Bro Sekalian, Bicara City Car . . . Berarti mindset nya adala sebuah Kendaraan Roda empat yang dipakai sehari hari untuk menarungi perjalanan di dalam kota, blusukan ke ruas ruas jalan perkotaan dengna tingkat kemacetan yang bisa jadi cukup sering dan badan jalan pun banyak yang nggak cukup luas, plus lahan perparkiran yang padat . . . dengan beberapa alasan ini lah kebanyakan langsung tertuju pada sebuah small Sedan dengan bentuk hatchBack. Kenapa hatcBack?

Karena Mobil dengan bentuk yang mungil adalah Mobil yang cukup sesuai untuk mengarungi perjalanan berkomuter di dalam Kota, lebih kompak aja rasanya. Bentparkir di runadah untuk uk mungil terasa enteng untuk bermanuver di badan jalan yang nggak terlalu lebar , lebih mudah bermanuver di tempat perparkiran dan lain lain.

Oke stop sampai disitu dulu untuk pembahasan City car . . .sekarang kita langsung ke fakta bahwa di hasil TPT TMMI ( toyota Motor Manufacturing Indonesia) berniat memproduksi 24.512 Unit Etios pada tahap pertama Yang terdiri dari 11.890 Unit Etios G, 437 Unit Etios J dan 12.185 Unit Etios E. Semuanya fakta informasi yang diperoleh darri TPT adalah Bertransmisi Manual (M/T)

Menurut opini tmcblog, salah satu pertimbangan dalam memilih Mobil kategori city car adalah kemudahan penggunaan (user friendly) dalah hal ini mudah mudahan tidak berlebihan jika tmcblog mempertanyakan kenapa TMMI nggak bikin Versi A?T nya di tahap pertama ini. City car yang banyak digunakan buat blusukan di ruas ruas jalan penuh kemacetan tentu butuh kemudahan . ..  dan seharusnya Versi Otomatik juga menjadi Opsi pertama / prioritas Buat produksi massal tahap pertama Toyota Indonesia ini. Entah kenapa, Ataukah pemikiran tmcblog yang belum sampe kesana? atau ada strategy simpanan lain dari toyota . . . entahlah, mungkin mas bro mau beropini akan hal ini? monggo dishare . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

41 COMMENTS

  1. Kalo matik biasanya lebih mahal 10 juta dari versi manual, secara Etios kan pricingnya dibawah Avanza. Mungkin harga yang jadi pertimbangan kenapa yang dijual versi manualnya dulu.

  2. IMHO
    ngikutin strateginya suzuki dg splash n kar-estilo, yg sama-sama gak ada opsi A/T
    ertiga jg cuma ada yg M/T walo katanya bentar lagi muncul yg A/T
    n semuanya cukup diserap pasar indonesia
    CMIIW

  3. Harganya berapa… di india murah banget ni mobil… 75jutaan…untuk tipe termurah. Tapi di indo Tipe G paket paling menarik… info harga dulu saja… sudah lama pengin beli ni mobil buat hadiah ultah pernikahan ke istri.

  4. Karena konsumen di india memang lebih senang dengan mobil transmisi manual ketimbang matic, etios sendiri juga tahap awal masih CBU india. Dari india itu sendiri etios adanya hanya transmisi manual ya mau gimana lagi ? Mungkin jika nanti etios sudah CKD akan ada versi transmisi otomatis.

  5. liat demand dulu kayaknya kang, sementara keluarin MT dulu yang lebih murah biaya produksi dan harga jualnya. Kalau ertiga harusnya dia bisa keluarin AT di awal2, demand hari gini pasti banyak, misal 5 orang dar 15 peminat R3 pengen AT, gara2 gak aada batal beli, rugi 5 orang kan mayan hehehe.

  6. seharunya yg diperbanyak maticnya bukan manualnya … sya stuju dengan info diatas…. berharap bulan april nanti sudah rilis yg maticnya …. :p

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.