Bro sekalian, Dibalik alat record, diagnostik dan alat Service Yamaha Yang berbesis Komputer . . . Selain dimata Konsumen terlihat megah dan bisa mempermudah maintenance dan deteksi dari permasalahan dari motor ada fungsi lain sebenarnya dari alat tersebut bro yakni dengan alat tersebut Yamaha sebenarnya bisa memperoleh data riding behaviour dari Konsumennnya. Daya riding behaviour dulu dulu biasannya diperoleh dengan model Survey manual dimana Konsumen mengisi angket . . . sekarang? tinggal sedot aja sebenarnya Yamaha Bisa mengetahui data data riding behaviour/ Kebiasaan berkendara dari Konsumennya . . .
Riding Behaviour data ini sebenarnya adalah aset yang cukup penting untuk keperluan Riset . . . sebagai contoh gampang misalnnya gini . . . Yamaha Bisa mengumpulkan data riding behaviour dari Yamaha NMAX misalnnya sekitar setahun dari saat NMAX diluncurkan . . . sehingga dari data setahun itu sebenarnya yamaha bisa mengetahui data semisal
- Pada kecepatan berapa sih NMAX biasannya dipakai oleh Konsumennnya
- Dipakai untuk Komuter atau touring jarak jauh sih NMAX oleh Konsumennya sehingga bisa diketahui kekerasan suspensi yang paling pas 😉
- Bagaimana model berkendara Konsumen NMAX, Eco ride atau sradak sruduk
Nah data tersebut bisa menjadai data dasar pengembangan NMAX berikutnya misalnyya, dari tingkat eknyamanan dengan model suspensi depan-belakang yang seperti apa NMAX lebih comfort dipakai oleh Konsumen Indoensia, atau di setingan VVA seperti apa yang benar benar bisa merepresentasikan gaya riding konsumen NMAX . . . Itu NMAX belum Moi M3, Vixion dan lain lain . . . semua ini bisa diperoleh karena adanya era injeksi.
Itu Buat pemakaian harian, bagaimana utuk pemakaian khusus seperti komunitas yang suka ngebut di sirkuit? Yamaha Indoensia dengar dengar sudah mempersiapkan alat elektronik yang juga bisa merekam racing behaviour dari pembalap ataupun rekan rekan komunitas yang demen ngebut di sirkuit . . . data itu jelas penting bagi RnD khusus motor motor sport series yamaha . . . nah kenapa sepertinya Yamaha Bisa begitu mudah melakukan/ mempersiapkan alat alat seperti itu sedangkan Kompetitornya AHM Nggak seheboh itu?
Satu sinyalemen simpel yang bisa tmcblog sodorkan . . . Karena Mayoritas kepemilikan Saham Yamaha Indonesia (YIMM) adalah Yamaha Motor Co jepang . . . sehingga segala keputusan lebih mudah diacc . . . lagi pula, segala data data berharga tersebut bisa langsung menjadi milik Pabrikan Globalnya di Jepang. Sedangkan AHM ? entahlan, Mungkin karena kepemilikan 50-50 antara Honda Motor Co jepang dan Astra International yang membuat hal seperti itu terlihat agak sulit buat AHM . . . Bakalan banyak pertimbangan dan Tarik ulur di pabrkan ini terutama soal data . . .
Bro bisa banyanginHonda beat aja 2 juta per tahun Motor barunya brojol . . . dan Mayoritas di service pertama semua masuk bengkel resmi . . . bisa banyangin 2 Juta data tuh sob . .. belum Honda beat FI lama . . . bisa dibayangkan berapa data yang bisa diperoleh dan berapa besar server yang harus disiapkan untuk menyimpan data yang tmcblog yakin sangat berguna untuk riset update motor mendatang yang lebih bisa mewakili keinginan konsumen berdasarkan riding behaviour mereka.
Di Artikel ini tmcblog tidak menafikan kemampuan AHM membuat sistem diagnostk berbasis komputer seperti yang dimiliki oleh YIMM . . . Cuma masalahnya Kalau Di AHM, datanya nanti buat siapa ? siapa yang lebih berhak pegang data dan memanfaatkannya ? Did you got my point 😉 ? . . . Ini hanya opoini sob, silahkan share opini mu . . . semoag berguna
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : [email protected]
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
Belum beli
baca diatas : yimm yang punya 100% jepang ..AHM yang punya 50% jepang 50% Astra (Indo)…dari sini terlihat mana yang jadi kacung penjajah di negara sendiri .. dan biasanya kacung kuli tsb bacotnya paling gede dan kualitasnya segmen low alias kacung kuli ….ngoahahahahaha
astra sendiri kalo ga salah 50%nya juga punya perusahaan jardine singapore…kemarin heboh juga di blog om leo
Quote: “Karena Mayoritas kepemilikan Saham Yamaha Indonesia (YIMM) adalah Yamaha Motor Co Jepang”
Kasian amat belajar baca aja belom lulus. Wkwkwkwkwk…
Salam dari pengguna Supra X 125.
Mas, sabar ya. Mayoritas saham Astra yang punya Jardien group perusahaan asal singapura lo.
Astra itu dikendaliin jardine mas, silahkan googling.
Komen nya pada gak mutu.
Yamaha baru cuma bisa ngrekam pake alat aja di Banggain.
Saya tantang dan saya tanya, adakah ecu yang bisa merekam sendiri tanpa bantuan alat canggih macem clv ato yamahalohger?
Masih inget kasus tabrakan mobil di pondok indah? Saat itu mitsubishi ambil ecu mobil penabrak untuk dilihat apa yang terjadi pada mobil sebelum sampai dengan tabrakan terjadi.
Kalau ada motor produksi lokal di segmen termurah sekalipun Yang di produksi di Indonesia. Saya yakin inilah motor yang bener 2 perduli dengan konsumen seperti kita.
Kalo servis terus mao komplen pun kita gak perlu sampein detail, dengan donlot data, montirnya dah bisa tau apa yang terjadi.
Bengkel juga bisa terhindar dari akal2an konsumen.
Semoga menjadi masukan buat paberik motor di Indonesia.
Sepertinya,customer habis ga bisa dibaca hanya lewat komputer,yg hanya menunjukkan aktivitas engine.lebih banyak habit yg hatus dipelajari tanpa komputer,seperti cara menggunakan main stand,habit mencuci motor,dll.itu yg sangat mempengaruhi umur dan durabilitas kendaraan.cmiiw
Ternyata Oh Ternyata FBY Maho di jadikan kelinci percobaan sama Yamaho.. pake NeMOX B*Kong udah tepos mklum motor prematur buat menghadadang Vario 150 yang joss ghandoss… pake alasan cangih pake kmputer segala.. nah kl Pelknya Shomplak aka Gheal Gheol ya di Suampluk linggise dedengkot FBY gMabr Embek ae coy… wkwkwkwkwa
Begini saja deh… lihat proporsinya, mana yang diantara kedua perusahaan, mana yang “kandungan lokalnya” paling banyak.
buat yg bikin motornya wak mosok buat yg ngerakit motor?
Oalah Maho maho… motor kakean masalah ae pake model di utak atik komputr segala. mblenek pol Coy.. tuh lihat motor Maho Buorosnya gk ketulungan, pelk Shomplak gheal gheol, mesin ngeden gampang ngebul, sok gampang patah keluar pernya, Group MIO Bantet knalpot nembak nembak kayak mercon barongsay… SOHC Operstruk gigi 5 biji gk jagkep ae pake laptop… wkwkwkwkwkwkwk ngisin ngisini coy…
knpa lah manusia satu ni , kasian kali ku tengok
weh asik juga klo AHM pake ya wak
fbh mna ngerti bginian
kacung jajahan jepang detek…wkwkwkwk
yg bersebrangan sm honhon dicap fby
dasar koplak
Setelah di cek di laptop sama mekanik yamaho.. FBY beruk langsung di bilangin.. Mas kl naek motor jalnnya jgn zig zag knan kiri gt.. jawb FBY… Lo bukn saya Mas, tapi emang motrnya pelknya shomplak Gheal gheol, saya juga udah capk service pelk shomplak tiap bulan Mas… jawab Mekaniknya.. O ala ya emng iya sih begitulah kwalitas motor yaMaho.. ya sabar ae Mas.. kata beruk FBY, trus sampen seting pake laptop ae biar lurus pelknya Mas.. Ostosmastis mekanik Maho bilang… Seting Pelk pake laptop gundulmu Coy. ya sana ke tukang pelk pingir jalan aja.. gelem ta tak sampluk linggis pelkmu…. wkwkwkwkwkw
^^contoh kacung sales honhon koplak
Wkwkwkw.. Asli ngakak moco komentmu kang…
Jos
Jadi AHM masih belum mau sepenuhnya berbagi data dengan Honda Motor Co. di Jepang, atau sebaliknya….
Berarti Honda Corp Jepang tidak mau berbagi teknologi dan data. Yang penting jualan laku keras.
ya soalnya fbhomo bego2..makanya laku keras
pertamax
keren n joss gandos emng yimm slangkah lebih maju dr ahm
honhon masih pake obeng buat setting
ya begitulah
//orongorong.com/2015/04/06/produk-sym-indonesia/
AHM motor jadul
yang penting jualannyaaaa
Ah siapa bilang kang.
Motor AHM kan punya obeng sakti.
Artikel pencerahan yg mencerdaskan anak bangsa kecuali fb koplak…opiniku mas toupik dicap fby…liat comen dibawah…
Baca heula
yamaha semakin jauh didepan ….
yg penting jualan wak, riset nomer sekian, bodo amat am yg udh beli produknya ==> korban cbr150 AH* made in thailand
Jualan dengan pembodohan tentunya.
Sdm nya yg dilapangan gak mampu baca komputer kali wak, jadi percuma bikin yg canggih. Ntar mubazir
Canggih
:))
msih sepi yaa…
Bandingkan saja sama pasar roda empat pak, mobil sejuta umat keluaran si A teknologinya segitu-gitu aja yang penting laku nilai prestigenya average, sedangkan roda empat Honda yang notabenenya gak dipegang sama si A mobil low endnya teknologinya sedikit diatas dan nilai prestigenya diatas average hehehehe……………..
Dan you know what? Merk A roda empat itu juga grup asstra kan? What a coincidence.
Honda roda empat gak dipegang Ast*a bro tapi Honda Prospe*t Mot*r
Note : tolog dibaca lg, itu mobil sejuta umat merk A itu artinya Avanza, yg mana produsenya adalah Toyota Astra Motor. CMIIW
inti nya semakin canggih semakin dekat dengan kerusakan..liat pesawat tu.yg canggih hanya radar n sebagai nya..mesin tetap berkabel ria..
iki biasane komen khas nya fbh, lucu banget gtu loh
positif thinking nya Yamaha belajar memahami kemauan konsumen sedang Honda mau mendikte Konsumen ( Riset Sendiri Racikan Sendiri dan Produk yang sudah Baik ) kalee yaa
#opini orang awam
saya setuju
Agree…
Seperti kasus pemindahan saklar sein dan klakson.
mudah2x an segera terealisasi, kan enak gak usah ngeluh kemekanik ap yg gak enak dimotor, tinggal colok ke laptop dah ketauan ap yg perlu diservis
Ahm dr segi palayanan minim.. Klo sparepart aja nunggu 1 bulan.. Klo yamaha 3 hari sudah ada..
Trus klo service yg injeksi cuma setting ECU doank..
saya sedikit juga setuju, ada kasus :
Honda Grand itu masih banyak yang pakai, teman saya punya bengkel lumayan besar sering jadi tujuan buat beli sparepart Ori segala motor.
Ada sekitar 10 orang inden knalpot Honda Grand, waktu inden harga ditabel sekitar 250an ribu, setelah sekian bulan barang datang tapi harha jadi 500an ribu. alhasil semua penginden batal beli knalpot!! akhirnya beli merek aspira (aspira itu AHM juga ya??)
kalo saya pikir saking banyaknya motor keluaran Honda jadi pusing kalo bikin sparepart….
wkwkw temen old bladenya kecelakaan bodi samping dan sepatbor belakang indent sebulan…pas sebulan dateng2 bodi beat 😆 marah2 dia di beres dealer, padahal udah ngasi STNK 😆
Itu karena ahm itu kuno nggak mau beralih ke teknologi yang lebih modern, yang penting gue jualan laku dapet duit banyak, ms banyak masalah riset bodo amat. Hare gene injeksi masih pake obeng haha…
itulah kalo berbisnis dengan orang cina, ya begitu mereka ini yg penting jualan laku keras kayak mocin itu cepat rusak ya itu urusan elo duwit g bisa balik n kalo tetep didesak merka rela lo lari n pindah..
(sory ya kalo saya nyebut cina jgn dibilang rasis soalnya memang merka orang cina to kalo ndak disbeut cina terus nyebut apa?
konsumen ngak mau ribet.
montir pinggir jalan bisa nanggani ,
iklannya aja motornya lebih cepet daripada roket,
jadi?
khan katanya motor ymh sebelum di jual dah ditest di jalan sebenarnya?
mestinya daha dapet data khan?
beda dgn ahm, yg test cuma di ciurkuit sendiri, data minim
Dengan kata lain mungkin wak ..karna AHM sahamnya bukan.manyoritas honda jepang ..tranfer tehnologinya setengah2..takut nanti tehnologinya di bawa kabur astra.
Honda Jepang sudah belajar dari kasusnya Hero India, setelah teknologi di dapat sekarang hero jadi kompetiror Honda. AHM telat seharusnya dari dulu seperti Hero India…
Sangat Masuk akal dan Berbobot
#sambil serching kasus hiroindia hihihi
Mungkin ini juga salah satu faktor mesin VTR 250 yang dulu katanya mau dicangkokin di Next CBR250RR gagal, Kisaran Harga (50-60 jt) nggak sesuai dengan Teknologi yang terdapat didalamnya dan takut dikembangkan dengan pihak dalam negeri kita
#lagi2 opini orang awam
jangan disimpulkan kalo manjemen AHM adalah orang dalam negeri..
Siapapun Managemennya, mau luar negeri atau dalam negeri, rahasia tetap rahasia. Menurut saya ini ada hubungannya dengan Toyota juga, karena Honda Motor dan Toyota berada di satu atap untuk bisnisnya di Indonesia, Honda Jepang takut kalo rahasianya di manfaatkan oleh Toyota melalui orang-orangnya yang ada di astra begitu pula sebaliknya Toyota juga takut jika rahasianya di manfaatkan oleh Honda melalui astra.
Sedikit banyak terjawab kenapa produk astra (Toyota Indonesia dan Honda Motor) pengembangan teknologinya terkesan lambat.
Rata-rata konsumen indonesia , motor dpake harian wak. Honda pasti udah punya parameter antara limit atas dan limit bawah buat motornya. Paling banter dpake kecepatan 120 km / jam. Dan kalo terlalu canggih ntar malah konsumen takut motornya susah di servis kalo ada apa2 di jalan. Emang bengkel pinggir jln pake laptop. Just opini.
Namanya teknologi itu harus maju terus. Ga boleh diem ditempat apalagi sampe mundur. Sekarang kalo masyarakat yang beloon kagak ngerti teknologi masa pabrikan harus ikut2an gaptek kaya konsumennya.
itu skdr opini, faktanya honda masih menguasai pasar…
silaken dikunyah2…..
Hayo di bc,,
Pantes aja penjualan Yamah* jadi menurun
satuju! saya mah kalo soal data ga usah ambil pusing. asal itu terkait konsumen dan motor itu = penting; penting dalam statistik keputusan. kalo dirasa data pemakaian konsumen saat riding sudah membantu, ya pertahankan saja. kalo bisa tambah lagi parameternya.
kalo ahm sudah bikin motor joss buat riding. ahm mau cari data, mereka cukup dari show room dan sales opinion serta publik. ya jadi ga keluar cost banyak.
sales opinion g banyak membantu mana bisa data penjualan isok menangkap kebiasaan riding konsumen, apalagi skarang ada leasing AHM bagaimanapun tetep untung leasing bayar mereka full koq, kalo kmd konsumen tidak puas ma produk AHM trus ga bayar cicilan toh leasing yg repot bukan AHM..
mungkin sudah lelah
Yamaha semakin ϑ¡ depan
Yamaha semakin dihati
Honbul semakin jadul
Ngoahahahaaha
Motor canggih coyyyy
Kalo honbul motor abal2 bin jadul
Ngoahahahahaah
motor plagiat injeksi kok dibilang canggih?
Plagiat Bijimane, lo tau sejarahnya gak Honhon pas ngeluarin Supra injeksi pertama, pada ditarik semua karena suka mate dadakan, coba lo liat Vixion mana ada sampe sekarang masalah….tong…tong ngebachot aja lo kerjaannya….
Orang mekanik honbul mana ngerti komputer coyyy
Lulusan sd. Coyy
Ngoahaahaah
motor canggih tp geal grol…
Penjualan Honda sudah terlalu mapan di atas awan, pake obeng aja ttp masih laku..
Penjualan Yamaha masih dibawahnya dan terus belajar, terus riset mengembangkan teknologinya..
silakan diBC.. hoahahaha..
Yaap itu benar adanya
ya soalnya menang lama dan konsumen indonesia tidak begitu peka dan tidak terbiasa memperjuangkan haknya jika kena tipu dikarenakan tingkat pendidikannya rata2 masih rendah lagian kalo tidak puas sama sebuah produk mau lapor kemana?ombudsman?wong ndeso ra ngerti ngono2 iku..sedangkan FBH siapapun maklum level mereka kebanyakan masih jongkok
Dan Fby tulen semakin alay dan kacung
Owh gitu toh
Pantes pelayanan bengkel yamaha kayanya maksimal bgt.
biasanya cmn diem tapi liad kok artikel nya menarik ya mampir dulu wak…
apa AHM trllu PD dan sudah memegang data2 pnting itu shinga tdk dbthkan hal smacam itu stdaknya untuk saat ini.. toh pnjualan moncer sekarang
kalokpun dpakai sytem seperti itu yg berhak nglola data ya AHM kusus pasar Indonesian karna data nya ngambil di Indonesia.. tntunya riding masing2 negara beda mngkin asia mirip..
kalok mnyangkut motor global biadanya mnyesuai kan data motor ygbpaling laris di negara mana.. kalok di eropa ya asia di ke sampingkan mtor nya ttp spek eropa wlpun masuk asia. sperti tinggi jok dan performa nya.. ..
saya jga g tau Wak tapi mngkin bisa sperti itu..
dati itu memang penting, kaya komen2 disini juga termasuk data buat pabrikan, apalagi buat sales baru. hehehehe
Apanya yg mau diriset wong gaya ridingnya mayoritas ngurut gas adu irit? Udah ketebak ama R&Dnya AHM, jadi ngapain repot2 ngumpulin data yg jelas2 udah ketahuan.
^ komen goblok..
tiap orang beda2..
yg suka urut gas kan cuma FBH.. karna khawatir mesinnya rompal..
ane kalo naik motor sndiri hampir gak pernah pelan2, slalu gassss.. slalu pertamax fulltank, boros gak papa, yg penting tarikan mantap, hati pun puasss..
hasil ahirnya adalah membuat motor sesuai keinginan konsumen.
makin banyak konsumen yang cocok dengan suatu produk, maka produk tersebut otomatis akan diterima pasar atau laku.
mengenai cara apa yang dipakai, itu urusannya produsen.
kok ymjet gagal yaaah. wkwkwkwk. Kok malah cepet ngebul oli habis shock kayu geal geol protol oblag patah yaaaaa. Haahahaha terkesan konsumen yamaho yang sering dikibuli coiiiii. Katanya canggih tapi bobrok sepedae. Honda kuat cui kagk kayak motor tempe sebelah. Mau dikasih alat record di honda? Ya mlah lebih kuat honda nti Kacung YIMM makan opo. Hahaha. Makan UPIl?
Emang klo lu mogok jln sepi mo oprek pake laptop. Keburu dimakan kucing nti ente. Wkwkwkwk. Mau canggih harus bisa semua aspek kagak hanya modal leptop. Dan Honda lebih pinter dari YIMM. Tau ndiri kan yng nyontek ssg harom dan tanduk wifi sopo. Trus ada lagi tuh yimm bali lagi ke injeksi biasa bukan YMJet jot abal2. Dasar DONGO lu pade. Wkwkwkwkwk
Elo yang dongo!
Ga ada sejarahnya motor yamaha yang mogok gara2 ecu!
Kalo engga gara2 aki, ya los kompresi. Dan itu ga cuma yamaha tapi honda juga. Dasar tolol. Biasa naek sepeda ye?
Noh matic gagal si bete!
Mesin rompal, body geter, jok papan.
Satu2nya yang bikin laris cuma karena DP 500 + gratis dangdutan.
Cuma mampu bayar DP, setelah 2 bulan motor kena tarik khas kelakuan orang kere kayak lo gini.
wooo ayan cui. Ketabahan lagi yamaho akinya suka mti. Los kompresi. Ya iyalah wong oline ngowos yo mogok coi. Fby ngaku produke bozoook. Hahaha. JLEB. kuapok koe.
Honda manual bisa Otomatis bisa. Pernah liat pesawat canggih. Kan ada manual sama Otomatisnya. Otomatis torble pakr manual. Itu baru canggih. Canggih2 tok pake leptop. Giliran bobrok bingung. YIMM dan fby DONGO. hahaha. cUih
Mgkn kalo ahm prinsipnya “emang gue pikirin”
Hmm jadi gitu ya,
CBR250RR kapan ya wak?
selama produknya masih merajai, AHM malas riset, malas upgrade produk. Tunggu jagoan YIMM merajai dulu barulah AHM mau upgrade produknya.
Jadi gak perlu menghabiskan biaya untuk riset, tinggal perhatikan produk tetangga yang laris aja.
Bagus juga strategi AHM, hemat biaya, produknya laris manis.
Kecuali pada kasus motor sport yang sampai sekarang belum sanggup mengalahkan YIMM.
Betul itu opini ente..
Biarin si kompetitor ngeriset, si honda tinggal ngikut lalu pukul atas bawah..
Mereka bs begitu karena:
1. Modalnya masih kuat
2. Bawa merek ternama: Honda
Jd artinya si honda lama kelamaan jd follower.
Follower dengan modal kuat dan nama brand kuat masih bisa bertahan.
Beda hal follower tapi: modal cekak, nama brand nggak kuat, lama kelamaan bisa bangkrut.
Yah let see aja, seberapa lama kuat si honda jadi follower..
Awal nya konsumen nggak ngeh. Tapi lama kelamaan konsumen bisa ngebaca. Kalo sudah ngeh maka konsumen akan menahan utk beli produk2 follower. Mereka akan berani beli produk2 yg lebih innovatif..
Sekali lagi..
Masih untung dia ngebawa nama brand HONDA..
Kalo enggak ada nama brand Honda? Hehe lama2 nggak akan ada yg mau beli..
ga perlu lek… wong pemake honda kalem2 kok…. ora pecicilan…
pasti ada kok..beda nama saajjjaaa….. bkn kah sudah ada prubahan sistem injeksi beberapa x di ahm??? pasti ada doonk yg acuan yg bikin diubah beberapa x…
ga perlu wak… wis irit puol je…. wis yakin !!! 😀
Saya bukan ahli it. Tapi apa yg dijabarkan wa haji mengenai kecanggihan injeksi yamaha sepertinya bisa menyangkut semua aspek yg ada di motor dimana bila kita mengendarai motor taroh mio m3, ketika mengendarai ap yg kita lakukan pada motor dan melalui kondisi jln sepertinya diketahui seperti keadaan supensi dpan blkang…klo menurut saya terlalu belebihan, klo penggunaan yg menyangkut kemesin mungkin masi bisa masuk akal so udah masuk ke sensor2 injek yg menghasilkan pembakaran dan tenaga..( tapi klo masalah suspensi depan belakang sejak kapan motor yamaha dilengkapi sensor untuk imput kemampuan sunpensi disok depan dan belakang untuk mengetahui kemampuan sok dpan dan belakeng, ingat data tdk akan ada klo tidak ada input diban pun tdk ada sensor untuk tekanan…setau saya injeksi dimotor itu cuma ada sensor udara posisi toter bodi sensor lubang buang dan mungkin ada tambahan ! ..klo cuma data logaritma prediksi itu tidak termasuk valit dan sah karna tdk ada input yata)..mohon pencerahannya wa haji ?
yang saya tahu, itu chip bisa merekam aktifitas riding dan bisa di download . . . udah kayak black box mas bro kalo yamaha mau . . . cuma sayangnya, yamaha pun sepertinya belum maksimal memanfaatkan hal ini
mohon pencerahan….ini alat buat ambil data riding untuk keperluan balap apa harian bang?? jangan2 kalau balap honda pake asimo….cukup dilihat sama asimo data sudah bisa tercetak plus solusinya?? he he he he
Halah b*kong keburu ambeyen kena Atosnya Sock yaMaho, perut keburu kopyor kabeh isine.. ujung ujungnya kasus FBY komplain metik Premiumnya nYeMOX socknya Atos bak naek Cikar sawah mak Glodak coy…
Aye setuju brow hadi….data cuman aktifitas mesin doang ….mana bisa baca aktifitas sockbreaker ..mana ada sensor di sockbreaker gimana cara ambil datanya..?
aku g ngerti sensornya apa aja tapi dari 2 sensor yg anda sebutin (throtle body ma sensor O2) bisa koq di derivasi kelakuan berkendara dari pemilik motor krna nyatatnya kan real time bukan?, saya bisa bikin alat kayak gtu dengan microporcessor dari 2 input dikalkulasi pake rumus serta dikalikan persentasi nilai optimis keluar dah
Bro Hardi, saya bukan ahli IT juga. Tapi bekas programmer ☺. Yang dimaksud wak haji di artikelnya itu, dari data yang tersimpan di ECU, Yamaha melakukan perbaikan / update pada produknya. Data yang tersimpan di ECU kan tidak melulu data mengenai sistem injeksi saja, bisa derivatives dari sistem injeksi itu sendiri seperti: engine rpm, speed, acceleration rate, dan mungkin lainnya. Sejujurnya saya ngga tahu berapa kapasitas penyimpanan data pada ECU Yamaha, karena ini saja terkejut membaca artikel dari wak haji mengenai ECU Yamaha. Terkejut bukan karena hal ini impossible, hal ini sangat possible tapi terkejut karena ada pabrikan yang mau walk extra mile demi improve their products straight to the target market (masalah mau apa tidaknya aja, seperti di artikel wak haji diatas, kompetitor bisa juga melakukan hal yang sama tapi mau apa ngga? Kenapa mau, kenapa tidak?).
Kita ambil satu contoh kenapa akhirnya bisa ke shockbreaker seperti yang bro Hardi singgung itu. Begini kira-kira, dari data speed (bisa data speed disimpan ECU dalam bentuk persentase – irit media storage, atau complete log dalam media penyimpanan (kayaknya metoda yang ini yang dipakai, karena data lebih detail, dan tidak membebani processor pada ECU sehingga processing power ECU bisa lebih terpusat untuk engine) dimana nanti diolah pada computer pada saat data complete log tersebut diunduh / download. Dari data tersebut bakalan kelihatan kecepatan maximum, kecepatan rata-rata, dan kecepatan tertentu dimana user sering menggunakan motornya. Apa hubungannya toh? Hubungannya dari kecepatan maximum bisa diketahui banyak hal lho, misal: prediksi spesifikasi (tingkat kekerasan, rebound,dll) dari shockbreaker (ini cerita shockbreaker, namun aplikasinya tidak terbatas pada shockbreaker saja) agar masih memenuhi safety untuk users – (ngga perlu shockbreaker sampai dipasangi sensor ☺), dan masih pada masalah shockbreaker, dari data kecepatan tertentu dimana user sering menggunakan motornya juga membantu dalam pemilihan tingkat kekerasan dan rebound rate yang kalau bisa agar senyaman mungkin tapi masih safety pada kecepatan Max sesuai data kecepatan maximum tersebut – give and take business. Kecepatan rata-rata dalam suatu periode juga bisa untuk improvisasi dan efisiensi (cost cutting dari parts atau improve parts quality, dll) pada engine area (tuning engine mempengaruhi riding experience, apalagi pada NMAX – ada VVA – bisa tuning lebih straight to the point ☺). Dan data hasil olahan algoritma bisa valid bisa ngga, tergantung peruntukkannya saja, misal kalau menentukan rider lewat jalan mana, bagus / jelek, lancar / macet tentu ngga valid – tapi buat apa juga let alone valid atau ngga – pasti ngga valid kan kecuali ada disisipkan GPS pada ECU nya. Yang diperlukan ya log data engine rpm, speed rata-rata dll yang terkait dan valid untuk improve product merek, IMHO.
kalo 51:49 data mgkin dipegang yg 51% atau bisa jg AHM yg lbh berhak krn bnyk produk rakitan lokal drpd impor, bisa aja kebalikannya kan kita ga tau MOU nya 😀
sy binggung Y******* punya alat sebegitu canggihnya tapi kenapa kemarin berita shock belakang keras rame dan kemarin ada pula yg komplen mesin overhit dan oli bocor & kenapa Y**** cendering silent recall..??? maaf ini pertanyaan dari orang terjajah ratusan tahun.
Setelah di cek di laptop sama mekanik yamaho.. FBY beruk langsung di bilangin.. Mas kl naek motor jalannya jngan zig zag kanan kiri gt.. jawab FBY… Lo bukan saya Mas, tapi emang motornya pelknya shomplak Gheal gheol, saya juga udah capek service pelk shomplak tiap bulan Mas… jawab Mekaniknya.. O ala ya emang iya sih begitulah kwalitas motor yaMaho.. ya sabar ae Mas.. beruk FBY, trus sampen seting pake laptop ae biar lurus pelknya Mas.. Ostosmastis mekanik Maho bilang… Seting Pelk pake laptop gundulmu Coy. ya sana ke tukang pelk pingir jalan aja.. gelem ta tak sampluk linggis pelkmu…. wkwkwkwkwkw
mas saya ketawa baca komen sampeyan…..
Ujung ujung nya pake laptop itu biar gampang mksdnya sama Maho… tapi ya itu mksdnya kl produknya Gagal total lagi kayak kasus JemenJeTFi Buorosnya gk ketulungan yang udah di rijek yaMaho. nah teknologi yaMaho Buocore ini gampanag tingal tekan aja di laptop DELETE… Ostosmastis masuk Bantar Gebang juga wkwkwkwkwkwk
kalo saham mayoritas di kuasai oleh pusat quality controlnya jg jadi lebih ketat.. otomatis kualitas material jg lebih bagus, dan kalo mau ngeluarin model baru jg lebih cepat.. contohnya suzuki indonesia.. karena sahamya mayoritas indo maka urusan acc jg agak lama
kayaknya pendapat wak haji YIMM mau belajar dan terus benerin kualitas dan AHM cenderung mau gak mau konsumen kudu terima produk jadi dari mereka IMHO CMIIW
Hala buat manis2an doang,buktinya product yamaha juga ga kruan terutama matic…..
#YAM*HA tak lebih seperti badut alias banyak kamuflase.maklum posisi yg mengejar templok gula sana sini biar manis….jiahahahaha jebule yo hasili pahit coy tecnology tetep kalah ama honda.
kira kira AHM bisa kayak Hero India gak ya wak haji? perlahan lahan sahamnya dinaikin terus.. sampe 100% .. dan voila… jadilah pabrikan lokal Astra Motor Indonesia…
*berkhayaaal….
Gak yakin bisa sepeeti hero india, mental inlander, bangga jadi pembantu…….maafffffff
Bung taufik dibayar yamaha berapa?
anda dibayar berapa buat nanya saya kayak gini ? 😀
wew…
dari segi agama fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan…
dari segi hukum udah masuk ranah pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan.
saksinya banyak buktinya ada.
Saya anggap anda orang gila
nanti servernya down kebanyakan data… wkwkwkwkwk…
Bila Gixxer rilis di Indonesia: http://wp.me/p1eQhG-15r
Ga usah diriset bla bla bla motor hnd emang pancen enak
Jiahahahha
Lah ini jelas ,yamaha bgitu canggih,pantesan aja motor2nya enak di kendarai,,dan di artikel ini jelas,di jabarkan oleh wak haji apa adanya,dan kita kudu mengakui,bahwa soal alat ini yamaha di atas honda/ahm,atau bisa di bilang yamaha lbih canggih,tapi kembali ke kacung alias tukang bc,mau sebaik apapun dari yamaha,tetep aja banyak yg berusaha membelokkan kebenaran ini,halah di kait2kan penjajah kek..ada aja alasan si kacung,apa gak kebalik yg teriak penjajah justru penjajah? Hahahhaha..dAh gak usah engkel2an…kita nikmati aja apa yg kita punya…punynya ontel ya di syukuri,gak usah hoak dan belagu ,hidup akan indah jika kita bisa mEnerima kenyataan dan mensyukuri,juga bisa menjaga lisan kita dari perkataan yg gk semsetinya,salam 1 aspAlllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll………!!!!jagalah kbersatuan…
Strategi badut ala YAMAHO,ora kaget blas.cuman buat manis2an doang,buktinya product yamaha juga ga karuan terutama matic…..
#YAM*HA tak lebih seperti badut alias banyak kamuflase.maklum posisi yg mengejar templok gula sana sini biar manis….jiahahahaha jebule yo hasili pahit coy coy tecnology tetep kalah ama honda…YAMAHO jualan motor apa cosmetic?
emang ada ya istilah jagalah kebersatuan
?
mirip kaya produk si YIMM NVL yang cool semakin hot,.
itu kamu cari sampe ke inggris juga ga bakalan ada sesuatu yg cool semakin hot
otak2 pemuja yahama emang jongkok semua
Apaaa motor yaMaho enak di kendarai…???? wkwkwkwkwkwwkw Noh 1. Tanya pengendara Rhoembeng15 Boyok sama pingangnya pada melintir Nunging2 kena Encok,
2. Noh penyemplak NeMoX B*kongnya atos bak triplek Socknya sekeras cikar sawah skrng pada komplain,
3. Noh Penyemplak Rhoembeng25 bijinya bergetar getar kena getaran tangki plastik kena getaran mesin,
4. Noh Pengendara GROUP MIO bantet aka Bugel jalan kaki gk bisa lurus Gheal Gheol Trauma bAn pelk Somplaknya MIO… wkwkwkwkw
5. yang enak yang mana COY..??? Hare gene Nglindur….
woii2….pada baca ini gak
Cuma masalahnya Kalau Di AHM, datanya nanti buat siapa ? siapa yang lebih berhak pegang data dan memanfaatkannya ? Did you got my point 😉 ? . . . Ini hanya opoini sob,
ahm gw rasa mampu yak wak…kalo bikin gtu….tapi sapa yang berhak?…singapore apa jepang?…bener gak?…
ya point tulisan saya disitu, ini data adalah aset rnd nih . . . 😀
klo menurut ane yang dibilang wak haji ada benernya, bukan karena Hondanya tapi karena Astra-nya. Sama kayak kasus roda empat, Astra punya saham di toyota jadinya yah produk-nya begitu2 aja. Salut buat yamaha.
Cukup pake obeng :v
Cukup pake obeng :v
Hala buat manis2an doang,buktinya product yamaha juga garuan terutama matic…..
#YAM*HA tak lebih seperti badut alias banyak kamuflase.
Asekkkkk…
Dituduh jadi FBY, besok dapet nasi bungkus dari dealer muehehehehe
Muehehehe…makanya naghaem ga bakal bisa bikin smeprot yg bener,,,,semprotnya abal2 ya ……contoh tuh yamaha….YIMM ma yahama global sama…..produk semprotnya laris manis….
Strategi badut ala YAMAHO,ora kaget blas.cuman buat manis2an doang,buktinya product yamaha juga ga karuan terutama matic…..
#YAM*HA tak lebih seperti badut alias banyak kamuflase.maklum posisi yg mengejar templok gula sana sini biar manis….jiahahahaha jebule yo hasili pahit coy coy tecnology tetep kalah ama honda…YAMAHO jualan motor apa cosmetic?
Ah.. teknologi dan fitur keren kayak gene gak kliatan dan gak kerasa. Dan gak ngaruh juga ke jualan. Konsumen Honda mah cukup dikasih teknologi starter aluz juga udah pada seneng banged. Pastri antri dibeli … Maklum kan nungguinnya sampe lima tahun…
lah om , namanya konsumen awam beli sesuatu itu,
yach pengin ngerasain dan melihat dampak langsungnya om,
kaya hp aja
mesin mati, tinggal gas, ngak perlu pencet switch.
lupa naekkin standard, ada sss, jadi ingat,
kasil asnwer back,
langsung tersa toh?
lah kalu gaya mengemudi, speed?
ngak mikirin om, yg penting , gas puntir mesin jalan
dah simple
BENUL ITU…. tapi konsumennya juga diajak naik kelas dari sisi yang satu ini! Orientasinya jangan jualan mulu ! Kan udah lebih dari 60%. Mau nambah berapa lagi?
yuup.. AHM bikin Honda bingung … ntar ama singapore data dijual lagi…
Napa pada ngira Astra sahamnya masih dipegang org Indonesia ya….???
kan dah dijual tuh ke singapore
Cieee yang dendam ama AHM,trus kalau YAMAHO malah ora luwe parah bos?…ingat di AHM beribu perut di dalamya.YAMAHO?…buanyak karyawan kontrakan bos.
analisa yang jitu dari seorang detektif motor…. hehehehe….
Strategi badut ala YAMAHO,ora kaget blas.cuman buat manis2an doang,buktinya product yamaha juga ga karuan terutama matic…..
#YAM*HA tak lebih seperti badut alias banyak kamuflase.maklum posisi yg mengejar templok gula sana sini biar manis….jiahahahaha jebule yo hasili pahit coy coy tecnology tetep kalah ama honda…YAMAHO jualan motor apa cosmetic!
intinya ya ke MS karna saking lakunya AHM pasti keteteran klo mau olah tuh data..smntara Yimm gak laku laku amat n gk trlu keteter pasti karna jumlah metic nya gak selaris mbeat mpe 2jeti..
wow… saya baru tahu ternyata bigdata juga sudah merambah ke kendaraan roda dua sampai sejauh itu. eranya internet of things sudah tinggal tunggu waktu aja. sersor di tebar dimana-mana termasuk di sepeda motor. Semakin banyak data yang di olah analisisnya akan semakin akurat. dengan banyaknya data dikumpulkan komputer sudah bisa self learning… skynet… terminator sudah bukan imaginasi… memang masih jauh, tapi dimulai dari sekarang. tinggal bagaimana kita menyikapinya.
Enakan pake karbu ahahaha, mau servis di dapur mau dikebon juga bisa, gratis ahahaha
/warungasep.net/2015/04/08/seperti-inilah-tampang-yamaha-mt-25-dari-depan-plat-nomor-di-jidat/
wakakaka ngakak gue baca komen2 fbh
astra di bilang lokal
honda mobil dibilang punya astra wakakaka dongoo
nih yee
astra itu punya singapore n
honda mobil dipegang HPM honda prospect motor
n itu semua KAGAK ADA LOKAL NYA !
Lokalnya ada gan tp ga signifikan, liat aja struktur pemilik modal astra hahaha
ada tp gue rasa nama2 itu cuma buat numpang aja biar dikira “indonesia banget”
who knows kan hhe
beres honda katrok mekaniknya gaptek!
Ostosmastik ketika FBY mau service pelk Somplak aka Gheal gheolnya sama bengkel kecil langsung suruh service ke warnet… wkwkkwkwkww
ini salah satu efek dari YMKI menjadi YIMM yamaha bisa lebih banyak riset dan produksi bukan cuman untuk pasar lokal indonesia tapi juga pasar export dan asalkan pada tau para fansboy disalah satu sparepart yang nemplok di yamaha ada juga produk astra group
Kalo motor injection gampang ..lihat aja ECU nya berapa pin..semakin banyak pinnya semakin canggih…
riding behaviour??
untuk nerapin itu klo g salah maka interface Data maker/downloader data nya harus terkoneksi dengan ecu motornya ya kang??soal kalo g,maka ecu harus punya sendiri memori penyimpanan yang lumayan besar itu???
karena jika tidak ada interface data maker yg terpasangd motornya kayake susah,kecuali ada semacam blackbox yg kayak di terapin di pesawat.
ayo semua nya sebarkan hastag #koinuntukfbh
bantu sodara kita fbh yg sedang kesusahan
agar fbh bisa sekolah lagi
ngoahahaha
#koinuntukfbh
namanya juga yamaha pasti SEMAKIN DIDEPAN
riding behaviour??
untuk nerapin itu klo g salah maka interface Data maker/downloader data nya harus terkoneksi dengan ecu motornya ya kang??soal kalo g,maka ecu harus punya sendiri memori penyimpanan yang lumayan besar itu???
karena jika tidak ada interface data maker yg terpasangd motornya kayake susah,kecuali ada semacam blackbox yg kayak di terapin di pesawat.
dengan kata lain pabrikan manapun klo mau nerapin ini hanya bisa kondisi tertentu saja,yaitu ketika inetrface tersebut di koneksikan dalam beberapa waktu di unit motornya,klo cuma itu saja data logger yamaha yg ada d semua jaringannya sudah bisa.kalo di teknologi balap mungkin 80 bisa di terapkan karena pemakaian tidak setiap hari,jai walau di ecu di sematkan memori perekam data maka tidak akan kehabisan ruang penyimpanan.
riding behaviour??
untuk nerapin itu klo g salah maka interface Data maker/downloader data nya harus terkoneksi dengan ecu motornya ya kang??soal kalo g,maka ecu harus punya sendiri memori penyimpanan yang lumayan besar itu???
karena jika tidak ada interface data maker yg terpasangd motornya kayake susah,kecuali ada semacam blackbox yg kayak di terapin di pesawat.
dengan kata lain pabrikan manapun klo mau nerapin ini hanya bisa kondisi tertentu saja,yaitu ketika inetrface tersebut di koneksikan dalam beberapa waktu di unit motornya,klo cuma itu saja data logger yamaha yg ada d semua jaringannya sudah bisa.kalo di teknologi balap mungkin 80% bisa di terapkan karena pemakaian tidak setiap hari,jai walau di ecu di sematkan memori perekam data maka tidak akan kehabisan ruang penyimpanan.
Ngahaemm itu pelit
NghaahahahA
Honhon gak usah palke yang gituan mubazirr..
Cukup manual aja pake tang dan obeng
Beres..
Muehehehehehe
banyak sales koplak yg ayan wwkwkwkwk aneh :migreen:
Tapi ada kemungkinan lain wak, gak menutup kemungkinan data motor cuma sesederhana itu.
1 ahm punya, tapi di pegang honda jepang, alat tersebut di gunakan secara terbatas dan sembunyi sembunyi dengan enkripsi
Balik lagi 50% sahamnya kan di mikiki astra group, sementara astra di mikiki toyota grup yg memiliki yamaha juga, kemungkinan data busa bocor
2.ahm gak punya yg pegang honda jepang, dan di ambil data melalui random sampling secara diam diam
3. Ahm gak punya wewenang, honda jepang punya wewenang, cuma ecu menyimpan data dengan enskripsi, begitu ecu di ganti, baru ecu di kirim ke jepang
4. Ahm merasa gak perlu riset berlebihan pada motor di indonesia
RnD ibarat bercermin, melihat kelemahan, untuk perbaikan ke depan….. selama jualan masih laku, gak perlu instropeksi……
mungkin begitu pikiran AHM….
sama kayak YIMM waktu miong nyelonong sendirian di jalan, lupoa instropeksi, digebuk bit sampai sekarang gak bisa bangun…..
Heh broo..xg penting kuwi kepuasan konsumen..FBH tulung pinter sitik ndhes..Sistem koyo ngono ki dinggo pengguna akhir e..ora cuma asal adol koyo adol tempe mudeng e cuman ben laku..
mungkin ada yg lebih tertarik bikin software ecu yg bikin stateran gak jalan kalau cicilan belum dibayar…..
klo saya simple..klo produk ahm biar ramah bengkel, kebayang klo sistem injectnya kaya cbr thai series sama pcxnya…ada tambahan biaya tuh buat tools buat semua bengkel ahass..
Yg mengusai data…
Bisa n siap berperang dan mengusai lawan…
Kalo perlu yamaha buka servise gratis motor merk honda… Datnya sedot semua tuh… Kaga ush disadap lagee… Orng aja sampe sdap sna sini tuk kuasain lawan…. Top yamaha… 4jempol
Wak haji apakah Warnet juga menerima service Motor Maho.. secara pake laptop biar keliatan cangih… FBY Mode on
Bang,banyak typonya tuh 😀
Sparepart nya ASLI & yang masang AHLI
Kl Motor Maho pengen suara knalpotnya seperti Seruling Maho DOHC bisa gk wak haji di seting di Warnet terdekat… secara knalpot Maho menembak nembak bak mercon barongsay Bhret Bhret Dhuorrr…. bikin telinga budek…
Jaman gini sudah gak ada yang gumun dengan laptop. Paling hanya pencet-pencet tiada guna, ngapusi.
Kl sock keras Khas yaMaho apakah bisa di setting pake Laptop wak haji secara biar keliatan cangih kata FBY. maklum Mayoritaf FBY B*kongnya udah Atos sekeras kepalae karena sehari hari bak naek cikar sawah mak Glodakan… Motor apa Vibrator… wkwkkwkww
Kalo Motor Yamaho y Buorossnya gk ketulungan bisa diatur pake laptop gk wak haji…??? Oooo tidak bisa Broo.. itu udah dari oroknya udah ketetapannya Buorosnya gk ketulungan… yo MuoooooooooDhar..Moo
lebih maju gundulmu…laptop cuma buat cek doang sisanya ya pake obeng…itu juga ga tau buat cek apaan cm otak atik doang buat gaya2an…emang ane g tau…justru mekaniknya nyaranin service di rumah z y mas…what the fuck…tetep pake obeng cung…
nyasar dimari aseeem….
Muahahahahah
fbh tuh linglung dgn yg sesuatu yg baru….krn terprogram…jd ga perlu diambil lg datanya…wong udah terprogram…so barang tinggal main dikte aja dari pusat.
lagian sy baca2 ahmpft mayoritas bukan punya lokal lg…so memang buat apa ngambil data2 kalo inisiatif tuh panjang dan ribet jalan buat realisasinya.
dan…fbh memang gak perlu banget didata….isi ya mengerikan.
hahahha
😀
Wekekeke nonton polahe fbh.
koyok cacing disiram air sabun ngoahahahaha….
santai aja boss, ente tetep garda terdepan dari dealer honda.
bedanya kalo garda terdepan yamaha pake spanduk di pinggir jalan, kalo ente2 banyak nyampah di blog. Wkwkwkwkwk
#SAVEFBH #SPORTDANGAK #SILINDERJOMBLO
AHM ga punya data ? Salah
Pernah nonton Ironman 3 ?
Disitu ada iklan Server Database
lihat di sini kalau mau tahu merek nya :
http://www.securitronlinux.com/wp-content/uploads/2013/05/Screenshot-Iron-Man-2013-R6-FANTA.avi-2.png
Saat ini AHM sudah implementasi Server tersebut, sehingga :
1. Si otong service di AHASS papua.. begitu selesai transaksi.. Data (plat nomor berapa, service apa, part X yang di ganti, berapa banyak, tanggal terakhir part ini di ganti,dll) sudah langsung masuk di database server ASTRA PUSAT (Jakarta/Bandung)
2. Efek nya ? hmm dari data sih bisa proses AHM jadi segala macam informasi.. skenario paling gampang.. berapa banyak sih AHM harus produksi part X dan tujuan resupply cabang tersebut 😀 part mana paling sering ganti.. dll
3. Skenario menggelitik/dampak sistemik untuk pengguna motor indonesia : ah.. silahkan di kunyah-kunyah sendiri.. 😀
Siapa bilang Yamaha gak punya? Data servis ada kok di BEres y FI ready n online. Belum pernah liat interfacenya ya?
2007 saya servis vixion di DDS. Datanya juga dah terecord. 2007 lho…
La tenan to komenku di atas…yg bikin ngakak “dibayar piro lek?
Trus klo yg nanya bloger jg…wah tepuk jidat…
kalo urusan teknologi data emang yamaha lebih komplit dan cangih.
yamaha indonesia,suzuki indonesia,kawasaki indonesia punya produk global,ahm mana?tiap service di bengkel resmi yamaha selalu pake diagnosik tool,untuk motor injeksi,walaupun di daerah,di bengkel honda,cuman pake obeng di puter-puter,kaya motor karbu,walaupun di jakarta,INI FAKTA
Apakah teknologi yaMaho BuoCore yang super latah pake laptop ini akan senasib dengan teknologi Maho YeMeNJeTFi yang Buorosss ngeden kmren di Rijek sama yaMaho ke bantar gebang wak Haji…
karna honda selangkah di depan honda udah tau bijimana bikin mesin motor awet n irit itu yg disukai orang indonesia kebanyakan
Injeksi pabrikan AHM memang setengah hati,setengah putaran,diputar-putar pakai obeng.
Salam injeksi jadul
YIMM 100 % saham yamaha jepang gak pelit tehnologi buktinya yamaha mau memproduksi global produknya di indonesia untk pasar domestik dan ekport. Ya mudah2an nanti YIM memproduksi moge 2 yamaha. Semoga aja negara ini keamanannya slalu kondusif.agar investor semangat menanamkan modalnya.
Langkah bagus buat yimm karna produknya terlalu banyak kecacatan. Dengan mengumpulkan data tersebut bisa sebagai dasar untuk penyempurnaan.
Ahm????
Ngoahahahahahuhuhukkkk……..
Punya alat beginian aja MSnya nyungsep nggak karu2an. salahnya dimana? salah satunya fb yahomo dongo2
Test test test
mau pake teknologi telemetri khas motor balap di motor harian?? MEANINGLESS…
inget, motor tipe sama, pemilik berbeda, bakalan beda kondisinya. dilihat dari populasi motor di indo yang udah kayak semut di bangkai tikus, bakal terlalu banyak variasi data. mau riset mulai darimana? keputusan yang di ambil setelah “riset” pun bisa dibilang ga maksimaal karena dituntut untuk mengakomodir SELURUH perilaku berkendara konsumen motor yamaha.
jujur, sistem record database ala data telemetri yang digunakan oleh tim2 motor balap ya emang cuma sesuai digunakan untuk motor balap dan untuk tujuan race/balapan. bukan buat motor harian. (tipe) motornya cuma 1, medan yang bakal ditempuh motor jelas cuma trek sirkuit yang relatif jauh lebih homogen dibandingkan lintasan jalan raya. ngeriset motor pun bakal lebih “berguna” dengan cara telemetri data base.
mungkiiiiiinnn, mungkin nih yaaa, nyimpen data record motor bakal lebih “berguna” buat keperluan “riset” jika diaplikasikan pada tipe motor yang jumlah populasinya lebih sedikit, R25 contohnya. kan katanya “jumlah R25 yang terjual di indo gak lebih dari seribu unit” 😀 😀 😀
jadi, buat para fby yang merasa diatas angin nge-bully2 AHM dengan alasan YIMM bisa ngeriset motor selangkah lebih maju jangan seneng dulu 😀 😀 😀 😀 😀
AHM itu audi hungaria motor
ternyata kepanjangannya jos gandos 😀 😀
Mnurut saya honda itu yg belum diusik adalah IRIT nya, sekarang lomba irit2an honda yg menang, walopun suzuki ada yg lebih irit itu kan suzuki, coba yamaha bikin matik yg lebih irit dari matik honda dan lebih nyaman (shock nya) dijamin pangsa motor beralih ke yamaha or suzuki juga
udah jangan debat masalah saham sana sini,..ad kok tool dg software yg bisa buat hisap karakteristik kinerja ecm honda.ad yang punya kok di indo ini.
AHM emang kolot,eh apa krn 50:50 yaa jd ..bodo ah
yang pintar adalah yg cepat merespon perubahan…….
yaps belum punya
pertamax7.com/2015/04/09/pengalaman-penutup-kunci-yamaha-r25-macet-kurang-oli-bro/
padahal dengan konsmen besar bisa jadi database yang mantabh buat riset
Terlepas dr semua itu,klo motor hilang harusnya bisa dicari di server yamaha,jika motor masih utuh dan servis bengkel resmi..klo mau & boleh 😀
canggih ya,,
Sama-sama orang indonesia, sama-sama tinggal di indonesia, sama-sama hidup dari kekayaan alam indonesia, kok saling menghina..??
Kayak nya “indonesia masih dijajah jepang”
Para kacung ribut di mari, urusan kecil2 ngga penting, cuma gara2 juragan nya ngasih perhatian lebih.
Cung cung, kapan mo beneran merdeka jiwa dan raga
Ampun dah nyari sparepart asli Honda, nyarinya sparepart AHM yg di tawarin sama toko merk Federal dan merk lain buatan cungko,
kata koko pemilik toko, sparapart AHM emang susah, cuma bisa jualan motornya aja