generasi sebelumnya, jadi kurang lebih sama leganya.

Mengenai performa mesin, ketika awal memutar gas Vario 150 langsung geber dari keadaan motor diam. Trek/lahan yang tersedia pendek, bagian lintasan lurus yang bisa untuk mengeksplore top speed hanya 100 meter kurang lebih. Top speed ketika test ride hanya sampai 65 Km per jam, langsung disambut tikungan parabolik.

Ketika putaran mesin Saya jaga di dalam tikungan, power Vario baru ini tetap mengisi jadi lebih asik diajak berkendara secara agresif.

Ketika sesekali motor melebar, perlu dilakukan koreksi jalur. Ternyata meski tampangnya terlihat besar, New Vario 150 ini enteng dan mudah diajak berganti arah. Terbukti ketika sampai di titik cone yang tersusun menjadi jalur zig zag, Vario saya ajak untuk slalom. Baik di kecepatan rendah sekitar 20 Km/j sampai di kecepatan sedang kurang lebih 40-an Km/j.

Tikungan kanan kiri terus TMCBlog libas dengan kecepatan menengah, dek kanan kiri dan juga ujung dari standar tengah terus menggasruk aspal. Feelingnya sih tetep pede menikung nih bro, cuma ya akan merusak bagian dek bawah. Unit test yang Saya coba jadi baret baret. Maaf yah AHM.. Hehehe..

Sektor pengereman tidak ada perubahan dari Vario 150 sebelumnya. Hadirnya New Vario 150 dengan single disc di depan tidak mengubah performa pengereman, meskipun untuk model piringan cakramnya sudah diubah. Namun dimensi lebar cakram depan yang masih imut-imut tidak meningkatkan sektor pengereman, dengan kemampuan penghenti laju tipe drum brake di roda belakang juga sama dengan versi sebelumnya. Meski begitu tetap aman untuk menghentikan laju Vario 150 yang cukup bertenaga ini.

Secara keseluruhan Vario 150 generasi terakhir yang baru saja AHM luncurkan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah disebutkan di atas. Terus terang nih, Saya pribadi belum pernah menyukai Vario 150 generasi pertama karena alasan selera pribadi atas desain body-nya. Tapi sesaat ketika melihat New Vario 150 ini kok rasanya apik banget gitu, garis-garis tarikan body terlihat senada, harmonis dan menyatu dari depan ke belakang. Bisa disimpulkan, pertama kalinya nih saya demen sama keluarga Vario setelah lirik lirik New Vario 150 ini nih. Paduan eksklusifitas dan juga unsur sporty dengan pas dan baik dipadu-padankan lewat New Vario150 ini. Anyway, good job deh buat AHM. Eh, malah kebanyakan nulis nih, langsung aja ditonton Vlog nya ya sob..

Nugie TMCBlog

62 COMMENTS

    • Gapapa mas Nugi, dari sisi harga kan bersaing. Apalagi menurut info internal YIMM, Lexi akselerasinya bejaban sm Nmax.. bs jadi sama vario 150 jg bs bersaing dari sisi performa. Sekalian pembuktian jg kata2 dari YIMM

      Guest
    • memang klau dari kubikasi mesin lexi125 udah beda kelas dengan new vario150. tpi kan gak semua orang melihat dari segi kubikasi mesin, cukup banyak jug yg menbandingkan dari segi harga. dan dsinilah ahm sukses membuat vario150 terkesan “value for money”. fitur2nya mirip antra lexi tipe S dengan vario, tpi vario150 unggul d sektor kubikasi mesin dan harga yg lebih murah, dan ini akan cukup efektif untuk membuat lexi125 series seolah-olah over price. secra harga vario150 lebih murah dari aerox155 series dan lexi-s125, fitur2 “utamanya” mirip2 dengan aerox155 tipe-S, desain body yg cukup universal, lexi dan aerox155 benar2 terjepit. strategi marketing ahm emang cukup susah d prediksi/di baca plus juga susah untuk d tandingi
      #my0pinion

      Guest
    • harga dan fitur-fiturnya kan 11-12 tuh mas, jadi wajarlah klau ada yg membandingkan vario150 vs lexi S. vario150 many win?

      Guest
    • Kewaguan of lexi’s front look certainly does win. No doubt

      Guest
  1. Kebalik dengan saya wak haji yg lebih suka desain Vario 150 lama, simpel, senada namun tegas. Yg disayangkan adalah model sein belakangnya yg cenderung memaksakan. Tadinya mau elegan simpel tapi karena sein blakangnya jadi gado2 sama rasa sporty

    Guest
    • tapi kalo dari deket kayanya bagusan ini masbro…banyak detail lekukan bevel nya lebih tebel dan tegas, gak tipi2 kaya cb/cbr/vario…totali difrent dah….jadi gak kaya kertas lipet

      Guest
  2. Rem kurang gigit mungkin kampasnya belum terbiasa makan sama piringnya.
    Walaupun saya akui, vario yang terdahulu atau motor Honda salah satu kelemahannya memang di sektor pengereman.
    Sepertinya saya juga akan membeli vario ini, tapi nunggu daily review user asli alias non blogger. Bukan saya tidak percaya blogger, hanya saja beberapa kali saya kurang mendapatkan sensasi yang sama dengan review para blogger. Dan daily user lebih mendekati riding experience saya dari kondisi realnya. Apakah produk yang di test oleh blogger-blogger adalah “unit khusus” dan bukan standar penjualan ke masyarakat umum? Atau mungkin riding style saya dan mayoitas konsumen memang agak banyak berbeda? entahlah
    yang jelas, saya akan membeli paling cepat akhir tahun atau awal tahun. Menunggu update tersembunyi dari Honda (like they used to do), atau mungkin menunggu unit second nya saja. Karena beberapa kali beli baru namun selalu tergoda untuk unit -unit baru yang hampir setiap tahun muncul begitu banyak.
    Btw, dengan berat mas Nugi yang tergolong ringan, dek dan standar tengah sering gasruk. Apalagi jika dipakai berboncengan dan jalanan yang mayoritas rusak, bumpy, atau banyak speed trap (polisi tidur) tuh?
    Btw, nice job Honda. No wonder if you are the real market leader in Indonesia.

    Guest
    • kalo second mending yamaha sih bro, harganya bener2 value, kecuali nmax mungkin masih mahal…

      Guest
    • Di rumah saya ada beberapa ekor motor honhon, baik semprot, bebek atau matic. Tapi semuanya alhamdulillah sektor pengeremannya bagus, sangat gigit remnya baik depan maupun belakang.

      Guest
    • Saya pribadi demen yang silver, warnanya mirip NSX khas Honda.. Hehehe..
      Kalo warna lainnya gak terlalu wah bagi saya, udah pernah dipake produk lain

      Editor
    • ninfi juga ada warna gini, aerox juga ada kayanya deh om nug, tapi warna ini mang berkelas banget kaya titanium ya

      Guest
  3. itu yang test ride bukan Wak Haji Taufik, tapi Bro Nugie yang support artikel ato test ride jika Wak Haji berhalangan hadir

    Mantaplahh

    Guest
  4. sama seperti saya, kurang suka sama design vario 125/150 sebelum ini..
    malah saya lebih sreg design body vartech 125 awal.
    dan menurut pandangan saya.. design skrg kembali ke semula,
    mungkin ini jg hasil survey team AHM hehehe…
    design kemarin terlalu banyak lipatan2

    dan semoga laris buat New Vario 2018

    Guest
  5. Saran untuk TMC Blog (Baik Nugie dan Wak Haji) dalam menulis review tolong dibuat sub topicnya misal
    Review Vario 150
    Ergonomi
    Handling
    Perfoma
    Pengereman
    Mohon maaf hanya sedikit saran jadinya lebih enak bacanya, no offense

    Guest
    • juga review kekurngn..krena gk da brng yg smpurna.merk apapun..untuk vario ini. scra mtr i i bnyk kurngnya terutma teknologi mesin yg jmn bahula purba mnim inovasi.

      Guest
    • betul feelnya jg apa sama dgn yg lama apa tidak.mnurut sy sama aja. cma beda alis aja. klo lexi bnr” all new toh.

      Guest
  6. kayanya kedepannya bakal begini semua modelan honda, mulai cbr150, cb ( gak tau deh masih sf atau jadi cafe), cbr250, sampe ke matic2 yang lain….jadi bevelnya lebih tebal….gak tipis2 kaya kertas lipet…

    Guest
  7. pmblp alay dr starrt mtr mogok sdh alay…

    alay 1.
    mtr mogok sesuai rule dorong ke pit .laah putar balik,,ini gk patut d tiru..klo skelas blp jlnn okelah…

    alay 2 push mtr..oke nyalip gk pake otak..room gk da gas nyempil..ngedorong pmblp lain sangt tdk fair.korbn aleix, slnjutnya luthi morbidelli..alay dewa.

    oke…mkin pnas hati mm93 gnjar masuk pit!
    balik trck dg emosional ala ala anak labil…gas pol lagi..

    intinya hrus podium..
    emosi msh lbil…

    blm legend….blm bs jd ikon motogp.
    mnrt sy mm93 ini…adalh aib motogp…

    knp bgtu?
    dr race 1 pek pmungkas valncia lbh bnyk bully drpda rspect.

    klo km gk d respect.pcma km dptin semua rekor!
    dg mnghllkn sgla cara!
    itu alay skli.

    ngotot boleh otsk jg d pakai biar elegant kyk vr46.9 kli juara motogp yg nmnya sndri lbh besar dr mtgp.

    Guest
    • nulis opo to leeeee. tinggal ngetik aja pake disingkat-singkat kaya sms pake hape esia.

      Guest
    • Masih nangis aj mo udah seminggu lebih loh😁. Rd udah ksih hukuman yg pantas mo,masa lu yg cuma buzzer jongos masih nguik nguik😁

      Guest
  8. wah ini beritanya lebih gencar vario nih, apakah ini yg dinamakan lexi layu sebelom berkembang ?
    ketika lexi bocor ke publik awal tahun, orang pada penasaran dan langsung lah diperkenalkan namun tanpa ada pengetesan secara langsung alias hanya statis saja. ada rentang waktu lumayan lama sekitar 3 bulan lebih hampir 4 bulan, baru si lexi diperkenalkan harganya dan ada pengetesan lapangan. sayang momentumnya keburu diambil vario dan ketika lexi launching, blogger kondang pada ke jepang. jadi sepi pemberitaan dah si lexi πŸ˜‚

    Guest
    • Huss…
      Analisa nguawur
      Yg bayarin ke jepang ngahaem….tapi yg ngundang sijuki…jadi deh leksi sepi pemberitaan

      Ngawur modeON

      Guest
    • Buka permanatriaz dot com omm

      Barusan saya kesana. Dan saya mantap hati pilih lexi. Banyak kemiripan antara saya dan lexi.

      Guest
    • males ahh main kesana ekekek
      kurang sedep artikel”nya ekekekek

      coba @miwonbanaron tanya donk ke yamaha. kapan buka sesi test ride buat umum ?
      penasaran nih pengen test ride lexi tp sampe sekarang belom ada sesi test ridenya. apa pas IIMS nanti nih bakalan ada sesi test ride ?

      Guest
    • Itu salah yimm momentum nya telat, harus nya lexi udah ada di jalan waktu vario launching. Ya sekarang yg bikin penasaran ya vario lah. Produk baru, desain nya fresh ketimbang lexi yg udah di launch dr 3 bulan yg lalu. Seperti nya mau ngikut strategi cbr250rr dengan menjaga hype, tp salah langkah 😁

      Guest
  9. g kaget om nugie ngomng kek gtu,,,ane dh beri skor 7,5 di artikel kmrn atw di warung sblh,,,

    btw dibndg vario2 sblmx nh new vario 2018 bikin ane baper…

    atw cmn perasaan ane aje ye??? 😡

    Guest
    • Secara performa hendeling ergonomi saya kira sama nilainya dgn lexi.
      Score kemiripan lexi dgn diri saya(either appearance or performance) , saya pastikan 9,0. Jadi mantap hati pilih lexi.
      Saya ga paham mesin soalnya. Pokoke Jepang

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.