TMCBLOG.com – Direktur Jenderal Ducati Corse Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna merasa ada yang mubazir dalam balapan MotoGP. Ia melihat ada energi yang terbuang sia-sia saat MotoGP melakukan pengereman yang sebenarnya bisa mereka manfaatkan jika MotoGP mampu menyimpan energi tersebut semisal dengan teknologi KERS. Itu adalah salah satu hal yang ia ungkapkan kepada GPOne baru baru ini ketika ditanya pendapatnya mengenai regulasi baru 2027 dan MotoGP ke depan.

KERS

“Saya pikir sangat bodoh jika membuang sejumlah energi yang bisa dipulihkan dalam proses pengereman. Saya pikir dalam 20 atau 30 tahun mendatang, tidak mungkin sebuah kendaraan memiliki rem konvensional, karena efisiensi harus menjadi garis yang memandu kita dalam mengembangkan teknologi. Ini (KERS) adalah bagian yang mungkin bisa digabungkan nanti. Baik itu karbokeramik atau karbon, semuanya tentang pengereman tradisional, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mencapai kesepakatan.”

Jika ini kejadian, maka ada kemungkinan pula MotoGP mengikuti apa yang telah dijalankan oleh Formula 1 yakni mengarah pengembangan mesin motor ke teknologi hibrida. Mengenai hal ini Gigi Dall’Igna sepakat. “Menurut pendapat saya, sedikit hibridisasi akan menjadi sinyal positif. Tentu saja penting untuk menemukan cara untuk menekan biaya, karena teknologi ini memerlukan biaya yang besar.”

Sebelum ini Carmelo Ezpeleta sempat mengungkapkan minimal ada dua alasan kenapa mesin hybrid tidak relevan dipakai di MotoGP ” . . . bobotnya yang berat dan kedua karena kami tidak ingin memperkenalkan teknologi mahal dan rumit yang kemudian tidak akan pernah digunakan dalam produksi massal.”  begitu lah kata Carmelo pada saat itu.

Balik lagi ke Gigi, Ia tidak menafikkan bahwa saat ini handicap biaya merupakan satu hal yang paling signifikan menjadi benteng penghambat MotoGP masuk ke era mesin hybrid. Namun nggak hanya sekedar lempar wacana, ia sudah punya solusinya . .

“Ini mungkin merupakan penghambat yang menghalangi penggunaan teknologi ini, tapi bagi saya, mencoba membatasi biaya komponen-komponen ini secara keseluruhan, mungkin menemukan pemasok tunggal untuk komponen-komponen yang lebih mahal, akan menjadi elemen inovasi yang menarik bagi dunia sepeda motor.” Begitu Gigi menambahkan.

Saat ini Formula1 mengunakan dua sistem mesin pemulihan energi yakni kinetic energy recovery system (MGU-K) yang dapat memulihkan energi kinetik kendaraan yang bergerak saat pengereman dan heat energy recovery system (MGU-H) sebagai sistem yang memindahkan panas dari output proses pada suhu tinggi ke bagian lain dari proses untuk tujuan tertentu, biasanya meningkatkan efisiensi.

Kedua sistem ini bisa dibilang termasuk solusi berkelanjutan dalam motorsport karena bisa dibilang tidak menyianyiakan dinamika lain selain akselerasi dari kendaraan dan hal-hal lain yang awalnya dibuang seperti panas. Dan mungkin juga kedepannya suara untuk disimpan energinya dan digunakan kembali untuk menambah performa dari kendaraan balap. Menurutmu gimana idenya Gigi ini sob?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

19 COMMENTS

  1. Hybrid?? Yamano sudah mencetuskan di prodak mereka Yakni Faizzo

    MotoGP pabrikan ketar ketir ga? Yamano udah dari fasih soal hybrid

  2. Biasanya biaya tekhnologi makin murah kalo makin banyak dipake, ga ada salahnya kalo dicoba misalnya nanti taun ’32

  3. Serah lah yg penting ilangin itu wiwinglelet biar motogp seru lagi ga sulit buat nyalip nyalip dan sleep streaming.

  4. Stelah pemasok tunggal ecu dr italia marelli
    Mndadak pemasok tunggal hybride dr italia jg
    Ducati full senyum

  5. Saya lebih setuju Opa Ezpeleta,
    Yah kecuali perangkat hybrid tsb ga lebih besar dan berat dr Aki motor kebanyakan,

  6. sori oot,
    denger2 kubu Vinalez menerapkan modifikasi pengereman belakang, tidak lagi menggunakan Thumb Brake
    Dimana 1 Tuas kiri jadi berfungsi ganda, selain sebagai kopling, juga berfungsi sebagai rem belakang ala2 tuas rem skuter

  7. Kalo mau main batrebatrean, kasi aja batre seukuran gimmick kaya ertiga *ups

    batre kecil, yg gunanya buat boost, kaya drs nya f1, entah sistemnya cuma bole dipake sekali, atau ya terserah mereka lah wkwkw

  8. Tau mobil2 an yang maeninnya di tarik kebelakang gak? Bisa gak tuh modal ngerem bikin sistem begitu, no electricity 🤣🤣🤣

  9. ya terserah sih, gak masalah tunjukkan ide2 kalian. cuma ide2 kalian ini dulu kemana aja ketika balapan ini masih ultimate full factory spec ? ini aneh! kemana 4prilia, dimana KaTM? dimana semuanya? kenapa skrg jadi banya ide?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here