Tuesday, 24 September 2024

VLOG : Penjelasan Sistem Y-AMT ( Yamaha Automated – Manual Transmision)

TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Yamaha akhirnnya merilis Yamaha MT-09 sebagai produk pertama yang menggunakan Transmisi Jenis Y-AMT ( Yamaha Automated-Manual Transmision). Jadi Pada dasarnya yang bisa tmcblog simak adalah Y-AMT ini menawarkan experience pengoperasian dari sistem Transmisi Manual Yang baru dimana pada Model Full AT Tidak lagi menggunakan Kaki Kiri untuk memindahkan Posisi Gigi dan Tangan kiri untuk mengaktifkan Kopling. Mesinnya sendiri adalah Mesin transmisi Manual yang sama seperti yang dipakai Di Yamaha MT09 Standar.Perbedaaan fisiknya adalah Riders kini tidak memiliki Tuas kopling di handlebar kiri dan Tuas perpindahan gigi lagi standar di Footpeg kiri.

Semua Operasi Transmisi Yang ada di Girbox dilakukan dalam dua Mode  . . AT dan MT yang bisa dipilih di Tombol panel saklar Kanan. Jikapun dipilih Mode MT, Maka penggunaanya akan melakukan Perpindahan MANUAL dari Posisi gigi yang  dilaukan dengan menekan dua tombol di Panel Saklar Handlebar Kiri namun Tanpa melakukan penekananan Kopling. Kerja rapat renggang dari Plat koplingnya sendiri sebenarnya tetap terjadi namun prosesnya dilakukan Oleh elektronik Via hadirnya Motor listrik di sana.

Jika dipilih Mode AT, Proses perpindahan Transmisinya pun secara teknis di dalam mesin masih terjadi secara Manual, Namun Proses renggang-rapat Plat kopling dan perpindahan Posisi gigi semua dilakukan Full Oleh elektronik Via ahdirnya dua Motor Listrik berbeda.  . . . bisa dibilang semua proses ini dilakukan Oleh ECU Khusus Transmisi . .

Lalu ada pertanyaan, jadi apa bedannya dengan Skuter Matik CVT? bedanya adalah Sistem ini masih menghadirkan feel engine Brake Yang sama seperti Motor MT-09, Namun dengan mode pengoprasian yang jelas Jauh lebih mudah. Sebelum Y-AMT memang ada banyak mode Transmisi Manual Yang dilakukan secara otomatisasi . .

Honda pada sepeda motor DCT-nya berbeda dalam platfom Jumlah jenis Kolingnya yang ada dua jenis ( Kopling gear ganjil dan gear genap) , Model ASA baru BMW tetap menggunakan pemindah posisi gear di kaki, meskipun terhubung ke sakelar mikro, bukan penghubung roda gigi.

Honda E-Clutch Diperkirakan Jadi Alternatif Quick Shifter Masa Datang

Prototipe versi KTM memiliki kontrol perpindahan gigi yang dipasang di handle Bar dengan pengoperasian “atas” dan “bawah” yang terbalik dibandingkan dengan Yamaha. Lalu ada CB650R dan CBR650R baru yang dilengkapi E-Clutch dari Honda, yang masih memiliki Tuas pemindah gigi mekanis standar di footpeg kiri, tetapi koplingnya otomatis menggunakan dua Motor. – @tmcblog

24 COMMENTS

    • Kalau urusan desain tergantung selera masing-masing sih, saya sendiri lebih suka tampilan web old-school soalnya lebih minim distraksi.

    • Gimana ini Wak haji. Saya yang bertaun2 pakai bebek skrg ganti motor manual, merasakan sensasi mainan tuas kopling.

      Ini malah moge pada berubah kayak motor bebek transmisinya.

  1. Sempet kaget kirain salah masuk blog… ternyata ganti template ya wak? tapi emang kayanya size font nya musti dikecilin… hehe…

  2. tampilan blog jadi aneh kurang sreg, btw yamaha ini motor matic di kasih shift jadi ala manual, motor manual jadi matic

  3. Jadi inget ide skripsi dulu kala yg salah satunya mau mengautomatiskan motor bebek dgn motor step yg diatur dgn mikro kontroler, sekarang malah pabrik yg bikin utk motor sport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP