TMCBLOG.com – Balapan paruh musim MotoGP 2026 kembali menyapa lewat gelaran Grand Prix Hongaria yang bertempat di sirkuit Balaton Park. Hari Sabtu ini baru saja usai melangsungkan sesi Tissot Sprint Race sepanjang 13 lap penuh tensi, namun dengan jalan cerita yang terbilang cukup kontras dari biasanya. Jika kita sering disuguhkan drama salip-menyalip yang rapat, Sprint kali ini justru menjadi panggung unjuk kekuatan mutlak dari seorang The Baby Alien, Marc Marquez!
Marc Marquez Tak Tersentuh dari Pole Position
Memulai balapan dari posisi paling depan alias Pole Position dengan catatan waktu kualifikasi fantastis 1’36.785 , Marc Marquez yang menunggangi Ducati Lenovo Team langsung melakukan start dengan sangat bersih. Sejak lampu start padam hingga bendera finish dikibarkan setelah menempuh jarak total 52,975 km , posisi Marc Marquez benar-benar tidak terusik oleh para rivalnya.
Pesaing terkuat dan terdekatnya di balapan ini, si bocah ajaib Pedro Acosta (Red Bull KTM Factory Racing), sudah mencoba memberikan tekanan sejak awal. Namun, ritme balap (race pace) Marc yang luar biasa konsisten membuatnya perlahan tapi pasti memperlebar jarak. Puncaknya terjadi di lap ke-10, di mana gap atau jarak antara Marc Marquez dan Acosta sempat menyentuh angka yang cukup masif untuk ukuran balapan Sprint, yakni hingga 2,3 detik! Di sisa lap akhir, Marc tinggal mengontrol ritme hingga akhirnya menyentuh garis finish dengan keunggulan 1,548 detik di depan Acosta. Sebuah kemenangan mutlak yang dominan dan klinis!
Minim Dinamika, Balapan Cenderung “Adem Ayem”
Fakta menarik dari jalannya Sprint Race di Balaton Park Circuit kali ini adalah renggangnya jarak antar pebalap. Mulai dari posisi pertama hingga posisi ke-9 (zona pengumpul poin Sprint), para rider finis dengan gap yang cukup berjarak satu sama lain. Kondisi ini membuat balapan berlangsung statis dan kita jarang sekali melihat adanya dinamika fight close racing atau duel sengit antar pebalap dari lap ke lap.
Tercatat hanya ada dua momen fight signifikan yang sempat menghangatkan suasana sirkuit. Pertama adalah duel perebutan posisi di awal-awal balapan antara Marco Bezzecchi dan Fermin Aldeguer. Kedua, tensi balapan baru sedikit naik kembali menjelang akhir-akhir balapan saat terjadi aksi saling serang antara sang juara bertahan Francesco “Pecco” Bagnaia melawan Fabio Di Giannantonio untuk memperebutkan poin terakhir.
Hasil Akhir Sprint & Perolehan Poin Top 9
Berikut adalah klasifikasi resmi 9 pebalap terdepan yang berhak membawa pulang poin di sesi Tissot Sprint GP Hongaria 2026:
-
Marc Marquez (Ducati Lenovo Team) – 12 Poin
-
Pedro Acosta (Red Bull KTM Factory Racing) – 9 Poin
-
Marco Bezzecchi (Aprilia Racing) – 7 Poin
-
Raul Fernandez (Trackhouse MotoGP Team) – 6 Poin
-
Fermin Aldeguer (Gresini Racing MotoGP) – 5 Poin
-
Jorge Martin (Aprilia Racing) – 4 Poin
-
Diogo Moreira (LCR Honda) – 3 Poin
-
Enea Bastianini (Red Bull KTM Tech3) – 2 Poin
-
Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) – 1 Poin
Kondisi Klasemen Pasca Sprint Hongaria 2026
Meskipun hanya finis di posisi ketiga pada balapan Sprint kali ini, posisi Marco Bezzecchi di puncak klasemen sementara kejuaraan dunia MotoGP 2026 masih terbilang sangat aman. Pebalap andalan Aprilia Racing tersebut kini mengoleksi total 180 poin.
Bezzecchi masih unggul cukup jauh dengan margin 20 poin dari pesaing terdekatnya, Jorge Martin yang berada di peringkat kedua (P2) dengan raihan 160 poin. Sementara itu, Fabio Di Giannantonio membuntuti di posisi keempat (P4) klasemen dunia dengan perolehan 134 poin.
Lalu, bagaimana dengan sang pemenang Sprint kita? Tambahan 12 poin penuh dari kemenangan ini membuat Marc Marquez kini berada di peringkat ketujuh (P7) klasemen dengan total mengemas 83 poin. Jumlah poin Marc ini sebenarnya kembar dengan perolehan poin rekan setimnya, Pecco Bagnaia, yang juga mengoleksi 83 poin. Meskipun performanya di Balaton Park ini sangat luar biasa, Marc masih memiliki defisit atau jarak sejauh 97 poin di belakang sang pemuncak klasemen, Marco Bezzecchi.
Apakah dominasi Marc Marquez dari posisi Pole Position ini akan kembali berlanjut di balapan utama (Main Race) esok hari? Ataukah para rival seperti Acosta, Bezzecchi, dan Martin sudah menemukan ramuan setup terbaik untuk melakukan counter-attack? Mari kita tunggu analisisnya bersama esok hari. Silakan dikunyah-kunyah infonya dan sampaikan opini kalian di kolom komentar ya sob!
Taufik of BuitenZorg | @tmcblog






SOPO buanter
Congrats marc atas podium 1 di sprint
Btw ini kok ya pas men, balaton dan monaco di minggu yg sama, bakalan jadi dua balapan kasta tertinggi yang membosankan 😀
Moreira malah selalu gacor ketika paman zarco cuti.
Layak juara slamat ya sembilan tiga. Ente lyk dpt piala di sirkuit yg mboseni minim overtake ini eh. Tp tikungan s itu besok minggu psti byk makan korban. Ayahab tuh
Seperti yg sudah ane duga, si engine premature menyesuaikan ego nya kepala sekolah😁,abies di SP,yang ngeride sunmori lah
Marc ketika ditanya peluangnya di Balaton Park; no chance, kalo saya menang berarti pembalap lain tidak melakukannya dgn benar.. emang udah seharusnya jangan percaya Marc mode gak pake helm..
Lama ga liat ducita cup wkkakaka
Susah nyalip di sirkuit ini yak,kalo terlalu dekat takut ada efek vakum dirty air yg bikin oleng/nyelonong
Fermin yg nempel marcobez susah untuk menyalip
Hoaahemmmm
Ngantuk mas pur? Gara2 ngurusin fiskal? Eh ini mas purbaya menteri itu bukan?