TMCBLOG.com – Bro sekalian, saat kali kedua tmcblog menyambangi GIIAS 2018 pekan lalu, akhirnnya tmcblog putuskan untuk menggunakan salah satu skutik Maxi Yamaha yang ada di garasi yakni Yamaha XMAX MY2017 warna coklat Coffe . .

dan dari pada perjalanan hanyalah sebuah perjalanan, mendingan melakukan sesuatu dan kali ini tmcblog lebih berdayakan MID dari yamaha XMAX untuk mengukur berapa sih konsumsi bbm saat tmcblog bawa turing AKAP . ..

Oke Saat dimulai semua Variabel pengukuran di-reset terlebi dahulu, Trip Meter, Average Fuel Consumption meter, dan Juga Average Speed . . .

setelah itu perjalanan pergi dimulai sekitar jam 10 Pagi dengan jalur Bogor, Salabenda, Ciseeng, Gunung sindur, Puspitek, Serpong dan berakhir di ECE GIIAS.

Sedangkan perjalanan balik tmcblog menggunakanjalur dengan durasi 3 km lebih panjang Yakni ICE GIIAS, Serpong, Puspitek, Gunung sindur, Parung, Salabenda , dan Berakhir sampai di bogor Jam 22-an. Karena sudah malam diputuskan besok paginya kita rekam seluruh hasil pengukuran via MID yamahaΒ  XMAX bro . . dan hasilnya adalah :

Yap secara umum sesuai Yang diukur di MID yamaha XMAX 250, dengan rata rata kecepatan 39 km/jam diperjalanan bolak balik Bogor ICE GIIAS tangerang selatan yang mungkin bisa dimasukkan dalam perjalanan antar kota antar propinsi (AKAP ) sejauh 89,2 km diperoleh konsumsi bbm rata rata 39 km/liter . . . dan menurut tmcblog dengan angka konsumsi bbm mendeketi 40 km/liter seperti ini untuk sebuah Big skutik berat bertenaga dan berkubikasi besar 250 cc seperti XMAX 250 adalah wajar banget dan cenderung irit. Selain irit sobat semua akan memperoleh feel Khas nyaman XMAX 250 ketika turing . ..

dan tmcblog kasih tahu . . naik ini lebih Nyaman ketimbang naik skutik turing 150 cc terutama di point getaran atau mungkin skutik perkotaan 150 cc seperti aerox dan vario 150 . . . mungkin hanya bisa ditandingi oleh skutik skutik besar juga seperti Burgman 200 dan Forza 250 . .Β  kita akan simak nanti feelnya bro . . untuk sementara ini dulu yang bisa tmcblog share, jangan lupa simak, like dan subscribe di VLOGnya , semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

61 COMMENTS

  1. dan tmcblog kasih tahu . . naik ini lebih Nyaman ketimbang naik skutik turing 150 cc terutama di point getaran atau mungkin skutik perkotaan 150 cc seperti aerox dan vario 150 . . . mungkin hanya bisa ditandingi oleh skutik skutik besar juga seperti Burgman 200 dan Forza 250 . . kita akan simak nanti feelnya bro

    Guest
  2. Kok sy kepikiran knp motor big skutik mesin cm 1/2 silinder tiduran ? Misal xmax pk mesin r25 kopling otomatis, forza pk mesin cbr250rr kopling otomatis, burgman 400 pk mesin bandit 400 kopling otomatis, tinggal disunat rpm + pasang traction kontrol dijamin alay2 minggir kl ketemu

    Guest
    • ya elah .skutik buat kenyamanan ngapain pake mesin gituan. lebih boros.lebih berat tp ujung ujungnya rpm disunat

      Guest
    • Iya jg, tp bkn masalah bagasi atau nyaman lebih ke sensasi mesin multi silindernya itu, biar kerasa mogenya, suara tmax aja masih kalah merdu sm inazuma ( denger di yutub ya )
      minimal 9000-1000 limiternya

      Guest
  3. wak taufik motornya ada berapa ya? sekali-kali diulas wak, isi garasinya, just a matter of penasaran aja sih. trus rata-rata dari sisi waktu kepemilikan sampai berapa tahun sebelum wak taufik jual lagi?

    Guest
  4. buseettt wak hajiii,, sakti bin ajib emg tangannya,, klo ngetest motor slalu bisa irit banget, too good to be true! haha

    Guest
    • inilah kelemahan yamaha dikelas low skutik getarannya yg jadi kelemahan padahal sektor lain banyak yg lebih bagus dari kompetitor

      Guest
    • @jbat, Mas bro, walaupun overbore tapi stroke XMAX 250 itu lumayan panjang, yaitu mencapai 64,9mm. Jadi jangan terlalu terpaku sama overborenya, cek ukurannya.

      @sadar, ini maksudnya bro sadar seperti mengiyakan bahwa seharusnya matik entry levelnya Yamaha pakai overbore saja agar getaran minim? wew….lainnya juga make overstroke tapi kok getarannya minim?

      kalo ternyata bukan….

      Nah itu dia bro, ane juga aneh sama Yamaha. entah kenapa bisa begitu.

      Guest
    • Kayanya bukan masalah overbore. Stroke mesin honda/yamaha jaraknya hampir sama. Tapi karena clearance antar komponen yang lebih lebar. Yamaha dianjurkan make oli 10w-40. Honda bisa make yg lebih encer.
      Disini keliatan, kalo jarak komponen mesin honda lebih rapat/presisi yg berakibat suara mesin yg lebih halus dan lebih minim getaran. Itu opini pribadi saya.

      Guest
    • karena selama ini banyak orang salah kaprah kebanyakan mindsetnya yamaha boros
      padahal dg cc yg sama hampir sebagian motor konsumsinya berimbang

      Guest
  5. sudah megang2 ini motor secara harga dan fitur mantep banget dah,,kalau desain tetangga lebih mantep, berkelasnya dapet, kalo xmax garang

    Guest
  6. racun wakkk racun.. pake vixionR aja 48km/L lha ini matic gambot 39km/L.. kalo emang beneran bikin celengan ambrol kiye 😭

    Guest
    • Speed rerata itu maksudnya jarak tempuh dibagi waktu tempuh bro, jadi misal kalo jalan lancar dibejek sampai 80kpj tapi kalo ketemu lampu merah atau kemacetan pasti reratanya kurleb 40kpjan, kecuali kalo ridingnya di sirkuit bebas mau dibejek terus ga akan ada lamernya 😁

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.