TMCBLOG.com – Bro sekalian, sepertinya ini merupakan Artikel sekuel terakhir dari buka bukaan data Distribusi Sepeda Motor Indonesia yang tmcblog rilis dan datanya didasarkan dari data terakhir yang dibuat Oleh AISI ( sampai Mei 2018 ) . Kita tentu sudah mahfum bahwa dulu Yamaha Pernah mengalahkan Honda dalam share market bulanan, dan saat ini Honda kembali menghegemoni share market distribusi . .  Nah Grafik data data Berikut merupakan gambaran seperti apa dinamika Penguasaan Share Market Industri Sepeda Motor Indonesia dari 5 anggota AISI ( Honda, Yamaha, Suzuki, kawasaki dan TVS ) yang terjadi diantara kurun waktu tersebut  ( lebih dari 8 Tahun – akhir 2009 sampai Mei 2018 ) . . . Keren banget cara AISI mengilustrasikan puluhan ribu data dalam satu spreadsheet Yang akhirnnya bisa kita lihat dan beberapa Grafik saja  . . Cekidot deh

Gimana Cara Baca grafik di atas . . .? Di atas itu Kayaknya sebuah Grafik kue, Namun bro sekalian bayangkan 8 Kue dijadikan satu grafik nahhh . . .  Misalnya dari Ujung kiri sobat bisa lihat  Dec 2009 . . Porsi warna merah ( Honda ) sama warna Biru ( merah ) itu hampir hampir besar areanya . . . itulah yang menandakan bahwa Jumlah distribusi antara kedua pabrikan ini sedang dalam keadaan mirip mirip  . .

Bro bisa lihat juga bahwa grafik KUning ( Suzuki ) masih lumayan besar bila dibandingkan dengan Hijau ( kawasaki ) . . Nah Grafik masing masing Pabrikan dari Grafik di atas bisa di ‘pecah ‘ dalam Grafik berikut ini :

Grafik di atas memperlihatkan seperti apa Raihan Distribusi yang dilakukan Per pabrikan . . . menarik jika sobat bisa lihat di 2010 dimana Grafik Honda dan Yamaha bergabung . ..  saat itu share Market ( dan Juga jumlah distribusi penjualan )  Yamaha Bahkan bisa sedikit mengalahkan Honda  . . Namun memang setelah itu Honda ngebut mencoba meninggalkan Yamaha . .

Ada beberapa hal yang lumayan terlupakan saat di pembahasan sebelumnya mengenai data aisi, Dimana walaupun tahun 2010 Yamaha pernah mengalahkan Honda dalam penjualan bulanan , namun dalam Kurun waktu 2009 – 2018 distribusi penjualan yamaha terbaik bukan saat 2010 ( di bawah 2,6-an Juta unit ) sob . . Jika kita lihat dari data Distribusi terbaik Yamaha terjadi di tahun 2011 – 2012 ( sekitar 3,3 Juta unit )

Namun Juga memang data di atas memperlihatkan kepada kita bagaimana perbedaan Jumlah distribusi sepeda motor yamaha dari 2010-2012 yang sebulan sempat mencapai angka distribusi sekitar 300 ribuan unit perbulan jika dibandingkan dengan saat ini ( 5 bulan 2018 ) dimana yamaha berhasil mendistribusikan sekitar 85 rb-an sampai 140-an ribu unit perbulan

Dari data di atas Juga sobat bisa lihat Grafik Kuning ( Jumlah distrubusi Sepeda motor Suzuki ) di kurun waktu 2009 sampai akhir 2014 masih lumayan diatas Kawasaki . . Namun setelah itu Jumlah distribusi nya berhasil dilevelkan Oleh Kawasaki . .

baru deh di atas merupakan Grafik persentase share Market dimana grafik share market antara Honda ( merah ) dan Yamaha ( biru ) mirip sebuah cermin. Namun Juga menarik melihat detail dari Grafik dimana Mulai Maret 2017 sampai saat ini, Grafik Honda dan yamaha sudah mulai terlihat stagnan, Honda tidak terus naik dan Yamaha tidak terus turun . .. Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

21 COMMENTS

  1. yg lain gk bs ngikutin, yg lain semakin ketinggalan ternyata slogan taik kuning doang terlalu takabur dan akhirnya???

    Guest
    • Yah memang sudh hukum alam, yg takabur memang akhirnya akan hancur meski butuh waktu lama, diawal merasa jumawa..

      Guest
  2. Wak diulas juga dong, lagi ada gempa bumi akibat rikol yang sangat membuat tercengang, tumben mau rikol untuk prodak kapasitas kecil. Karena sebelumnya terkesan di pelintir istilah rikol ini.

    Biar TERCERDASKAN, karena rikol itu tanggung jawab pabrikan untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada barang yang dijualnya.

    Guest
    • Tumben tuh mau recall, produk apa bro?

      Di up terus biar pembaca tau dan konsumen jadi merasa diperhatikan 👍

      Guest
    • Mudah2an si itu yg di rikol, cakep sih sayang itunya begitu jd yg cakep ketutup jeleknya

      Guest
    • sepi pemberitaan, gak mungkin kaya R25 dulu, semua blog papan atas bikin artikelnya. 🙂

      Guest
    • @bakor
      Tidak ada salahnya berdo’a, tapi jika tidak juga, apa salahnya juga kita menyumbang balsem supaya gak “keseleo” lagi

      IYKWIM

      Guest
    • sales2 saling menimpali, mending jualan yang bener dah….gak usah mikirin tetangga kerja yang bener

      Guest
  3. Bukannya yg sepi pemberitaan itu suara ngorok, CVT kresek, dan mesin mati tiba2 pd Nmax?
    Apa kabar aerox user? yg body-nya gampang meleleh gara2 wire harness… mau diam2 aja krn “terlanjur malu “enggan dibilang tolol krn salah beli motor?
    hehe..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.