TMCBLOG.com –  Dorna, IRTA dan tim privat MotoGP diharapkan setuju untuk tidak memindahkan tes Sepang ke Jerez atau Portimao. Sebelas tim MotoGP sebenarnya berencana untuk Melakukan Pengetesan di Jerez atau Portimao pada tanggal yang dengan momen tes Sepang yang dibatalkan (shakedown Test dari 14 hingga 16 Februari dan tes IRTA dari 19 hingga 21 Februari). Namun, perubahan rencana telah diputuskan hari ini dan akan dipresentasikan kepada tim pada konferensi ZOOM pada hari Kamis. Proposal: Tes Sepang yang dibatalkan tidak boleh diganti, tetapi Shakedown test tiga hari akan dipindahkan dari Malaysia ke Qatar.

Aprilia Racing adalah satu-satunya tim konsesi yang ikut serta dalam Shakedown Test selain uji coba Resmi dari enam pabrikan. Aprilia juga ingin menentukan siapakan di antara Bradley Smith atau Lorenzo Savadori yang akan mendapatkan tempat di Motor Ke dua bersama Aleix Espargaro dalam dua tes Qatar.

Kupas Tuntas Logistik MotoGP . . . Interview Dengan Carles Jorba Dir. Operasional Dorna

Dorna, IRTA dan asosiasi pabrikan MSMA mengemukakan alasan keputusan ini. Pertama, material untuk pengujian Sepang telah dikirim ke Kuala Lumpur, dari Jepang dan Eropa, sebagian untuk menghemat biaya dengan angkutan laut, dan peti barang ini tidak dapat lagi dialihkan pada waktunya untuk Jerez atau Portimão.

Kedua, sepeda motor balap 2020 akan tetap dihomologasi untuk tahun 2021, dengan pengembangan mesin MotoGP dibekukan dari Maret 2020 hingga akhir 2021. Kompon dan konstruksi ban Michelin juga tidak berubah. Dan ketiga, banyak negara Lockdown, dalam beberapa kasus hingga akhir Februari, perjalanan di Eropa, Asia, dan Timur Tengah menjadi jauh lebih sulit dengan peraturan karantina yang ketat.

Jika tim pabrikan dan tim Privat setuju pada hari kamis ini, pembalap reguler hanya akan memiliki tiga hari pengujian. Para Pembalapa Rookie seperti Jorge Martin, Enea Bastianini dan Luca Marini akan mempeorleh tiga hari pengujian tambahan ( shake down Test ) untuk mengenal motor Ducati mereka di Qatar nanti. Dengan persetujuan tim MotoGP, peti peti barang yang sekarang sudah berada di Malaysia akan dikirim kembali melalui udara atau laut langsung ke Doha.

Test MotoGP Diperbolehkan Dilakukan Test Rider Kapanpun dan Di Sirkuit Manapun. Asalkan . . .

Namun Perlu dicatat Jika hal di atas disetujui, Maka Hanya Test Resmi saja yang akan dibekukan sampai Qatar test Mendatang, sementara Pabrikan Tetap Bisa melakukan test Privat ( dengan biaya sendiri) Seperti yang akan dilakukan HRC di Jerez, atau Ducati di sirkuit Levant, di Binetto, dekat Bari. Namun harus mengikuti Regulasi ( silahkan Baca di artikel ini ) yakni Dilakukan hanya Oleh test Rider resmi dan Jika Pakai Michelin MotoGP, Maka hanya bisa Menggunakan Ban Alokasi dari pembalap Pabrikan saja.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

10 COMMENTS

  1. Jadi nanti saat test Qatar yang menentukan jadi rider ke 2 Aprilia berdasarkan hasil test siapa yang paling cepat gitu? atau nama sudah ada ditangan, cuma jadi alasan aja pengumuman saat test motoGP?

    Pengetesan MotoGP yang resmi semakin berkurang. Jadi siapakah tahun ini yang jurdun, maunya si rokie biar ga bosen nontonnya karna ada kejutan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.