TMCBLOG.com – Yamaha telah mengumumkan calon kedatangan model baru R series yang akan menjadi New Kids di segmen sepeda motor sport merek Iwata. Pabrikan Jepang telah merilis video teaser dengan nama ‘Track.Street.R / World’, sebuah video berdurasi 28 detik di mana di dalamnya tidak ada sepeda motor yang muncul, melinkan hanya detail suara yang mirip tone mesin dua silinder. Yamaha belum menancapkan tanggal kepastian perilisan produk di video teaser ini.

Ini bukti bahwa YZF-R7 akan benar benar direalisasikan Yamaha

Secara umum memang penggemar motor sport R series sedang menunggu nunggu realisasai dari Yamaha R7. Model R Series yang rumornya memiliki trend menguat beberapa bulan terakhir termasuk dokumen yang diajukan ke Dewan Sumber Daya Udara California mencantumkan dua versi sepeda motor baru. Dan dari data tersebut, Fix bahwa motor yang akan disebut disebut YZF-R7 akan menggunakan mesin dua silinder sejajar 689cc yang juga digunakan di MT-07.

Dan hingga hari ini, belum ada satu pun gambar spy shot telah bocor dari Yamaha R7 ini. Meskipun ada banyak yang berharap Yamaha R7 yang mampu mengatasi dan minimal mendekati performa dan kecangihan Aprilia RS 660 baru, namun semuanya menunjukkan bahwa model ini akan mencapai pasar tanpa perubahan besar dalam hal mesin dibandingkan dengan MT-07.

Bocoran bentuk Full Yamaha R7

Diperkirakan R7 ini akan mengikuti garis desain dari R3 dimana tetap menawarkan tampilan sporty yang dikombinasikan dengan posisi berkendara yang akan mencari kenyamanan dengan jok besar dan empuk serta setang tinggi agar tidak membebani punggung dan lengan pengendaranya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

29 COMMENTS

  1. CC besar dengan 2 cyl secara operasional dan perawatan lebih mudah ketimbang 3 atau 4 cyl, tapi dibawa ngebut juga bisa. Menarik.

    Guest
    • Pasti lah, aprilia RS660 aja langsung dibejek buat kelas twins cup musim ini

      Tapi memang kalaupun yamaha boyong R7 kesana pun menurut saya gk akan benar heboh sih.. Pasalnya MT07 aja yang sering dipake buat balapan sana juga udah oke banget buat balapan.

      Guest
  2. Kenapa ga R9 sekalian, biar bejaban sama Panigale V2 dan performa mendekati supersport 600cc.

    Guest
  3. genre nya street race, jadi besar kemungkinan ya motor fairing yg buat “fun” dijalanan,, dan mengarah mesinnya disinyalir ga jauh beda tweak nya dari MT-07,,

    Guest
  4. Yamaha R7 yang bukan penerus R7 ‘OW02’ ?

    Aprilia sudah main di segmen ini, Yamaha terpantau segera menyusul, pergerakan Honda Kawasaki Suzuki masih belom terendus. Light supersport 2 silinder 600-700 cc jadi trend baru.

    Editor
    • Bukannya malah Yamaha yg paling akhir masuk? Suzuki udah ada, H ada, Kawasaki jg ada, malah mereka bertiga cc sama. Justru Aprilia dan Yamaha yg bikin segmen 2 silinder cc menengah ini nano2 dari tadinya udah di pakem 650cc sampe jadi batas maksimal kebanyakan balap sepertinya, jadi kaya wss300.

      Guest
        • di motoamerica twins cup juga gw liat ada Aprilia RS660 sama Suzuki SV650 (dipakein fairing) , ada satu motor yg livery nya Racing block warna kuning khas Yamaha, ga tau itu motor apa, tapi kalaupun emg bener Yamaha kemungkinan besar ya MT-07,

          Guest
      • Kalo cuma liat isi dan junlah silinder mereka memang duluan, tapi segmen ini dibilang segmen baru. Pelarian dari kelas supersport 600 cc 4 cyl yang perlahan mulai ditinggal.
        Cmiiw

        Editor
        • Gw rasa malah rs660 sama calon R7 newborn tapi bukan reborn malah ikut nyemplung kelas yg selama ini dimainin cbr650 dan ninja 650. Suzuki memang cuma half fairing boleh lah belum disebut supersport.

          Guest
      • Ya siapa tau H iseng bikin V twin 750cc ato 950cc sekalian, malah udah masuk kategori supersport tuh. Karena taon depan 3 silinder dinaikin jadi 765cc ato 800cc, 2 silinder 959cc.

        Guest
    • Mesin MT yg pake turbo gimana kabarnya tuh, seru tuh kalo Yamaha bikin MT berturbo terus macing pabrikan Jepang lain buat bikin motor bermesin turbo lagi

      Guest
      • Japanese turbo war pt.2, sebelum eranya mesin ICE berakhir. Uniknya dipelopori Kawasaki (lagi), kayaknya sejarah bisa jadi berulang..

        Guest
  5. Supertwins kayaknya bakal berjaya lagi di Isle of Man TT
    Moga kawi bawa senjatanya jalani kesini
    Ekekekeke

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.