TMCBLOG.com – Dengan mentalitas New Normalnya dalam menghadapi Masalah grip Roda belakang M1, Maverick Vinales menjadi pembalap berbeda ke-6 dari tujuh Seri terakhir MotoGP 2020 sampai Misano 2 ( Emilia Romagna GP) . Sebuah fakta Juga tertulis di mana sampai seri ini, tiga pembalap Yamaha ( Morbidelli) udah merasakan Podium 1 dan menjadi Pabrikan terbanyak Mengoleksi Juara sesi di delapan Seri pertama Grandprix ( GP Qatar Nggak ada MotoGP ) disusul KTM Dua kali dan Ducati sekali. Podium Double header Misano dua duanya dimenangkan Oleh Yamaha. Oh ya sudah 5 lagu kebangsaan yang berbeda berkumandang sampai seri Misano 2 ini.Podium Dua kali di Misano Juga diisi oleh 4 pembalap dengan Mesin Inline-4 dan Dua pembalap Dengan mesin V4. Hal ini sudah cukup memperlihatkan bertapa karakter sirkuit secara keseluruhan dari Sirkuit ini memang cukup cocok dengan konfigurasi mesin Inline-4 Namun sayang kita tidak bisa melihat realisasi bagaimana seorang Pecco Bagnaia Bisa mengemulasi gaya Balap Inline4 yang cepat di Speed Corner namun menggunakan Mesin V4 Desmosedici dalam Bentuk Podium karena Ia Crash saat memimpin race #HeartBreak . Oh Ya Bagnaia ini sebenarnya boleh dibilang hampir sempurna jika saja ia bisa finish dan juara di misano dua. Gimana Nggak Ia Bukan hanya Cepat Laptime Overall, ia juga torehkan Top Speed tertinggi dengan torehan 302,5 km/jam

Banyak Catatan lain dari hasil Race Misano 2 ini. Yang pertama adalah semua Pembalap yang finish memperoleh Point karena memang secara umum yang finish hanya 13 pembalap sementara 7 pembalap Lainnya tidak finish termasuk Pecco, Miller dan Rossi.

Peningkatan Posisi mulai dari start ke Finish yang terbaik jelas ada di tangan Joan Mir. Start dari Posisi 11 finish ke posisi Podum dua. Raihan Pembalap lainnya Yang tidak kalah mencengangkan adalah Raihan dua pembalap yang nyodok 10 Posisi lebih baik saat finish dibandingkan posisi startnya Yakni Sang Dokter Gigi Oliveira yang start dari P15 finish P5  dan Alex Marquez yang start dari posisi 17 dan berhasil finish di Posisi 7. btw ini adalah Raihan Point Tertinggi Alex Marquez so-Far.

Andrea Dovizioso hanya bisa finish di belakang Adik dari Marc Marquez, namun dengan modal 8 point ini, ia masih memimpin Klamesen Championship dengan Point total 84 Point. Pointnya jelasng Seri race Catalunya – Barcelona hanya berbeda 1 Point dari kejaran Quartararo dan Vinales di posisi dua dan tiga. Walaupun dengan point yang sama, Fabio berada di atas Vinales dalam Klasemen karena Fabio dua kali Juara seri. Namun Begitu cek Joan Mir di posisi empat dengan Jarak Hanya 4 point dari Dovi. Ia jelas adalah salah seorang calon Kuat Juara dunia 2020 ini terlebih lagi dengan konsistensinya. Kita akan bahas Mir lebih lanjut di artikel terpisah.

Yamaha dan Ducati Masih berada di posisi Top 2 perebutan pimpinan Klasemen Pabrikan dimana Yamaha berhasil sedikit menjaga jarak dari Ducati lebih jauh dari awalnya 6 point pasca Misano 1 menjadi 23 Point pasca Misano 2. Yap Tidak ada Ducati Di Podium Misano 2 menjadi salah satu penyebab utamanya.

Sementara itu asa PYSRT untuk terus memimpin Championship team tetap terjaga dengan finishnya Fabio Quartararo di Posisi 4 setelah Di revisi berkaitan dengan track Limit. Namun Jarak Tim satelit Yamaha ini kian dekat dari kejaran Tim factory Yamaha. Dari awalnya berjarak 11 point pasca Misano 1 menjadi 6 point pasca Misano 2. Menarik melihat tim elit Repsol Honda berada di dasar Klasemen dan menjadi Juru Kunci sementara team team.

Sebelum ini, pasca Misano 1 Point Dua pembalap Rookie Alex Marquez dan Iker Lecuona sama sama 38 point. Namun Iker crash dan DNF menyebabkan Alex Bisa melenggang membuat jarak ke Iker sekaligus memangkas Jarak ke Pimpinan Rookie Of The year 2020 sementara Brad Binder yang juga DNF di Race Misano 2

Walaupun Secara Overall Championship fabio Quartararo berada di posisi dua, namun ia adalah pembalap paling Top di antara pembalap team team satelit. Sementara itu adu gengsi tim Satelit terbaik Juga masih dikuasai Oleh Petronas Yamaha SRT dengan jarak 50 Point dari kejaran Pramac Racing yang Nol-point di Misano 2

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

126 COMMENTS

    • Sarkasnya, Tim Repsol Honda dalam gelaran motoGP 2019 dan gelaran 2020 HANYA menempatkan/ mengandalkan perolehan point dari 1 pembalap saja.

      Balap motoGP 2019 :
      Hanya mengandalkan perolehan point dari MM93 saja dari duet maut MM93 dan JL99. Namun tetap saja menjadi juara tim.

      Balap motoGP 2020 :
      Hanya mengandalkan perolehan point dari Alex Marquez73 seorang rookie yang baru ngenger di motoGP. Sementara rekan duetnya di tim Repsol Honda, abangnya si MM93 malah asyik nonton balap motoGP di rumah seperti kita – kita ini yg komentar.

      Guest
    • sepertinya anti marquez lebih cocok disematkan ke peco daripada fabio
      diluar masalah jatuh, skill peco dalam melibas semua track, baik itu track v4 atau i4 lebih mengerikan dari fabio :imo
      semoga musim depan peco masuk pabrikan, fit & gak gampang jatuh
      pingin lihat fabio vs marquez vs marquez full spek support pabrikan

      Guest
        • Perasaan heran dari semalam pecco langsung dijadiin kandidat jurdun dengan alasan bisa didepan disemua sirkuit. Lah 2020 aja sirkuit itu itu aja dan belum ada 10 sirkuit yg berbeda. Inget misano bro tempat ducati riset dan tempat latihan si pecco. Takutnya nanti kaya taro juara 2x disirkuit yg sama udah dipuja puja setinggi langit dan berani sesumbar semua sirkuit sama aja tidak ada sirkuit yg khusus motor tertentu. Si taro sekarang ?

          Guest
        • di GP andalucia kalau gak ada masalah mesin juga dia bisa podium di posisi 2, sayangnya pas free practice di GP Brno, dia patah kaki,makanya baru comeback di misano langsung posisi 2, potensial banget sih sebenarnya pecco

          Guest
    • Kalo tim elit penghuni dasar klasemen repsol honda karena kita tau sendiri komposisi pembalapnya seperti apa dan bagaimana.

      Tapi kalau klasemen konstruktor, honda masih mendingan yaitu di atas aprilia yang jadi penghuni dasar.

      Guest
  1. Rapet banget poin nya wak..
    Peluang juara dunia terbuka lebar nih masing2 rider 5 besar..paling bedjo dovi gk konsisten tp teratas😂

    Guest
  2. JOAN MIR The world champion ! Catet !! Karena kekonsistenannya sangat luarbiasa, rider lain performanya naik turun serta sang pemimpin klasemen dovi balapannya malu-maluin masa diasapin markes kw

    Guest
  3. Aduh, kirain Sijuki udah dapat syarat poin konsesi.
    Baru 5 poin ternyata dan semua dari Mir.
    Kurang satu podium lagi ini supaya bebas konsesi.
    Rins kapan sembuhnya ini?

    Guest
    • Gimana mau sembuh kalo hampir tiap minggu balapan terus, apalagi yang sakit bahunya. Kalo cedera kaki kayak pecco sih masih agak mendingan bisa di akalin.

      Guest
      • Gw udah tau itu mah, masalahnya kan Sijuki belum kayak HaReCe. Jadi ya harus konsisten dapat 6 poin minimal tiap musim kalau mau bebas konsesi. Kecuali tahun ini jurdun, baru nanti aturan review 2 tahun utk pabrikan yg bebas konsesi dipakai.

        Guest
    • Kalo beneran FBS Sejati gak usah ngecilin peran Rins lah, development GSX-RR kan Rins jg yg pegang… namanya cedera dalem aplgi otot tu lama recoverynya aplgi kondisi balap padet ky gn… Bradl contohnya, diagak keliatan cederanya tp ternyata masalah di ototnya jg kan…

      Guest
    • Cedera waktu awal musim nampaknya cukup berpengaruh terhadap beberapa race terakhir. Semoga Rins lekas membaik dan raih podium lagi.

      Guest
    • PR resmi doi bilang ga ada notif di dashboard, katanya: “kalian yg nton tv sih ngeliat RD kirim pesan, kami rider ga liat tv, saya liat DB 3x per lap, ga ada notif”

      Guest
      • Mengapa rider yang konsisten melihat dashboard hingga 3 kali per-lap bisa tidak melihat pesan/ notifikasi dari Race Director di dashboardnya ??

        Apakah karena notifikasi itu model kerjanya :
        1) hanya masuk dashboard lalu menghilang, atau
        2) akan muncul atau menyala terus di dashboard hingga sang pembalap melakukan instruksi dari Race Director ?

        Terlepas dari strategi atau hitung-hitungan untung rugi yg dilakukan pembalap mengenai total waktu yg akan didapat/ dideritanya jika tidak mengikuti instruksi hukuman long lap penalty.
        Harus berhitung dulu nih….

        Guest
        • Ahhh gw nonton tv berbayar fox sport dikanan sebelah bawah ada juga tulisan taro kena longlap penalty.

          Lagian kalo taro gak dpt info pasti crew dan datok ngamuk ngamuk protes. Lah ini datok sama om wilco pasrah dia tau taro salah

          Guest
    • Taro emg salah..dia exceeding TL 5x..kata dia kalo warning itu nyala orange di DB, dia ga merasa lihat nyala di DB dia..itu yg bkin dia kesel, crew pit ngiranya pesan RD udh terkirim makanya ga diingetin lagi di message box.
      Bukan masalah tipi iki bro..bisa jadi yg kita liat d tipi sma aktual beda..bisa jadi msalah teknis shg pesan ga diterima taro, bisa jadi salah taro ga kliatan, bisa jadi salah RD mgk blm pencet tombol ‘sent’, atau taro play victim.

      Guest
      • sebenarnya bisa dilihat datanya . . mungkin dari data dashboard, mungkin tim bisa mebeberkan apakah benar pesan tidak terkirim ke dashboard? atau mungkin hanya fabio yang kelewatan nggak lihat karena konsen ke Fight dengan POL . . ini bisa jadi bahan evaluasi semua fihak akan sistem informasi yang sekarang dihadirkan

        Administrator
        • Nah bakalan jadi dilema sih nantinya bagi taro. Dan taro keliatan ngeles kalo nanti pas timnya mengecek pesan sudah tersampaikan dan benar terkirim.

          Guest
        • Dan taro jadi pembalap yamaha kedua yg gak ngebaca pesan, setelah sebelumnya pake pit board suruh ke box gak kebaca.
          Pake dashboard massage gak kebaca juga, next pake apa nih ?
          Dan kenapa terjadinya sama pembalap yamama doang nih ?

          Guest
    • Karna info long lapnya di 2 apa 1 lap terakhir (lupa), bisa jadi kesel sengaja ga masuk, bisa juga pas mau masuk tapi keburu lewat jalurnya 😄

      Guest
    • Hanya menyisakan beberapa tikungan, wajar bila Quartararo tidak melihat notifikasi karena sedang bertarung dengan Espargaro.

      Guest
  4. Waoow luar biaza mbah,bisa” akhir musim 4 rider yamaha bisa jurdun dan mecahin telor eh rekor mbah.tapi koq 5 besar cuma ada 3 yamaha??yang satu kemana mbah,apa ngevoor dulu mohon bocoran smsnya mbah !!

    Guest
  5. Jarak point antara dovi si pemimpin klasemen sama olivera p8,cuma 25 point alias point max satu race.yang unik pembalab wakil dari Honda walaupun belum sekalipun podium tapi posisinya masih lebih baik dari seluruh rider ktm yang sdh menang 2x dan podium beberapa kali.bisa” sampe race terakir bisa bisa lebih dari 5 pembalap yg punya peluang jurdun 2020.

    Guest
  6. Alex marquez memang dari dulu lama adaptasinya,tapi kayaknya sdh mulai memahami motor rcv nya,klo bisa terus meningkat saya yakin akhir musim masih ada peluang untuk jado rookie terbaik.

    Guest
      • Kolom komen ya dibuat untuk komen.

        Komen isi artikel, atau komen dari komentar orang.

        Makanya ada fitur reply.

        Selagi yg ditulis bener ya biarin aja dong !

        Guest
      • Terus kalo komen ginian cuma boleh di reply Muke Gile gitu? Gw masih mending yak ada komen teknis beberapa, sesekali reply komen ginian langsung lu katain apalagi kalo gw dateng kemari cuma komen pepesan kosong kaya Mukgil, Darmo, Mentegga, Ngunuo dkk? Kayanya Nugie yg editor resmi di warung ini dan rajin hapus komentar sampah aja ga pernah ngasih aturan si X boleh ladenin komen gini, si Y ga boleh ladenin komen ginu. Selama ada tombol reply siapa aja bebas reply, kenapa lu malah sewot? Lagipula gw menanyakan komen dia yg mengaburkan fakta, gw ga pernah peduli siapa yg komen baru ge reply. Ribet amat mau reply aja harus milah nick? Kalo menurut lu reply komentator yg agak ‘nganu’ doang salah, gw kasih tau yg lebih salah itu yg rajin nyinyirin gw pas gw terlalu jujur ato bales komentator yg sblmnya ngatain gw goblok tapi ngumpet kalo pas gw komen teknis. Itu salah, dateng cuma buat nyinyir.

        Guest
  7. Ditunggu wak haji, asli joan mir ini potensinya makin keliatan.

    Suzuki kudu punya strategi gimana bisa nempatin rider-ridernya di front row.

    Kalau si AM itu naik ke posisi 7 karena hibah atau emang ada progressnya yak? Gak banyak ke sorot kmrn pas balapan..

    Guest
    • Kayaknya emang performanya alex yg naik,dovi gak bisa overtake dia,klopun rider di depanya gak jatuhpun masih masuk 10 besar.kemaren dia bilang habiz dpt tips rahasia dari abangnya gimana cara jinakin rcv,dan terbukti langsung bisa moncer 10 besar di sircuit specialis inline,tapi masih perlu pembuktian bisa konsisten 10 besar apa semalem cuma beruntung aja.

      Guest
    • Joan Mir, Morbideli, Peco Bagnaia, Quartararo, dll perlu waktu adaptasi beberapa tahun atau beberapa race dulu di motoGP.

      Bahkan JL99 sang juara dunia 5 kali yg berpengalaman memakai mesin inline4 serta V4 di motoGP, faktanya posisi terbaiknya bersama RC213V hanya mampu finish di urutan 11 saja, itupun cuma sekali.

      Guest
    • AM jelas meningkat. Dibandingkan race sebelumnya di sirkuit yang sama, waktunya jauh lebih baik. Pas warm up practice minggu kemarin, malah paling cepat. Dipikir pikir, wajar juga sih, latihan di track yang sama terus dalam 2 minggu, pasti makin ngerti bagaimana untuk ride lebih cepat. Tuh para pembalap KTM juga makin cepat di race kedua ini.

      Guest
    • Race pacenya konsisten di 1.32 kecil jadi wajar ada diposisi itu… Cuma sayangnya masih fluktuasi dan startnya dibelakang plus rookie yg masih meraba2 karakter RCV.. Cuma progressnya bagus… Tahun depan kayaknya bakalan sering 5 besar

      Guest
    • Pas dimoto2 AM sering banget nikung pake gaya rear wheel steering. Bisa jadi senjata dia tp bisa juga jadi kekurangan karena grip ban belakang cpt abis. Ketika dia mimpin race begitu diovertake susah buat overtake lawan lagi.
      Dan sekarang gaya rear wheel steering itu yg belum keliatan ketika dia naik rcv. Semalam liat dia pas dikejar dovi agak gregetan sih karena agak kurang keras atau maksa ketika menikung. Kaya pas dia di moto2 atau kaya abangnya yg ketika mau nikung hard braking sekeras kerasnya dan motornya dipaksa nikung sesuai gaya dia.

      Guest
  8. Kalau tahun kmarin rins jadi raja overtake
    Kira2 tahun ini mir bisa disebut “tukang telikung” of the year gak ya
    Miller di austria
    Vale di misano
    Fabio+pol di emilia

    Guest
  9. Terjadi lagi..
    Kecuali di Ceko, pasti ada sembalap yamama yang dnf..
    Kali ini di mesakno 2 giliran si mbah yang dnf dan bahkan franky hampir ndlosor kena sambar aleix…

    Guest
  10. Wah.. sampe bakalan dibuatin artikel khusus buat mir sama wak haji. Suzuki sama pembalapnya pesat banget improvenya.. mudah²an bangkitnya suzuki motogp nandain masspro nya bakal keren² kayak dulu lagi🙂

    Guest
  11. @Rian
    Itu jelas2 bilang 4 rider Y sudah podium semua,dan komen lu artikel sebelumnya lu nulis tinggal VR46 yg belum podium…lu jelas tahu soundwave ngaco tapi masih dibelain …kritisi lah

    Guest
  12. Lebih ke taktik mir saja,sengaja hemat ban biarkan pembalap lain bertarung habisin ban serang lap lap terakhir. Malah kesannya thief master.

    Guest
  13. KEREN musim ini, ga bisa di prediksi. Masih bisa kemungkinan banyakkkk…
    TN juga bisa aja tetiba jurdun karena yang lain ada DNF atau trouble dapat poin.
    AM juga ga menutup kemungkinan rookie of the year
    atau bahkan Mbah Jurdun bisa aja.
    atau Bagnaia atau atau atau atau
    wkwkwkwkwk

    Guest
  14. Kayaknya pembalap yang ada di top 10 klasemen masih punya kesempatan rebut gelar juara dunia nih Wak, jarak poinnya pada belum jauh-jauh banget.

    Guest
  15. Bisakah mir jurdun tanpa juara seri? Jadi mirip alm. Hayden yang konsisten kumpulin poin walopun juara seri 2x aja. Kalo mir dimoto3 bisa jurdun tanpa pole sitter, kenapa motogp engga? Emang beda sih mentalnya sama rins yang ga pernah jurdun

    Guest
  16. menurut saya, paling tidak ada 5 pembalap yang berpeluang juara dunia. sekarang tinggal faktor keberuntungan saja karena apapun bisa terjadi, contoh morbidelli kena sakit perut dan diseruduk aleix esparagaro, rins kena cedera, bagnaia crash. satu kesalahan akan sangat fatal

    Guest
  17. cikitaro : susah amat diselip nih orang, tumben blockingnya rapet

    pol : kau sebaiknya dibelakang saza, jangan melewatiku atau kau kena penalty… hahahaa

    mir : mas, mas, kalo ngegosip atau lagi curhat mending di paddock aja,
    permisi ya saya duluan

    Guest
  18. Bisa gak ya Suzuki Juara dunia tahun ini, bener bener gila sih tim satu ini. motornya stabil banget buat overtake di tikungan. sayang banget Rins kesakitan dari FP1 sampe race dia kayaknya masih belum 100 persen fit. malah kayaknya ada kejadian doi jadi cowboy di fp 1 yak? amazing sekali mir pake ban kombinasi M + M bisa survive bahkan sampe podium. Mir mental juara top, rins rider development.
    dan neng vina nyaman banget sama yamaha kali ini. bisa jauh gitu gap nya. KTM ngeri mesin nya, cuman kayaknya sasis nya belum cukup lincah buat flip flop yak? pecco bagnaia dan ducati nya sangat sangat ngeri di tikungan. MOTOGP 2020 bener bener unexpected setiap race nya. salut untuk semua rider motogp dah.

    Guest
    • Pasti mendambakan Rins sma Mir duel 1-2 dog fight abis..trus pos 3 Maverick agak jauh ga bisa ngejar..trus disorot view Maverick trus kasih soundwave..eh soundtrack… “ku menangis…membayangkan..”

      Elah kok jadi keracunan indosiar..wkwk

      Guest
  19. Regulasi : kalo cuma 1 dan 2 kali saja masih sebatas warning, belum dikasih tindakan, kecuali pas di lap akhir dan lagi fight

    Administrator
  20. Next race Catalunya.

    Main straight length: 1,047 km

    Rombongan KTM akan berbahaya
    Ducati espc. Bagnaia akan bersaing
    Suzuki akan bersaing
    Aprillia masih jauh
    Fby yg blm punya lagu “ku menangis” donlot dulu deh..siap2 buat minggu depan.
    Pilihaya cuma 2:
    – balikin rpm ke max tp mesin jebol
    – rpm turun kaya sekarang tp ku menangis

    Guest
  21. Dipertengahan race mir sempet disorot full, mungkin hampir ada satublap penuh. Seneng aja lihatnya, suzuki bangkit di tangan mir.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.