TMCBLOG.com – Keterlibatan Yamaha dalam balap Grand Prix dimulai pada tahun 1961 ketika perusahaan memasuki GP Prancis untuk bersaing di level tertinggi. Kemenangan pertama tim datang segera setelah itu, dan Yamaha memenangkan yang pertama dari banyak Kejuaraan Dunia pada tahun 1964. Kemenangan balapan berlanjut, dengan lebih dari 500 kemenangan hingga saat ini – dan masih banyak lagi yang akan datang. Untuk merayakan 60 tahun balap Grand Prix, Yamaha telah menciptakan livery World GP 60th Anniversary untuk model 2022 R1, R7, R3 dan R125. Hmmm berharap Yamaha R25 dan R15 ke depan juga dapat livery 60 tahun GP kayak di Eropa ini nih. . .

Pada tahun 1964 departemen balap Yamaha memulai debut pembalap mereka di Grand Prix 250cc dengan menggunakan fairing putih baru dengan garis merah solid dan spatbor depan merah. Itu terbukti menjadi pertanda baik, dan pembalap pabrikan Phil Read kemudian memenangkan gelar dunia pertama Yamaha.

Skema warna merah/putih yang berani, sederhana, dan dinamis ini segera memantapkan dirinya sebagai tampilan Yamaha yang langsung dikenali di balap jalanan Grand Prix, dan merupakan cikal bakal speed block Yamaha: bisa dibilang skema warna paling terkenal dan paling disukai yang pernah ditampilkan di sepeda motor balap.

Fairing putih dengan speed block merah dengan cepat memantapkan dirinya sebagai skema warna balap Yamaha yang definitif di Eropa selama dua dekade berikutnya hingga era Rainey dan Lawson. Reaksi publik yang luar biasa terhadap peresmian Motor Pabrikan Yamaha M1 baru-baru ini dengan warna speed block khusus 60th Anniversary menunjukkan bahwa ini adalah salah satu skema warna paling menggugah perusahaan yang populer di kalangan pengendara dan penggemar dari segala usia.

[ Galeri Foto ] Yamaha rayakan 60 tahun Balap GP dengan Livery Khusus untuk Cal Crutchlow

Sederhana, dinamis, tak lekang oleh waktu dan langsung dikenali, speed block akan selamanya dikaitkan dengan Yamaha dan kampanye GP-nya yang sangat sukses dari era yang sangat istimewa dalam sejarah perusahaan.

Untuk merayakan sejarah balap Grand Prix Yamaha yang panjang dan termasyhur ini, Yamaha Secara global di Eropa memperkenalkan livery World GP 60th Anniversary untuk model 2022 R1, R7, R3 dan R125. Sama seperti mesin pemenang Kejuaraan Dunia Yamaha yang terkenal, World GP 60th Anniversary R1, R7, R3 dan R125 menampilkan bodywork putih murni dengan garis merah horizontal yang kuat dan garis vertikal putih yang menciptakan speed block merah.

Skema warna sepeda balap otentik ini menampilkan fender/spatbor depan berwarna merah dan velg berwarna emas seperti sepeda motor pabrikan Yamaha, dan tampilan abadi ini dilengkapi dengan spot kuning di front cCowl, emblem ulang tahun, dan garis merah di sepanjang bagian atas tangki bahan bakar dan buritan.

Kalo menurut TMCBlog sih, jika warna dan grafis ini juga akan hadir di R25 yang merupakan versi lain dari R3 dan juga R15 yang bodynya sama dengan R125 adalah sesuatu yang mudah dan logis buat YIMM untuk mewujudkannya. Kalau misalnya R15 keburu akan hadir bodywork baru yang mirip R7 ya tinggal samain sama R7 yang juga keluar grafis livery 60 Tahun GP. Racingnya dapet banget . . siap siap inden  . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

R3

R125

28 COMMENTS

    • Daripada mancing orang dodol untuk salah paham, R6 emg masih diproduksi tapi untuk kebutuhan racing, untuk road legal posisinya udah diganti R7. Itulah mengapa ga ada R6 di foto R series bejejer itu.

      Guest
  1. Untuk skarang memang ga ada, tapi pasti bakal direbornin kembali, lha itu cbr600 yg kabarnya suntik mati, eh idup kembali… Posisi r7 juga buat lawan ninja650 dan cbr650 yg lebih ke city racing..

    Guest
  2. Mending Yamaha keluarin motor baru aja buat pengganti R6, mesin 3 clinder in-line 750cc basis nya dari mesin MT09 CP3. Untuk piston, stang piston, klep in out ambil punya R1 terbaru,.. untuk persiapan ikut WSS600 kali-kali aja R6 jadi pupuk bawang dengan kebijakan baru 2022 CC lebih besar boleh ikut sesuai regulasi

    Guest
    • foto official sudutnya emang ga pas. dari foto di atas yg bagus cuma yg dari samping kan.

      foto/video dari youtuber2 lumayan bagus si daripada officialnya. Fotografer Yamaha layak diganti memang, wkwk

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.