Si Pinky, Honda vario yang saya miliki adalah Honda Vario generasi pertama, berwarna Pink dan sempat ikutan terkena recall anchor pin dulu di akhir tahun 2006. 6 bulan terakhir, saya jarang menggunakan motor ini ke kantor, ia lebih sering dijadikan kendaraan oprasional istri saya, ya buat ke pasar, kerumah neneknya anak-anak, ke sekolah, ngaji . . . kegiatan khas ibu-ibu rumah tangga. Motor ini nggak pernah di utak-atik dapur pacunya, Olinya masih menggunakan Oli rekomendasi pabrikan, menggunakan ban tubeless, dan masih setia menggunakan Console Box GIVI E350 . . . nah Pada Tanggal 5 maret saya kembali mengetes konsumsi BBM nya setelah 3 tahun mengaaspal

Pagi itu saya isi tangki BBM dengan si Pinky Premium Oktan 88  sampai menjelang luber di SPBU daerah karadenan, ciluar, bogor . . . jepret odometer . . .menunjukan 20.008,9 km. Motor saya pakai dengan Normal dengan keadaan Lampu utama menyala dan Box bagasi full Load ransel berisi bekel makan siang, peralatan kantor dan netbook. Saat perginya sempat bertemu Mas Nadhi untuk mengantarkan selusin Kaos Koboi Miliknya. Di kantor Depok hanya saya pakai ke masjid untuk sholat Jumat, lalu Sorenya Pulang ke Bogor melalui Jalan Raya Bogor dengan kecepatan Normal maksimum 65 km/jam . . . sampai di SPBU di daerah Jalan Soleh iskandar, jarum penunjuk bensin hanya turun 1,5 bar saja !!  isi premium lagi sampai hampir luber dapet 1,2 Liter, rogoh kocek Rp 5.500 . . . Jepret Odometer diperoleh catatan 20.065,4 km

🙄 posisi odometer awal

🙄 posisi odometer akhir

Sehingga diperoleh total perjalanan sejauh 56,5 km yang menghabiskan bensin premium sebanyak 1,2 liter . . . atau secara matematika diperoleh rata-rata  konsumsi bbm si Pinky sebanyak 47,08 kilometer per liter bensin premium oktan 88.

Pada pengujian tanggal 30 Juni 2008 dahulu diperoleh nilai 45,67 kilometer perliter premium, yang di pertajam sampai 47,82 Kilometer perliter pada artikel pengujian tanggal 24 Juli 2008 dan pada pengujian  menggunakan Pertamax pada artikel tanggal 5 desember 2008 menghasilkan nilai 49,8 Kilometer per liter . . .berarti secara mileage motor ini nggak jauh berubah ya 🙂 Note : tidak ada maksut apapun dalam artikel ini, sekedar share aja dan mudah-mudahan akan saya lakukan pada motor-motor lainnya, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. warnanya sama ama si virnie…..hehehe cuma virnie shok belakang dah mati…. gak enak banget lewatin polisi tidur…. irit maknyus …..

    ngehehehex bletax…. rrruuummm…. (merdunya) hahahaa

    Guest
  2. @mas taufik
    ndak tau yg buat sapa. dari kaskuser yg gila pertamaxx kayak saya 😆

    berarti kalo pake pertamax jadi tambah irit ya mas? cuma secara keuangan tidak.

    Guest
  3. Oo… Wajar saja mas Taufik. Motor matik merek apapun, kalau dibawa secara normal2 saja. Irit juga koq. Apalagi motor pinky jarang dipakai untuk hal2 yang berat n perjalanan jauh.
    Dari pengalaman saya selama ini. Umumnya matik akan boros, kalau sering dibawa ngebut, membawa beban yang berlebihan, kondisi jalan yang macet yang memaksakan dibawa “stop n go” dan perjalanan naik turun bukit.
    Contoh kasus : sebulan yang lalu, adik saya touring dari Jakarta ke Sukabum PPi. Mereka sengaja membawa motor dibawah kecepatan 60 km/jam. Ternyata motor mio soul adek saya pun bisa lebih irit dibandingkan dengan supra 125 milik temen adik saya lo.
    Mengenai konsumsi BBMnya, nanti saya coba tanyakan lagi ke adik saya.
    Sekedar share aja, koq mas Taufik. Hehehhehehehehe

    Guest
  4. @Kang maskur

    iki beneran je . . .lagi pula yang 73 KPL kan bukan vario

    * Jangan Kau Samakan – Kirey *

    @ayanami
    nanti ta’ pinjam Mio adiku (mio ku dulu) mau aku uji konsumsi bensinya juga ahh dengan stail gaya berkendara ku . . .

    *Penasaran – Rhoma Irama *

    Administrator
  5. weis..mantap bener iritnya…honda memang jagonya irit…
    tapi emang bener si om, vario adik gw juga keluaran 2006
    ya kira2 1/45-1/50 itu kecepatan ga pernah lebih dari 70 km/j

    jadi ga mungkin kan bedanya cuma sesendok doang dengan miong 😛
    dasar komeng…. 🙂

    Guest
  6. honda memang rajanya irit ….
    pa lg mongtorqu supra 100 cc ….
    wuih …
    irit pooouuul…
    kadang mpe lupa isi bensin kapan …
    tp …
    getar body gak safty di telinga …
    utak-utek sana sini sembuh …
    tp gak lama kambuh lg full musiknya …
    hiks …hiks ….hiks …

    Guest
  7. @Mas Taufik,
    wah kayaknya perlu juga tuh ngetes konsumsi bbm mionya. gw percaya kok klo yg ngetes Mas Taufik lebih obyektif. Ditunggu hasilnya Mas….

    Guest
  8. Walah…motore kok pdo irit2 yo…
    lha mioku..seng 07 kepake 15km perhari di isi 5 rb dapet 2 hari…
    tpi yg punya biniku 010 dgn jarak tempuh yg sama bisa 3 hari….mungkin karna usia dah tuwir kali ya…

    Guest
  9. Wah kok bisa irit mas taufik.. aku pake vario cm dapet 1:25 an pake pertamax… Gak jauh beda sm scorpio… Begitu juga blade yang katanya irit cuma dapet 1:33…

    Guest
  10. @au_ah
    nanti ya . . .ta’ pinjem dulu Mio adiku

    @kidz
    maroon dah pernah di test tuh bro . . .ubek2 aja artikele 🙂

    @crossplanecrank
    beda cara bawa/riding kayaknya mas

    @Zacky
    dulu aku juga dah pernah test Si denoq yang jebolan 91 . . .dimana tapi yah nyimpennya

    *ngubek2

    Administrator
  11. @Mas taufik
    Iya kali ya ditambah bobot saya yang 95 kg mungkin 😀 Tapi kalo pake motor yang cc agak gedhe an malah jadi gak terlalu boros. ex:scorpio konsumsinya sama kayak bawa vario, ninja 250 sekitar 1:20-23…

    Guest
  12. Masalah irit ato borosnya motor apapun mereknya, faktor rider punya andil yg cukup besar…
    Mau pake bebek honda 100cc pun klo makenya sering buka tutup gas, sering stop and go, sering pelintir gas RPM tinggi, mgkn bisa sama borosnya dgn make mio secara normal.
    Jadi klo mau irit pahami dulu yg namanya eco riding… Dengan teknik eco riding, semua motor bs jd irit…

    Btw mas taufik, klo mmg belum pernah ada artikel eco riding, tolong ulas eco riding dong…

    Guest
  13. Kl varioku (lahiran des 07) aku pk ke ktr yg jaraknya krg lbh 33km dr rmh, tiap 3 kali jln isi 10rb (2,2lt) premium. Dari awal beli smp skr konsumsi BBMnya sama saja.
    Cm dr km 4rb-28rb pk olinya Amsoil, skr olinya MPX. Kondisi mesin full std. Kecepatan wkt dipk antara 50-80kpj.

    Kl yg supra 100 thn 2002, konsumsi BBMnya krg lbh 1:60, mesin std (blm ovr size), kecepatan wkt dipk sama 50-80kpj.
    🙂

    Guest
  14. Vario emang irit… Motor Vario ’07 gw, paling boros 1:38. Itu jg dah full Box 45liter, lewatin daerah macet terus. BBM pake Premium aja…

    Guest
  15. Heemm… Tes tes.. Adikku beli Abs revo, sblum dipake harian dititp ditempatku, buat kerja dia bwa motorku mx dia ngeluh katanya boros, dari daerah tanjung kait ke slipi ( pergi, pulang, pergi, stengah pulang) mx minta digajok pertamax 16rb, begitu ganti Abs reva dgn perjalan yg sama, revo minta jatah premium 12rbu,
    Aku pikir mx ga terlalu boros tow..?

    Guest
  16. Generasi Gl jgn dilupakan cuy, kyk gl max yg ktny tu mtor irit bner utk ukrn mtr laki, mgkn jg dgn bbek. Pnsaran pgn tes jga. 🙂

    Guest
  17. Pernah punya pengalaman, pas lagi touring k’bandung dari bekasi. Kita semua berempat dengan menunggangi motor masing2, tanpa ada load berlebih, (palingan cuma tas ransel buat baju ganti), Ada Mio, Jupiter Z, Legenda, ama motor gw HSX125 tahun 2007.
    Kita berangkat waktu itu lewat purwakarta, dan pulang liwat Jatiluhur. Kecepatan rata2 105 kpj. Diantara keempat motor tsb yang paling jarang isi bensin :
    1. Legenda, cuma 3x. Pas berangkat, sama pas nyampe bekasi…
    2. Jupiter Z, 6x
    3. HSX125, 6x
    4. Mio, 7-8x

    Guest
  18. cs 1 ku pke pertamax dgn gaya riding yg seenak udel ny cm dpt 1;45 km an..
    ga tau dha klo riding ny nyantai dgn kecepatan max 70 km an mngkn dpt 50 km an lbh dkit..

    Guest
  19. @Dugal ngupoyo

    cs 1 tetanggamu ga suka main antara 65/70 kmpj.!
    pasti antara 80sampai 110 kmpj!..makanya cuma dapat 32 km /1 L
    setau ku cs 1 di kisaran 65/70 kmpj dapat 40/42 km /1 L

    cs 1 ku udah ga suci bro dan ga di terima di bengkel resmi..

    wakakakakakakakak..

    Guest
  20. Dari testimoni2 blog,forum,milis berarti memang beda2 hasilnya. Komparasipun bisa unggul A di koran x. Unggul B di tabloid Y. Imbang A n B di bengkel z.Tergantung yang make. Tergantung setelan motor.
    Berarti iklan tidak bisa dipercaya
    **Mana Kupercaya – Hana Pertiwi*

    Guest
  21. riding style sangat dominan dalam menentukan mileage ( kalau untuk motor jenis carbu non vakum ) tapi untuk motor yang carbunya non vakum mau pelan, mau betot mileage sama.

    @mas Taufik
    vario kalo ndak salah kompresinya 10,5:1 pake pertamax tuh mestinya :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  22. ealah salah
    karbu vakum maksutku , mau betot mau pelan konsumsi bbm nya sama aja. .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  23. itu karena yang punya sangat care dengan motor, servis rutin, dan gak di pakai ugal-ugalan, dan hasilnya seperti yang disampaikan diatas. coba yang make saya, dah gak karuan konsumsi BBM nya!

    Guest
  24. @elektra
    sejauh yang ane tahu sih begitu , memang tulah kelebihan karbu vakum.
    memang kalau di bandingin karbu vakum ventury 29 = 24 karbu biasa ( jare Guspur iki lho. . .)

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  25. 8. fans_ayanami – Maret 6, 2010

    Oo… Wajar saja mas Taufik. Motor matik merek apapun, kalau dibawa secara normal2 saja. Irit juga koq. Apalagi motor pinky jarang dipakai untuk hal2 yang berat n perjalanan jauh.
    Dari pengalaman saya selama ini. Umumnya matik akan boros, kalau sering dibawa ngebut, membawa beban yang berlebihan, kondisi jalan yang macet yang memaksakan dibawa “stop n go” dan perjalanan naik turun bukit.
    Contoh kasus : sebulan yang lalu, adik saya touring dari Jakarta ke Sukabum PPi. Mereka sengaja membawa motor dibawah kecepatan 60 km/jam. Ternyata motor mio soul adek saya pun bisa lebih irit dibandingkan dengan supra 125 milik temen adik saya lo.
    Mengenai konsumsi BBMnya, nanti saya coba tanyakan lagi ke adik saya.
    Sekedar share aja, koq mas Taufik. Hehehhehehehehe
    ==============================
    sayang mas berapa jam perjalanan jkrt – skbm ga di cantumin..
    saya koq ga percaya kalo ada pendapat bunyinya…. katanya……kata orang…..kata adik saya….kata ibu saya…..kata bapa saya…kata temen saya……..kalo mo counter data dan bukti2 mas Taufik….pake data juga mas…… saya juga kalo mo mengarang indah dan jualan kecap bisa mas kaya Nt…… saya tinggal bilang….kata Valentino Rossi…kata Pedrosa….kata Cassey stoner bla…bla….bla….. mang yang mo buktiin siapa? tanya kenapa ?………
    ……….siap-siap manggil pemadam kebakaran………

    Guest
  26. kalao aku ngomong pasti gak ada yang percaya neh. . . . sama kayakk kasus mas fans. . .
    aku mudik kemarin menempuh jarak 665 km ( jakarta – cepu )
    tengki aku isi shell sampe penuh di pomp shell cempka putih aku boncengan sama adiku ( cowok bb = 65 kg ) sama bawa tas isi baju,
    berangkat jam 3 sore abis sholat ashar berhenti sholat maghrib ama buka puasa di karawang tanceppp gas sampe demak tidur bentar sampe purwodadi aku penasaran mau isi bensin lagi , mampir pomp bilang full tank sama mas penjaga nya pas 50.000 , abis isi bensin lanjut lagi perjalanan tersisa kuranglebih 70 km lagi . . .
    alhamdulillah sampe rumah dengan selamet . . .

    nb:
    kondisi motor standar
    abis servis, ganti olie
    tekanan ban depan 29 psi belakang 33 psi
    gir set standar
    kecepatan bervariasi kadang 50, 80 kadang 115 kadang 120 km/h

    sayang ora tak foto spedone
    padahal trip meter sudah aku set 0 waktu mau berangkat dari jkt

    siram bengsol ben anget. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  27. @JA
    piye acarane sido ora ?
    nek Gus Tri ora ono wektu awake dewe ae piye sesama komengtator dolan nang omahe sing nduwe warung iki ?

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  28. Peace ~ Slank

    @ scnk
    CS 1 ny dha di apain aza bro,??
    Ampe boros gtu. CS 1 gw aza pke ugal2an d jln msh tembus 1;45 km an..

    Guest
  29. Udh deh kl ngmng irit2an mah Beat no. 1!
    Lha wong pk teh manis aja bisa jalan tuh motor!
    (Teh manisnya diminum, mtrnya didorong)

    *jangan ganggu banci – project pop*

    😀

    Guest
  30. kalo saya,
    Uji beat dpt 60km/liter
    Jln 50-60kpj datar nonstop.

    Buat ngebut 90-100kpj dpt 38-40km.

    Bwt Standar harian 45-48km/l.
    Memang trasa iritnya..
    Palagi bwt jalan max 60kpj stabil.
    Dijamin susah habisnya..
    Saking iritnya,Saya sampe bingung mo menghabiskan bensinnya
    Bener2 mesin yg bijak neh

    Kok bisa ya,mesinnya irit,tp tarikannya galak + cepat???
    Matic honda emank top dagh
    hahaa

    Guest
  31. Mtr supraku aja saking iritnya, dr pertama beli smp skr udh km 96rb-an bensinnya blm pernah hbs, paling nambahin aja 😀

    Guest
  32. @JA
    okelahg kalo beg. . . beg. . .gito. . .
    ditunggu konfirmasinya. . .

    @nick69
    biar bletagh yang penting irit. . . :mrgreen:
    setuju aku montor sekarang musti ekonomis nggak morotin ndoronya. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  33. @ay
    wkwkwk
    😛

    @S.G
    Sebulan jd bisa ngirit 50ribu lho..
    Sblmnya pakai sijadul..borosnya ampun2an
    Bwt pelan boros(ky ngeden gt)
    Bwt ngebut malah tambah boros gak ketulungan..
    Sbanding ma fu..irit fu malah..
    Coz ngebut dpt 23km/l n harian 28-30km/l
    Lmyn irit nya mlh kudu stabil di 70kpj..dpt 35ankm/l
    mtr aneh kan..

    Keep brotherhood,
    Salam,
    :mrgreen:

    Guest
  34. @nick
    lumayan lah. . . sebulan bisa ngirit segitu, bisa buat beli yang lain . . .
    si jadul itu bebek apa batangan , memang semua barang kata bude JA ada umur ekonominya , kalua memang sudah waktunya pensiun ya harus pensiun kalau dipaksa ya gitu deh. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  35. @ 36 Safety rider
    Yg penting hrs nya berapa liter bbm, bukan berapa kale ngisi…Tanki matic tuh lebih kecil dr bebek apalagi klo dibanding mongtor laki. Klo mobil PP baru isi.

    Guest
  36. hsx 125 saya tahun 06 buat mudik lebaran tahun 2009 bekasi-purworejo 485 km cuma habis premium 9 literan. lewati macet, stop n go, kenceng (spedo 80-100).So emang honda irit bgt…..

    Guest
  37. to. fans ayan
    dasar ayanen klu emang mio adik loe lebih irit dari spra x 125 km ambil supra x 125 ku……..

    Guest
  38. eit lupa…Jay klo jadi mo gathering ..postingin di sini dunk..jrg buka eFbe….dan jgn dket2 ini….

    Britney Spears-Don’t Let Me Be The Last to Know

    Guest
  39. @SCNK
    Diapakan aja tuh Bro motornya?
    Masak sampé seboros itu? Haduuuhhh….
    Punyaq dikisaran 43 – 46 rata². Lumayan
    juga buat betot²an…. tapi ya standar aja
    Gak ada yang diubah….
    Udah cukup kok buatq performa standar
    CS1, jd gak perlu anéh²….

    Guest
  40. @dodo,
    Boong banget 30km/ hari 5 hari diisi 10rb. kaayak iklan aja.
    Kalau saya dah buktikan touring bareng dengan 3 motor berbeda
    Bekasi – Garut
    kenyataan nya vario memang lumayan irit tapi itu juga sekitar 40 km/liter
    skidrive/ 37 km/liter,mio sekitar 33 km/liter. kecepatan tergantung medan nya maximum 90 km/jam . rata2 70~80 km/jam.
    jjangan terlalu melebih lebihkan . ga di bayarkan?

    Guest
  41. dr dulu ku percaya kalo emang VARIO lebih irit dari yg laen. secara dh mbuktiin sendiri. dan DATA tidak bohong. so buat yg laen bicara pake data biar gk dibilang ngecap doang

    Guest
  42. @Farel van java,
    Seutju bro, kalau bicara pakai data saya percaya.seperti kang opick ini. Soalnya kecepatan maximum nya juga 60 km/jam jadi masuk akal aja kalau memang sekitar itu datanya. tapi kalau speed nya diatas 60 km/jam akan lain ceritanya. dan itu harus di buktikan dengan data yg valid. biar ga dibilang ngecap doank…….

    Guest
  43. selamat tinggal bebek, sekarang milih UG4, agak boros dikit (kurang lebih 40Km/liter) tapi boyok ora boros, alias tidak sakit boyok lagi. Dulu saat pake HK125D sampe rumah badan sakit, boyok sakit.

    Guest
  44. @Nick69: lama gw gak mmpr ke nih blog…bukannya dulu sampeyan pake mio dan jupi Z (ada diblog sampean juga)?

    Guest
  45. @Mas Sabdo#43
    ya . .. harusnya emang pake Pertamax . . .tapi 2 minggu terakhir aku pake premium . .. nanti ganti lagi . . .shif shif-an githu

    @adi#91
    Blog-e arie Slight? ada ahh . . . udah bedol desa ke wordpress dia mas, dah nggak tinggal di blogspot lagi dia 🙂
    coba cek di sebelah kiri no 12 dari atas

    Administrator
  46. @cbr150
    Betul n tepat bgt
    Gmn ya,susah sy mau menceritakan…
    Cukup tinggal kenangan ajah…
    Skrg mulai dgn yg baru…
    Kalo dr ymha ada yg sreg di hati sy,,mungkin kelak sy akan meminangnya…
    😀

    Guest
  47. @^ nick
    Kenangan motor amphibi…bisa berenang euy, akhirnya pindah ke lain body
    *sepanjang jalan kenangan-lagu jadul

    Guest
  48. Ternyata banyak pemilik cs1 disini. Berarti nggak cuma muji di blog, tapi beli beneran.

    Soal vario pakai premium, rasanya nggak masalah. Cs1 juga baik2 saja pakai premium. Mungkin krn pendingin air dan karbu vakum. Asli, nggak pernah nglitik. Lagian nglitik biasanya terjadi waktu nanjak, tapi gigi terlalu tinggi, rpm terlalu rendah, suatu hal yg nggak pernah terjadi di matic. (rpm justru ketinggian terus)

    Guest
  49. @dani ramadian
    cbr150 dah bilangin tuh..
    Namanya juga kesenangan peribadi dan sekedar iseng bro..
    Waktu itu mumpung ada rejeki
    dulu lagi sedang iseng2nya di pakbor belakang saya tulis..

    cc
    doank
    150cc
    puuiiihh

    tapi sekarang udah sy klet lg..malu..umur beda 6 thn ama rossi..wakakakakakakakakakak

    Guest
  50. wah kok masih suka keiritan ya?
    mau irit..????
    si miong bisa irit kok
    kasih karbu astrea 800 lumayan irit..cm kd ngakal dudukan..,
    bisa 73km/l loh…
    pake bensin campur…dorong.. 🙂

    Guest
  51. skedar share aj . . . MioQ lumayan irit seminggu buat kerja paling cm isi bengsin Rp 8rebu, busi (pembelian nov 06) ampe skr lum ganti, ban dpan blakang (biz bli langsung ganti ban tubeless pake miz**le) ampe skr jg lum pnah ganti paling cm nambah angin thok n lum pnah bocor jg, ampe skr cm ganti roller (ki**co 8gr) biar tarikan enteng tp topp sped mentok di angka 105 thok 🙂
    (jarak tempuh perhari kurang lbih 7km)

    Guest
  52. Tp mang yg bner” irit menurut aku supra x 125 (pnah punya yg gnerasi ptama) cm sayang rada brisik bodynya, saking iritnya ampe lupa kapan isinya 🙂

    Guest
  53. 111. Washid – Maret 7, 2010

    skedar share aj . . . MioQ lumayan irit seminggu buat kerja paling cm isi bengsin Rp 8rebu, busi (pembelian nov 06) ampe skr lum ganti,
    ==================================
    yup Betul Mas cm diisi 8rb seminggu, kantormu cuma 50 meter dari rumah kan? wajar dan masuk akal kalo matic diisi 8rb pake seminggu……

    Guest
  54. ^
    Satu lagi nih jualan kecap……. matic cm isi premium 8rb dipake seminggu ?? kalo yang ini ga perlu pake data…… pake logika dulu deh……mungkin 3 harinya motornya dinaikin ke andong kali mas….

    Guest
  55. Naek traktor mas, andong wes ra eneng.he . . .
    Mo pcaya monggo, kalo ndak nggeh ndak papa tp bleg bleg blegitulah mas yg tjadi 🙂

    Guest
  56. mungkin Anda seorang jomblo….maka ga perlu ngapel ke cwMu, atau mungkin Lo kalo ngapel jalan kaki……itupun kalo cwmu kuper sehingga cm diapelin pulang lagi tidak ada acara makan bareng atau nonton bareng, kalopun ini terjadi mungkin Bioskop dan restaurant cuma ada disamping rumahMu…kalopun Lo dah berkeluarga….mungkin ke mall atau kepasar jalan kaki juga,karna Mall dan pasar cuma disamping rumah juga…aneh kan punya sepeda motor trus naik ojek atau angkot? sehingga motor maticMu khusus di pake kekantor…….itupun tidak serta merta logika saya mengiyakan motor matic cm diisi bahan bakar 8rb dipake seminggu……….

    Guest
  57. sekalipun Anda pake helikopter mas, tidak serta merta logika saya mengiyakan motor matic cm diisi bahan bakar 8rb dipake seminggu……….

    Guest
  58. Wah ra kuat bli helikopter, naek pswt ae kalo ndak dibayari kantor jg ndak mampu paling kuate naek psawat telpon.
    Kalo kpengen kenal dket or skedar share mampir nang fb aku ae mas (maklum kpengen ngeblog ora iso) duweke fb wasssed@yahoo.com

    Guest
  59. Orang kalo lagi jualan kecap, ditantang pake logika langsung OOT…..
    sekalipun saya berkunjung ke fbMu TIDAK SERTA MERTA LOGIKA SAYA MENGIYAKAN MOTOR MATIC CUMA DIISI BAHAN BAKAR 8RB DIPAKE UNTUK SEMINGGU

    Guest
  60. Sehari 7km, seminggu buat kerja 35km. Isi bensin 8rb masih masuk akal, utk stop and go 3km. Berarti 1lt dapat 15-20km. Kalau logikaku sih masuk. Tolong dikoreksi Mas Washid.

    Guest
  61. @joko
    betoul mas, coz sampe skr jarak tempuh motorQ ru nyampe 29.974km
    itupun kalo minggu jg banyak pake r4 nya mas.

    Guest
  62. Joko
    baca yang teliti ya…….

    111. Washid – Maret 7, 2010

    …… . . . MioQ lumayan irit seminggu buat kerja paling cm isi bengsin Rp 8reb…………..
    ==================================
    kalimat diatas berarti sifatnya rutin…. berarti dari tahun 2006 sampe sekarang dalam seminggu cm diisi premium 8rb untuk kekantor…..berarti motor tersebut cuma dipake PP kantor-rumah….iya kan…..tidak dipake utk hal2 lain……lain ceritanya kalo kalimatnya demikian … MioQ lumayan irit pernah seminggu buat kerja…… cm isi bengsin Rp 8reb

    Guest
  63. Dulu waktu msh pake supra 125 diisi full tank kpake hampir sbulan, tp sayang malah disenengi orang (dicolong ;-()

    Guest
  64. Wah malah bingung mas dg kata” njenengan, maklum ra pinter berbahasa.
    Mang sampe skr yo kalo ngisi tiap senin mung 8rb

    Guest
  65. sebenarnya yang bingung saya, saya menggunakan bahasa Indonesia, sementara Anda pake bahasa daerah yang saya tidak mengerti…

    Guest
  66. ya sudah kalo demikian….
    Anda ngecap, saya menggunakan logika
    Anda tidak suka logika, sementara saya tidak bisa dikacangin…….
    teruslah dengan omong kosong Anda………

    Guest
  67. Irit dan tidaknya jg tergantung kemampuan kantong seseorang, kalo bro washid 8rb dah irit tp kalo yg laen 8rb boros yo urusane dewe2.
    Do ndelok kantonge dewe yo

    Guest
  68. ^
    mas kalo komentar yang pinter dikit ngapa?
    irit tidaknya mesin kendaraan, bukan tergantung duit Mas……

    Guest
  69. ndak ada orang pinter yg ngaku2 pinter sbagaimana juga ndak ada orang baik yg ngaku2 baik.
    biasanya orang yg menganggap dirinya pinter tak lebih dr orang blo’on

    Guest
  70. ^
    kalo begitu saya ikutin cara pikir Anda..
    Maksud tulisan Anda Irit dan tidaknya jg tergantung kemampuan kantong seseorang, saya koq ya jadi blo’on seperti dengan yang Anda katakan, ketika mambaca kalimat Anda diatas….
    coba dijelaskan Mas……

    Guest
  71. Jiah rame tenan warung, bensinya tumpah 5lt.
    Kalo coment pake penegasan huruf besar atau huruf tebal biasanya orang nya lg emosi [ sing waras ngalah aja ]
    sorrrrrr …. [bengsin 10 liter]

    Guest
  72. ^
    saya menggunakan huruf kapital untuk menegaskan saja……….
    sementara kalo saya menggunakan huruf yang di bolt, supaya menjadi perhatian…….. emosi ? ga lah…saya bukan anak smp/sma koq…… nyante aja mas……

    Guest
  73. Untuk orang dengan pendapatan (misal 5jt/bulan) pengeluaran untuk transport cuma (misal 35rb) khan sudah termasuk irit tp beda kalo pendapatan (maaf) cuma 750rb, uang 35rb buat transport akan terasa boros buatnya
    (td ngaku pinter sekarang koq ngaku bodho yah, ap biar diakui pengunjung warung ‘biar keliatan pinter’)

    Guest
  74. ooow, ternyata cuma masalah kurang perhatian saja tho.
    eh sodara sodara ada yang kurang diperhatikan nie tolong belas kasihan n parhatiannya ya a a a

    Guest
  75. Untuk orang dengan pendapatan (misal 5jt/bulan) pengeluaran untuk transport cuma (misal 35rb) khan sudah termasuk irit tp beda kalo pendapatan (maaf) cuma 750rb, uang 35rb buat transport akan terasa boros buatnya
    ===============================
    trus kaitannya dengan tulisan Anda Irit dan tidaknyajg tergantung kemampuan kantong seseorang
    kalo penjelasan Anda diatas itu soal pendapatan dan pengeluaran. irit menurut Anda diatas adalah pengeluaran…….yang jadi perdebatan bukan soal irit pengeluaran seseorang….tetapi irit suatu mesin dalam mengkonsumsi bahan bakar……..
    ayo Mas dijelaskan lagi……

    Guest
  76. laptopQ tulisane cuma ada huruf kapital + bold = kurang perhatian mas
    tapi saya tadi malah berharap kalo mas predik masih smp, saole lagi belajar bahasa yang baik dan benar

    Guest
  77. oo gitu….. ya udah….. tapi jangan oot ya…….. malu mas…
    baca lagi triit diatas mas ya…..ta copy paste aja biar Anda ga oot lagi..
    “Konsumsi BBM bla…bla…bla”

    Guest
  78. bhuahaa.aaa. mio lebih irit dari supri 125 . mungkin campur dorong dari belakang kali. ini nih yg mimpi di siang bolong. supri 125 mau di geber lebih dari 100 kpj aja tetap lebih irit dari mio yg lari 60 an kpj.

    ini cerita tanpa fakta namanya. wong di selebaran ymki bahwa konsumsi mio 1 : 30 kpj. ya kecuali campur dorong atau kayak dari berastagi pulang ke medan aliaz jalan turunan sejauh +-50 km. ya udh mionya matiin mesin dong baru irit namanya truz sampe di medan hidupin lagi. dapat kan mio 1 : 80 (50 km jalan kelok2x turunan pluz matiin mesin +30 km mionya jalan dgn kondisi mesin hidup.

    Guest
  79. mio tu iriiiiiiiiiit….. kuenceeeeeeeeng…… modal tali doang bisa tu jakarta surabaya ga mampir pom bensin….. gandengan aja ama bis malem….. wuuuuushhhhh…. buantereeeee…… wakaakakakkaK

    Guest
  80. Bagi Mas Washid 1lt utk 15-20km sudah irit. Irit dan boros itu kan kata sifat, yg pasti angkanya saja terus diartikan sendiri, irit atau boros.

    Aku malah pernah dicurigai waktu bilang karismaku yg umur 5th masih bisa 70km/l. Padahal itu fakta, nggak boncengan, jalan 50-70kpj dan pakai oli yg encer. Tapi kalau lagi ndak mood, bisa 40km/l, bisa dikira2 lari kecepatan berapa.

    Guest
  81. wah, mio gw terakhir beli bensin tu december 2009, irit bangeeet.. cukup 10rb doang
    hi hi hi hi hi…..

    Guest
  82. Mas taufik, please benchmark donk. antara mileage vario techno, mio soul, n skydrive.
    adekku pingin ganti motor soalnya.
    btw OOT dl, ada yang minat sama satria FU 150 thn 2005 gak? harga pembuka 14,5 juta. kondisi udah ganti stiker body, velg & spion. yang lain masih standar n velg asli masih ada. CBU generasi pertama thailand yah.
    Thanx…

    Guest
  83. @Nick
    Untuk BeAT bener² irit. Sampai sekarang aq
    gak pernah ngisi….bener….tidak bohong
    Karena ke SPBU aq ngisi CS1…
    wakakakakakaka….

    *)Yg BeAT ya yg pas ketiban maké…..
    xixixixixi

    Guest
  84. sederhananya: Bila tidak ada perubahan SFC (spesific fuel consumption) yang biasanya diukur dari km/l,maka Bikernya sudah bener memperlakukan motor dalam OM (Operation & Maintenance).

    Guest
  85. irit Buanget ya Vario,Motor matik Honda mang terkenal iritnya,apalagi Honda Beat lebih irit lagi…………

    Guest
  86. @joko.
    betuuuul….. he he, (tp warung yg gimana dulu nih?)

    @nick.
    sampeyan kali ini sukses melemparkan bom molotov…. !
    bensin saia gak laku nih gan 🙁

    Guest
  87. wkwkwk…
    ad yang panas…tapi mang bener koq vario, beat dilawan sama skutik lain mang jauh banget…secara gw pengguna mio koq jadi tau gimana nyiksanya…

    Guest
  88. Beat (2009) ane 1:45, soul (2007)ane 1:43, mio ane (2004 udah dijual ganti soul) 1:38, supra x (2006 udah dijual ganti beat) 1:56.
    Soal nyaman honda emang top, beat ane empuk. Soal lari yamaha topnya, soul ane lebih kencang. Tapi dijalan macet mio lama ane paling top enak ditekuk kiri n kanan zig zag.
    Lagi nunggu soul mx 125 lc and betik revo 110, kalau muncul yg lama ane jual udah gak sabar.

    Guest
  89. Mio 2006 1:25 km
    Mx 2007 1:37km
    Skywave 2010 1:30-35km
    Jujur aja paling ga tahan sama mio,dah kaya onta minumnya
    Semua bensinnya premium dan kondisi jalan perkotaan yang kusut

    Guest
  90. saya punya vario tahun 2008. rekor teririt pernah 1 liter : 60 km dengan membawa gak lebih dari 45 km / j

    tapi sekarang2 ini bawa normal antara 40-55 Kpj dpt konsumsi bbm
    1 liter : 40-45 km.

    bnyk yang bilang beat lebih boros daripada vario kayaknya itu ada benarnya…hehehe

    Guest
  91. Maaf bro sblmnya, Gw kira VARIO lebih irit dripda mio, mio gw dijalan macet 44km/L , jalan lancar 55km/L test ride padalarang-bandung-cicalengka (55km) dgn penumpang berat 62kg

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here