Melihat bagian kemudi moge-moge, ada sedikit pertanyaan bagi saya. Kok di handle kiri ada semacam reservoar mirip Reservoar Minyak rem depan (master rem)? Apakah itu adalah Reservoar Rem belakang? Ternyata itu adalah Reservoar oli/minyak Kopling Hidrolik !! Wah Informasi Baru Nih bagi saya (telad 🙁 ). Cek kesana sini, salah satu Blogger yang membahasnya untuk motor kesil adalah Aji saka. Umumnya motor di Indonesia menggunakan tipe Kopling Kabel, Yaitu menggunakan Kabel sebagai koneksi Tuas Kopling dengan Gearbox. Nah Kopling hidrolik menggunakan keunggulan Tenaga Hidrolis untuk menekan pegas Kopling sehingga Pelat Kopling terbebas dari jepitan pelat tekan di gearbox.

Cara kerjanya Mirip banget sama cara kerja Rem cakram depan. Kalo di rem kita kenal master rem  . . . disini dinamakan master kopling. Pada saat kita menakan tuas kopling, maka minyak kopling akan tertekan melalui selang kopling menuju benda yang dinamakan silinder kopling, isi dan cara kerja dari silinder kopling ini dasarnya sama saja dengan kepala babi/kaliper pada rem depan yaitu mengubah energi hidrolis menjadi energi mekanik.Energi ini Jika pada rem digunakan untuk merapatkan kampas rem, maka di kopling hidrolis digunakan untuk menggerakkan pegas kopling.

Senin lalu saya sempat datang ke workshop B&S di daerah Beji Depok dan melihat satu Unit Ninja 250R dan beberapa Unit Thunder 250 yang telah dipasangi Fitur Kopling hidrolik (hydrolic Cluth). Bagian Tuas, master, dan selang kopling bisa diambil dari limbah moge. sedangkan bagian Silinder kopling B&S membuat sendiri bro !! pateeeennn 🙂 Silinder kopling dibuat dengan cara mengecor sendiri. Silahkan bro lihat sendiri gambarnya, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

🙄 Perhatikan silinder pegas kopling made by B&S depok

🙄 diaplikasikan juga ke Thunder 250 Road racenya B&S

🙄 kira-kira gambaran part dalemanya kayak gini nih

1 COMMENT

  1. Setelah saya amati, Lanjoetan artikel kemaren coz layar hp gw gak moeat (makloem hp jadoel).. Hehehe..

    @nick
    CBS br 128km coz motor ada 3, gw pake sendiri gonta -ganti.. 😀

    @hiu penjelajah
    Smtr se7 aje ma ente (coz takut di gigit gigi ente yg jajem.. 😛 ).. Emang bnr c tiap motor ada jasa ato moment’a klo geto jual tanah aje ye bwt bli moge..xixixi.. FB gw gak pny, takut banyak fans cwe kyk waktu gw chatfreak.. B-)

    Guest
  2. Mungkinkah pabrikan di indonesia menerapkan sistem kopling seperti ini? ^^
    Kira2 brp budgetnya y mas kl mau bkin kopling hidrolik kaya gini???

    Guest
  3. Kopling hidrolik temtunya meminimalisir tenaga untuk meneka tuas kopling, jadi uwenteng…
    apalagi masalah kopling keras pada motor 200 cc yang harganya 25 juta itu bisa di akali biar gak putus terus kabel koplingnya….
    mudah2n ada yang nyadar dan kebakar….

    Guest
  4. setelah saya amati, kopling motor yamaha yg gw pake enteng bgt, serasa menarik tuas rem cakram aje (IMHO),
    emangnye ade motor yg koplingnye agak berat ye?

    Guest
  5. @N745
    Menurut s . . .sistem ini bisa diaplikasikan kemotor apa saja mas

    @Apdri
    betul bro seperti di mobil

    @Lekdjie
    menurut yang sudah pake sih . .. kopling tidak keras, entengnya mirip seprti kita nekan tuas rem cakram

    @maskur
    cara kerjanya, seperti yang sya sebut diatas mas, mirip banget sama rem cakram hidrolik. cuma b eda nya bila remcakram untuk merapatkan kampas rem . .. maka kopling hidrolik digumakan untuk menarik kopling

    @Jump bull
    kalo untuk modifikasi sendiri2 saya belum nanyain deh bujetnya . .
    tapi kalo untuk keperluan produksi massal..harusnya bisa terjangkau

    Administrator
  6. @pengamat
    kasiaan deh loe wkwkw

    Bukannya kopling keras ato empuk tergantung nyetel bautnya?
    cmiiw ga pnh punya mtr koplingan

    Guest
  7. @ 14. Pengamat. Jadi anak tiri lagi ya? 🙂
    Aku gak punya moge, gak punya motor batangan. baca2 saja untuk nambah ilmu.

    Guest
  8. setelah saya amati..

    @brotopik
    Cieeee.. Kura-kura dlm perahu nih ye.. Xixixixi.. 🙂

    @nick
    Setelan kopling yg gw tau tuh bwt akselerasi aje.. Bukan 1/2, 1/3 ato 1/4 tergantung selera kita (IMHO)..

    @Hadi
    Ya getu deh boz.. Anak tiri sering INGAT-INGAT LUPA.. Hehehehe (KUBURAAAAAN, takyut)

    Guest
  9. @kang taufik
    Hehehe,Lha wong fungsi kopling aja, walopun sudah tau teorinya, sudah tau makenya, tetep belum punya bayangan cara kerjanya di dalam mesin tuh kayak apa.
    Kalo menurut bayanganku:”kopling itu untuk melepaskan sementara, hubungan antar roda gigi di dalam gearbox, agar bisa digeser kombinasi gearnya,alias pindah gigi.”
    Betul gak?
    Kalo misal kendaraan yang gak pake gearbox alias dari gigi sentrik diteruskan ke penggerak roda,itu gak perlu kopling kan.
    Mirip sepeda tanpa presneling itu.
    Betul gak?
    Lha kalo matic tuh pake kopling aja tidak?
    Liat yamaha lexam yg bak koplingnya dipake buat cvt,berarti gak pake kopling dong?
    Padahal ada gearboxnya.
    BINGUNG AKU?

    Guest
  10. ih ih yg sbelah panas lgs ganti topik mas taufiknya…hahaha

    keunggulan n kekurangan hidrolik dibanding kopling kabel apa mas?
    tlg dibahas jg donk persneling hidrolik di motogp, yg skrg dilarang itu loh

    Guest
  11. @pengamat
    kopling enteng brarti pernya agak lemah.. wkwk
    dan sebaliknya.. tp pegas keras beresiko patah

    kelebihan hidrolik bisa pake pegas sekeras mungkin dong.. (optimal)
    trus jalur slang yg masuk ke blok, bs langsung di lubang kabel kopling lama?
    sperti pertanyaan di atas jg, bisa diadjust gak?

    Guest
  12. @Pengamat
    wkwkwkwk…dalem banget xixixiixxi :mrgreen:

    @maskur
    betul sampeyan mengenai ini : Kalo menurut bayanganku:”kopling itu untuk melepaskan sementara, hubungan antar roda gigi di dalam gearbox, agar bisa digeser kombinasi gearnya,alias pindah gigi.

    ..mungkin lebih pasnya melepaskan pelat2 kopling

    nah peranti hidrolik yang dibahas di artikel ini nggak sampai masuk ke area dalam gearbox !! Tapi cukup selesai sampai ke tuas pengungkit kopling (silinder pegas kopling) saja mas 🙂 -> lihat gb ini :

    Administrator
  13. Setelah saya amati

    @brotopik
    Dalem? Sumur kalleee.. Xixixi.. 😀

    @nimorate
    Per lemah gpp asal jangan lemah syahwat.. Wkwkwkwk.. Kopling enteng bikin jari n lengan gak pegel klo kopling keras tgn jd cpt lelah mending ikut fitness sekalian.. 😛

    Guest
  14. @madix
    suwerr..blom tahu 😀
    waktu kesana pak wawan juragan BnS nya lagi pergih

    @Ardhi
    belom ada rencana mas . . .mo benerin kiprok si guntur dulu 🙂

    @pengamat
    per kopling keras adalah alternatif fitness xixixixixi

    Administrator
  15. Jenis seperti ini hanya di pasang pada moge,yang identik dengan harga mewah, dan kesan yang esklusif. Apa ngga karena kopling hidrolik punya kesan yg esklusif.
    Secara fungsional, apa keunggulan kopling hidrolik dari pada kopling yg kabel. Trims bro taufik.

    Guest
  16. @ Pengamat…
    bhuahahaaaaa….. anak tiri, lha ibu tirinya yang mana pasti TYAS SE yah.. haxhaxhax….
    Pengamat = Anak Tiri…
    Mario Devan = Anak Bawang…
    Nick 69 = anak Jalanan orang tianya Trotoar ama Boulevard… heheheeee.. piss nick…

    *bro Pengamat untuk komen no 11,..
    ada tuh yang udah aku tulis di atas sampai putus dua kali… pengalaman mode: on…. heheheheeee….

    Guest
  17. @anduk dan semua yg nanyain keunggulan

    saya belom dapet data2 nya tapi kemungkinan alasannya sama dengan alasan perpindahan sistem kabel pada rem cakram depan menjadi sistem hidrolik . . . agar tidak terlalu keras, meminimalisasi kemungkinan kabel putus, mempermudah perawatan (apa lagi ini gak perlu ganti kampas rem) cuma ganti kampas kupling kali yeee

    emang sih secara cost sepertinya lebih mahal . . . tapi kalo pasngnya paten, pemakaianannya hampir free maintenance cmiiw 🙂

    kayaknya sih masih kurang lengkap jawabannya . .. so silahkan tambahiiinnn he he he he

    Administrator
  18. Sama aja pakek hidrolik apa kabel kalo motornya tetep ionnya sewu siji, tetep aja selip, gak enak, pokoknya hidrolik pakek motor y;; tuetep oot mode on
    kakakaka, burrrrrrn

    Guest
  19. setelah saya amati

    @brotopik
    Alternatife fitness ye? Wkwkwkwk.. Gw sih mending byr iuran blnan 100rb.. 😛

    @1001
    Motor ape tuh yg kopling’a keras n putus 2x.. Hehehe .. Waah mulai masang geretan, awas jgn dkt2 petasan.. :$ (gw mesti minggir neh, takut kena ledakan petasan)

    Guest
  20. *Nambahin

    menurutku,keunggulannya jd tampak keren..coz ada reservoar oilna diatas stang

    @1001
    Wkakakak
    jangan bw kapal tanker oiy..danger..
    Untung bukan BeAT :mrgreen:

    Guest
  21. yang jelas ndak akan ada lagi kabel kopling putus. ( curhat mode = on )

    kalau budgetnya masuk akal boleh juga tuh di pasang.

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  22. Bisa baguus enak kok, asal jangan dipakek di vixienya sewu siji atau produk y”’ yang lain, tetep aja oot, burrn mode on

    Guest
  23. kebetulan banget neh mas artikel kali ini, semalem ketemu motor yg pake system kopling hydrolik pas lagi cuci motor..hehehe…cara pasangnya jg sama yg mas taufik ulas di artikel ini…waktu saya tanya ongkos pasangnya berikut part2nya sekitar 900-1jtan,kata yg punya motor “tergantung dari master koplingnya mau yg variasi abal2 ato variasi yg bagus spt KTC buat motor matic,nah untuk master dibagian koplingnya pake parts master rem belakang bisa pake mocin punya buat lebih murah.kl mo bagus y beli yg ori aja diSuzuki yg buat satria Fu ato Honda yg buat supra x125.kalo pake yg bagus yah ga mungkin 1jtan bisa lebih mas,hehehe”

    ohya motornya New Tiger Revo.

    Guest
  24. Bicara tentang kopling motor, mau tanya asal mula/kenapa motor yang pakai kopling urutannya satu kebawah,naik keatas netral,naik ke atas lagi gigi 2,3,4,dst.
    Ada yang tahu kenapa konfigurasinya spt itu?

    Guest
  25. @all
    Kopling CS1 saya enteng banget tuhh…
    Jadi gak pegel meski cuman jalan² dalam kota
    Jadi belum perlu untuk ganti yang hidrolik dong

    héhé…

    Guest
  26. @Edwin
    bebek juga sebenarnya pake kopling . . .tapi koplingnya otomatis, jadi gak usah bejek tuas kopling
    mengenai konfigurasinya . . . sy gak tau he he he he

    Administrator
  27. Permisi…numpang lewat…
    Kalo motor laki, kopling dirubah kayak motor bebek bisa ga ya? pegel eui…, kalo dikemacetan, harus tarik-lepas kopling terus…

    Guest
  28. @dan! Ramad!an
    Eh bro kmaren Q prnah coba cs1. Pas waktu oper g!g! 1 ke 2 kok dapetnya netral padahal Q udah gaya balap b!asa tanpa kendorin gas langsung teken koplin operg!g! Gaya drag race. He he he klaw cs1 kmu sma gak dan…!

    Guest
  29. @ nyang punya blog. Lha ini giliran mas taufiknya yang agak linklunk, tu kyknya komennya salah sasaran deh, pusing ya mas blognya dibakar mulu

    Guest
  30. @51 Moy
    Lho kan memang CS1 dari satu ke gigi dua,
    melewati netral dulu (gitu jg yg konfigurasi
    1-N-2-3-4-5). Lha memang enteng dan
    mudah sekali CS1 ini untuk ke Netral. Jadi
    kalo turun dari 2 ke 1, hanya dengan sedikit
    sentuhan, mgkn “cuman masuk” di netral.
    Gitu juga kalo dari 1 ke 2, dgn sedikit sentu-
    han mgkn cuma ke netral. Bukan ke 2.

    Bdw, bener² gak bikin capék-kan kopling CS1
    punya kamu? Ato msh nyoba pux temen? 🙂

    *Biar ttp nyambung ma artikel…

    Guest
  31. dani
    sejak kapan ente pake cesewan?…tpi serius mang entang bgt, punya gw jg…klo merk lain ga tau..bis mx gw g da koplingnya..jad lbh enteng tangan neeeh…wakakakaka..gda maksud bakar2an aaah.

    Guest
  32. @55 ashley
    Ada aja lah bro…
    Cuman nggak diekspos di FB aja, jd tmn² nggak tw.
    Lagian ada brp-pun motornya jg tdk u dipamer²in.
    Lagian motor ini kan banyak dicaci maki sama orang,
    meski aq sayang banget….
    Héhé

    @57 fraziel
    Jiahhhh….mbuka front sama aq yak???
    Tetep kok Ziel….gak mungkin bisa naikin semuanya
    bareng². Pastinya gantian…
    héhé…

    *”naikin” istri jg gantian kok, bila punya lbh dr satu
    wakakakaka….

    Guest
  33. @60
    bagusan gsr 250 ato fazer
    masa motor pekgo? hahahahahhah
    no offense, tp pekgo cc boringggggggggggggggggggggg
    piss 🙂

    Guest
  34. Mas Taufik,
    klo kopling kabel itu bekerja “menarik” tuas kopling klo handle kopling ditekan..

    klo kopling hidrolik itu mirip rem cakram yg menggantikan bagian kabel/kawat kopling berarti “mendorong” dong klo handle kopling ditekan?

    (musti ada pembalik alur kerja dong.. mengubah “mendorong” menjadi “menarik” tuas kopling di blok mesin di bagian bawah..)

    CMIIW ??

    Guest
  35. @dan! Ramad!an
    lumayan. lah tp! Coalnya Q hb! Trek2an d! Pantura !ndramayu jd! Klw dr! G!2 stu ke g!2 dua gak langsung kyak v ixion n rx k!ng satr!a f atw sjen!snya klaw cs1 netralnya mudah bgt jd! Susah deh utk trek2an g!tu tp! Lumayan kok untuk ukuran 125 5 speed…! Dan Kpan2 klaw lewat !ndramayu gw ajak jlan2 deh..!

    Guest
  36. @pengamat
    klaw gue pr!bad! C!h p!l!h v!x! Real !nject!on bro, syang cma 5 speed gak seru…! Tp! Lmayan lah tp! Klaw meg! Bru wlawpun td! Sempt mamp!r d! Det!k tap! !tu mc!h tetp bkan meg! Ahm !tu UN!CORM !nd!a.

    Guest
  37. @62 Moy
    Hê’êh bro…thanks jg, mw ngajakin jalan²
    di Indramayu…
    Tapi kok adoh banget ya???
    Kpn bisa main kesana???

    🙁

    Guest
  38. akal2an gitu apa nggak takut jebol yak? kalo hidrolik kan fungsinya menekan, kalo kabel kan menarik?? balikinnya gimana yah?
    Saya juga baru tahu setelah punya motornya.. yang jelas ga boleh sampe ada anginnya / ngempos… ngga bisa ngoper gigi..

    Guest
  39. @ elektra
    Cbr ckd jd! D! R!l!s tap! Cbr hnya d! Jd!’n snjata kedua klaw un!corm udah d!l!bas hab!s2an sama byson. baru dech cbr ahm d! Kluar!n. Mnurut perk!ra’an Q c!h smester ke 2…!
    @ dan!
    2 thun yang akan datang he he coz ckrank Q mw krja d luar negr! Dlu cr! Uang buat bl! Next generat!on of rx k!ng ng!mp! Mode on smoga aja b!sa nya!ng!n n!nja 250 dnan dohc 2 c!l!ndernya..! Ma’af om tauf!k numpang curhat.

    Guest
  40. setelah saya amati, kmtr gw bwt @61 mana y? Nyangkut diawankah? Ato ketabrak jet tempur yg lewatkah? Ato kena sibibir merah merekahkah?

    Guest
  41. ^pengamat
    itu neo megipret beneran unicrom ato cuma gambar yg ditempel aja (soalnya belom ada tulisan yg nyebut beneran itu khan?)

    cari di Forum sebelah ahhh..

    Guest
  42. Tq bro taufik..

    @ 67. Sumbernya drimana bisa bilang gitu, cBr ckd jdi senjata kedua, trz di semester 2 taun ini, apa taun 2011,apa taun depan’a lagi. .hehe..

    Guest
  43. tak tinggal suwe malah sempet bakar2an ning artikel sing ndisik jebul tangkerku gak njeblog to,… ah.. wis mulai adem ayo siap diobong neh ora ki….
    * tadi ada yang nandingin new megypret ama Vixy facelift yah… keknya susah kecuali megy pake rear disck mungkin bisa jadi nilai plus, klo gak ya tetep aja buat kelaut… tul gak bro Dani R. heheheheheeee….

    Guest
  44. setelah saya amati.. Bekasi banjir, CBS gw bs berenang gak ye? Klo tw banjir td pg gw bawa scorpio aje, selaen tinggi, kopling’a uenteeeng.. Meski Banjir selutut sikaaaaat maaaaaaang…

    Guest
  45. @ ANDUK klaw !tu ku ngamb!l kes!mpulan dr! Det!k oto, oh ya skedar tuk ngs!h tw new megapro turun dr! 160 menjad! 150 menurut pndapat saya mana mungk!n ahm nurun!n meg! Menjad! 150 sama sja jd! Bhan ejekan b!ker2. menurut saya megapro akan d! Bekal! Mes!n yang cukup tangguh d! Kelas 150cc untuk nya!ng!n v!x! Facel!ft next byson N next thunder 150. Klaw kmaren menggunakan speek down t!ger dngan 160cc. Skarang kmungk!nan untuk bertarung d! Kelas 150cc megapro akan menggendong mes!n ad!knya ya ya s!apa lg! Klaw bkan honda cs1 yang menjad! Raja d! Kelas 125cc mes!n son!c !n! D!aku! Kencang dan efes!en klaw v !x!on ngamb!l bas!s dr! Jup!ter mx dngan menambahkan !nject!on dan 5 speed sh!ngga menjad! Shebat skarang…! Ya klaw megapro menurut pred!ks! Saya akan membore up cs1 menjad! 150cc. Klw cbr 150 ckd d! Past!kan akan menggunakan spek mes!n DOHC. Dan tdak ada perbeda’an dngan cbr bu!d up ckarank…! Kmungk!nan cbr ckd antara bulan jun!-agustus 2010 nunggu!n scorp!o face l!ft…! G!tu kyaknya s!h tp! !tu menurut Q aduh2 lma2 jar!ku pda pegel juga n!h ya udah seg!tu dlu yah..! Salam b!kers by MOY !SLAMAN!C MUHAMMAD

    Guest
  46. @stoner
    ya pak . .. sama aja dengan model rem hidrolik . .. gak boleh ‘masuk angin’ itu selang rem xixixixixi
    * kerokan mode : On

    @utu
    BnS emang workshopnya mas Sapto 🙂

    @Mas Dani Thks for the link

    @Pengamat
    Si guntur ku masih SOHC tuh xixixixixixi, tapi karena baru ngangkat jadi emang belom bosenin xixixixixixi

    Administrator
  47. @Agung
    kalau menurut saya, efek terhadap performa bukanlah tujuan primernya, karena performa lebih disebabkan karena efek lain seperti ergonomis, racikan mesin dll . .. kopling hidrolik lebih sebagai sarana pembantu agar rider lebih pede dan terbantu dalam hal bejek tuas kopling cmiiw

    Administrator
  48. setelah saya amati.. Waaah artikel kmrn dah tembus 299, 1 lg tembus 300.. syg gw gk bs ikut partysisapi.. Slmt ye bro..

    Guest
  49. @MOY

    O0o0h gt to bro. . Ydh lo agustus senjata Ahm itu keluar. .

    Ya qt tnggu aja deh kehadiran new meggi di jalanan,sypa tw temen clamitan jd ikut ikutan beli, y lumayan bisa nyobain jadinya. Bisa ngerasain mesin’a..tp knp gx pke rear disc break y. .
    Brumb brumb. .

    Guest
  50. Artikelnya skarang full komentar nih pak fik,
    Hpku kadang susah buka..
    Pake hp lwt opmin gak bisa bwt komen diatas 145…pulsanya juga tambah menggigit..
    🙁

    Guest
  51. @ anduk ! Dont know because saya bukan yang ngeb!k!n. klaw sya yang b!k!n Motor saya pasang!n turbo n! Motor. He he he
    @ n!ck69 Bener bro td! D! Blog mas 3 udh 106 udh gk b!sa most!ng gagal trus…!

    Guest
  52. Salam Biker’s,

    saya salah satu yg sudah pakai kopling hidroliknya B&S, sebulan yg lalu saya bw touring Jawa-Madura-Bali-Lombok (P/P), tidak ada keluhan & memang jauh lebih enteng, semua motor bs pakai kopling tsb & yg pasti tdk cape kl macet

    semoga bermanfaat

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here