TMCBLOG.com – Pabrikan sepeda motor ikonik asal Italia, BIMOTA, bersiap kembali ke pentas balap dunia pada tahun 2025 dengan berkompetisi di Motul FIM WorldSBK Championship. Bimota Pernah memenangkan Kejuaraan Dunia 350cc tahun 1980 menurunkan Jon Ekerold dengan mesin Bimota YB3 dua silinder, dua langkah, kesuksesan juga diraih di TT Formula 1 dengan legenda Virginio Ferrari mengendarai YB4R mengambil penghargaan Kejuaraan pada tahun 1987.

Tidak asing dengan mesin empat tak, Bimota memenangkan tidak kurang dari tujuh balapan di Kejuaraan World Superbike pertama tahun 1988 berkat Davide Tardozzi (5) dan Stephane Mertens (2). Bahkan hingga akhir tahun 2000, Bimota masih mampu meraih kemenangan balapan WorldSBK berkat mendiang Anthony Gobert yang mengendarai mesin SB8R yang menduduki podium teratas di akhir pekan balapan Phillip Island yang basah.

Untuk musim 2025, Bimota bermitra dengan Kawasaki dalam perusahaan patungan yang akan menghasilkan sasis Bimota dengan mesin Kawasaki (plus aliansi teknologi ), bersaing di WorldSBK. Tidak hanya mesin donor Ninja ZX-10RR yang sudah tidak asing lagi, namun juga banyak staf tim saat Kawasaki di-transfer ke dalam program balap Bimota yang menandai momen penting dalam perjalanan Kawasaki Racing Team setelah hampir empat dekade berkiprah di seri balap premier global sepeda motor mesin produksi yang dapat dibeli di dealer.

Menyadari tidak hanya warisan Kawasaki di balap Superbike, tetapi juga kerja sama erat dan sinergi antara pemegang saham mayoritas Bimota, Kawasaki, dan pabrikan Italia yang berbasis di Rimini, tim baru ini akan beroperasi dengan nama Bimota by Kawasaki Racing Team.

Berbicara tentang arah baru Kawasaki di WorldSBK, Presiden dan Chief Executive Officer Kawasaki Motors, Ltd. Hiroshi Ito, menyatakan: “Bimota memiliki reputasi yang patut ditiru atas keunggulannya dalam desain dan manufaktur sepeda motor. Sebagai bagian dari visi kami untuk evolusi merek terkenal di dunia ini, kami melihat balap sebagai langkah logis berikutnya baik dalam hal pengembangan produk maupun paparan merek di panggung global. Komitmen kami terhadap WorldSBK tetap kuat dan kami berharap proyek balap baru ini dapat memberikan semangat kepada para penggemar Bimota dan Kawasaki. Semangat untuk sukses balapan tetap ada dan kami menantikan kehadiran Bimota garapan Kawasaki Racing Team di grid WorldSBK 2025”.

17 COMMENTS

  1. Kawasaki ganti baju yang mau mbalapan pake motor kawasaki yang males diapdet.

    Kenapa ga apdet motor beneran aja sih kalau ada duitnya buat ngerjain beginian ckckckc

    • Beda lah, kalo GasGas n Husqvarna itu baik mesin dan sasis pake KTM. Palingan yang beda cuma part2 kecil yang jarang kelihatan atau body motor (ini kalo di ajang Motocross, Dakar Rally, atau Supercross). Kalo di ajang MotoGP mah persis semua dengan KTM baik di moto3 sampe motogp, meski di moto2 cuma numpang nama, karena pake Kalex.

  2. Iti bneran wak davide tardozzi(tanjidor) …dulu pembalap jg…ga nyangka sy wak…klo emang iya top juga sih

  3. Apa sebenarnya strategi Kawasaki kok mundur di World Superbike mulai 2025 dan malah hanya memberikan support (official engine) ke Bimota? Akankah merupakan persiapan kembali ke MotoGP? Lama-lama WSBK bisa sepi pabrikan peminat, apakah karena rule baru (2027) juga yang membuat BMW tertarik ke MotoGP?

  4. Kawasaki udah stress mikir desain bodywork ZX, makanya diserahin ke bimota

    Nantinya udah kayak redbull ft honda

  5. Ngapain malah mundur ini Kawasaki, kesannya memang ingin mengangkat brand Bimota tapi kalo brand Kawasakinya malah mundur ya aneh, yg ada bakal pd lupa tuh sm Kawasaki, udah gak ikut MotoGP mundur pula dr WSBK, walaupun Bimota by KRT tetep harusnya dibedain ky KTM sm Gas-Gas di MotoGP, sama2 RC tapi orang jadi ngeh ada brand KTM & Gas-Gas
    Lama2 ky blunder ini strategi malahan

    • ya terserah merekalah, duit duit mereka juga, toh mereka khan pengen ready to race macam Ducati V4 1000cc, jadinya kayak motor homologasi. sedangkankan kawasaki milih jalan affordable. mau yg wah beli Bimota mau beli terkjangkau ya Kawasaki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here