Pict : Simon Patterson

TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui regulasi mengenai Penggunaan desain dari Aero-Fairing Untuk Peserta MotoGP hanya diperbolehkan mengganti 1 kali pada saat musim berjalan. itu artinya secara total Maksimum Jumlah desain Fairing Yang bisa digunakan adalah dua desain fairing saja per Pembalap. Nah saat test Pra-musim kemarin hampir semua pabrikan telah menggunakan beberapa Macam Model Fairing dan segala Macam peralatan/part. Namun, peralatan apa saja yang akan dipakai saat pertama kali race digelar akhir pekan ini di Losail Qatar? Beruntung Jurnalis Thomas Morcelino mengabadikan Via lensa Fotonya beberapa gambar berikut ini  . . Cekidot deh sob.

YAMAHA

Pict : Thomas Morcellino

Dua Motor Yamaha Factory Racing baik yang dipakai Oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales sudah menggunakan Fairing dengan bagian bawah yang singset dan slim seperti yang terakhir dipakai Oleh Maverick Vinales. Namun Baik Vinales dan Rossi Terlihal tak satupun menggunakan Desain buritan yang super slim. soal Aero Wing, terlihat keduanya mengguanakan aero wing yang bentuknya mirip tahun 2018 yang lalu tanpa double Wing.

HONDA

Pict : Thomas Morcellino

Dari kejauhan terlihat bahwa Marc Marquez Juga menggunakan Aero-Fairing sama seperti yang digunakan Oleh Cal Crutchlow di artikel sebelum ini yakni berbentuk Kepala Hiu martil, atau ada yang menyebutnya seperti Kupu kupu ..  You name-It deh

SUZUKI

Duo Pembalap Suzuki Ecstar sama sama menggunakan Main-Frame yang diberi perlakuan Carbon-strengthened. Sepertinya Joan Mir mencoba Menggunakan Data Alex Rins sebagai Referensi awal pertama kali dirinya debut di kelas MotoGP. Oleh karena itu perkara kekakuan sasis ia mengikuti Rins. Namun Hal ini jelas tidak harus terus berlaku, Bisa jadi di tengah musim nanti Baik Rins maupun Mir memperoleh arah development sasis yang berbeda.

Suzuki Juga terlihat sudah Fix mengguankan Aero Wing Baru yang di sisi samping hanya terdiri dari satu Line. Aero-wing 2019 ini seperti yang sudah pernah kita bahas tersendiri terlihat memiliki luasan Wing yang lebih besar dan area luasan wing di dekat daerah RAM AIR jadi Makin luas. Lubang RAM AIR pun berubah seidkit bentuknya dan Membuat Daerah ‘ mulut ‘ fairing jadi terkesan lebih ‘ dower ‘. Di fairing baru wing pun jadi lebih miring ke samping. Lalu wing di bagian bawah menjadi lebih kecil dibandingkan dengan Aero-wing yang mereka pakai di Musim 2018.

KTM

KTM Factory racing terlihat sudah fix menggunakan end Muffler Model bambu runcing/ slash cut baik untuk bagian Yang menyembul ke samping maupun yang keluar di bagian under-tailnya. Secara umum Knalpot dengan end Muffler lebih dari satu memang lumrah digunakan oleh Motor berkonfigurasi V-4 karena ada dua Posisi penempatan Head-silinder yang muaranya harus ada dua model arah end Muffler berbeda.

DUCATI

Ducati GP19 Baik yang pakai oleh pembalap factory Dovi dan Petrucci sepertinya sudah fix Menggunakan Aero-Fairing dengan 3 pasang Blade wing. Sepertinya ada ke-kompakan hasil positif antara penggunaan pengetesan Virual Via CFD ( computational-Fluid Dynamic ) dengan hasil pengujian di Trek. fairing ini pertama Kali diperkenalkan di test Sepang dan Setelah itu memang lebih sering digunakan Oleh Ducati di test Qatar akhir pekan lalu.

Selain itu Baik duo Ducati Missionwinnow dan Jack Miller di Pramac Ducati pada Tripple T atas remnya juga Kompak hadir alat misterius yang selama ini kita gosipin sebagai holeshot device. Mengenai alat ini sudah beberapa Kali tmcblog ulas di artikel dimana tujuan Utamanya adalah disinyalir untuk membuat GP19 lebih sip saat start dengan menghadirkan posisi low sehingga power dari mesin bisa lebih efektif disalurkan ke ban tanpa terbuang ke banyak hal lain seperti misalnnya lendutan suspensi dan lain lain.

Yap jadi seperti itulah Buah ke-kepoan tmcblog terhadap Foto foto yang hadir pada acara Foto resmi MotoGP 2019. jangan Lupa Tonton ulasan Kualifikasi MotoGP Qatar di Trans7 jam 20-an Hari ahad 10 Maret 2019, sekarang tmcblog siap siap ke sepang dulu mau liputan ARRC yaaa . . . Semoga Kita semua diberikan kesehatan agar bisa berkarya positif di manapun kita berada.

Taufik of BuitenZorg

31 COMMENTS

  1. Aero nya RCV menjorok keluar cukup radikal gitu nggak diprotes Danny Aldridge tuh Wak?

    masih lebih enak diliat yg Joker, daripada Bowtie ini

    Guest
    • nahhh, namun kalau lolos, artinya memang sudah di lihat secara regulasi teknis, Mungkin bahannya lunak dan tidak membahayakan Ya

      Administrator
  2. Robot Asimo sudah pensiun, mestinya team lain bisa jurdun . Palagi team engineer kls dewa, mestinya bisa.

    Guest
  3. Yamaha CoG nya sedikit turun,buritannya lebih turun,,
    Ducati wheelbasenya makin panjang,,

    Sekilas begitu si

    Guest
    • di motogp itu sama sprti kehidupan manusia bro.. orang ganteng blm tntu nasibnya baik.bgtu pun orang jelek nasibnya mlh bagus.nah ibarat kata,motor buruk rupa cntohnya ducati tp nasibnya banter,,,,ktka melaju wusssssss ky rudal hyper sonic,,,huaaaa.. ada motor ganteng tp nasibnya biasa2 sj.. tp yg lebih bagus sich udah motor ganteng larinya juga kentjengggg,,,,iya ga,?,,hee

      Guest
  4. Moga seru. Ada huge big crash pula. It’s so dramatic. Yes yes yess…… Ora sabar cakkkkkk…… Boten sabar mbokdheeee

    Guest
  5. di motor desmo tepat menempel di sasis bentuk vertikal itu yang bawah cover tangki alat semacam apa ya..sensor elektronik kah? udah dari dulu memang ada tp blm di ulas sprtinya,ato sy sj yg ktnggala info..heeee

    Guest
  6. Diliat dari yamaha
    Punya sedikit perbedaan
    1 jok belakang MVK ada semacam tambahan
    2 Tinggi motor MVK lebih rendah
    3 spakbor kolong bolong2 gitu

    Guest
  7. wing bilah samping ducati seperti wing jaman awal yang sudah dilarang.
    itu kan berbahaya karena secara dimensi terlalu pipih

    Guest
  8. Motor Suzuki terlihat bagus banget ya dari foto di atas..
    suka sekali potongan modelnya..

    Apa saya saja yang melihat nya begitu??

    Guest
  9. Paling jijik lihat ducatrok..
    Buritan ky gerobak sampah.
    Bagian wing depan mlh ky rak dapur..
    ????

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.