Bro Sekalian, Peneliti-Insinyur dari Universitas indonesia menemukan sebuah sistem yang dalam kehidupan sehari-hari dapat diaplikasikan menjadi sebuah Freezer (pendingin makanan) dengan Modal Asap Knalpot motor. Adalah Bapak Ardiyansyah Yatim yang memimpin Tim penemu yang beranggotakan 5 Orang ini mengatakan Bahwa Tim melihat ada sumber energi Potensial berupa Karbon dioksida yang dibuang oleh Sepeda Motor untuk selanjutnya diubah untuk mengaktifkan sebuah Pendingin Makanan.

from : http://www.detiknews.com

Dengan Dana Penelitian 40 Juta dari Toray Science Foundation Jepang, tim peneliti ini membuat sebuah Box pendingin berharga kurang dari 1,5 Juta yang esensi kerjanya adalah mencampur Zat Amonia dengan Air untuk membuat sebuah Campuran yang memiliki sifat menyerap Panas (heat-absorbing solution) tmcblog sendiri agak lupa esensi dari hukum termodinamika mengenai siklus Amonia  . . .lagi pula kalo dijelaskan nanti malah bikin puyeng xixixixi :mrgreen: Pokoke pada dasarnya Pendingin ini menggunakan Amonia sebagai bahan dasar Pendingin menggantikan Freon . ..  nahhh disinyalir Ramah lingkungan nih. Mantab deh

Mudah mudahan dunia Industri bisa diajak bekerjasama membuat aplikasi lebih massal sehingga Bahaya bolongnya Azon akibat Freon bisa ditekan, Plus bisa memberikan solusi kendaraan pengangkut bahan makanan sebagai penopang perekonomian  . . . semoga . . .  silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber : http://www.thejakartaglobe.com

1 COMMENT

  1. saluut buat anak bangsa, anyway gmn mo-Nasnya kok gak dibrojolin dgn tehnologi yg gak kalah ma motor japan???

    Guest
  2. Nah ini dia salah satu hasil karya anak bangsa yang perlu dipelihara, diperjuangkan dan diperbanyak, agar semakin banyak rakyat dapat menikmatinya…

    Guest
  3. wah bisa d aplikasikan ke mobil hehehe manteb tuh ada kulkas d setiap mobil,..
    Aplikasi pd motor gede yg sering overheat dll
    Motor touring dg box besar bisa sekalian dagang eskrim/susu segar hehehe

    Guest
  4. Wah,,,
    Pak haji,, itu dosen saya,,
    Kebetulan sya lagi ngambil mata kuliahnya dia smester ini,,
    Hmmm,, bisa tanya2 besok nih,
    :mrgreen:

    Guest
  5. Maaf..klo spt ini bukan penemuan baru,teknologi lama,sjk sya kecil sdh ada lemari es dgn bhan bkar minyak,dmn minyaknya utk menghidupkan lampu minyak yg tujuan utamanya utk mengambil panas dr lampu minyak tersebut..panas tersebut digunakan utk proses penguapan bahan kimia yg namanya zeolit..sifat zeolit yg ditaruh dlm tbung hampa akan menyerap panas..sampai dia tdk bs menyerap panas lg..utk dpt digunakan lg tabung tersebut hrs dipanaskan..shg bs menyerap panas kembali..bentuk tbungnya ada dua buah yg disambung dgn pipa..cari di google sdh byk yg bikin..zeolit sendiri bahan yg tdk sulit utk didapatkan..byk yg jual tp dlm jumlah byk..cm klo pake panas knalpot hrs sedikit dirubah konstruksinya..

    Guest
  6. wah sip banget, dikala jalanan macet, biker tetep duingiiiinnnn….. ya minimal pikiran tetep dingin!
    Mengharap…Mode on..

    Guest
  7. Salah satu upaya melestarikan bumi oleh anak bangsa.penyandang dananya koq pihak asing? bisa paten diluar deh penemuannya!

    Guest
  8. Teknologi lama yg dikemas dlm model baru..thun 1980an sdh ada teknologi ini..lemari es pake minyak tanah,mengambil panas dr hasil lampu minyak utk proses siklus zat kimia zeolit..cari di google sdh byk yg bikin..

    Guest
  9. banyak inovasi anak bangsa yang bagus dan sangat berguna cuma kalau dibikin massal akan mematikan industri yang udah kadung punya karyawan ribuan dan pemerintah lebih berpihak kepada dunia industri yang menyerap banyak tenaga kerja ,

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  10. @30
    Inget dulu waktu kecil punya kulkas ELECTROLUX pake minyak tanah kaya lampu teplok, tembok pada item..
    abis dulu listriknya kurang buat kulkas…

    Guest
  11. @29. Gardu
    salam bro buat pak dosen 😀

    @33. Petter Tesla
    yup bro, dasar fisikanya siklus kalor sudah ditemukan sejak lama . . .betul itu
    terima kasih penjelasannya bro

    Administrator
  12. aplikasinya panas motor untuk dibikin pendingin, pendingin di umpankan ke mesin lagi,dan manifold untuk mendapatkan udara dingin…maknyosss..motor adem teruuuussss

    Guest
  13. hubnya gas buang knalpot dmn kang opik?
    klo amonia sbg pengganti freon emang sudah srg diaplikasi dlm industri kimia…

    Amonia cair dialirkan ke sistem yg ingin didinginkan, karena titik didih amonia sgt rendah maka akan mengambil panas dr sistem utk menguapkan dirinya sndr, selanjutnya uap amonia dinaikkan tekanannya agar panasnya bs dibuang ke lingkungan mjd amonia cair (kondensasi) untuk dialirkan kembali k dlm sistem

    Guest
  14. Pak haji,bukankah amonia (NH3) itu berasal dari air seni ataupun kotoran manusia dan hewan?CMIIW
    lalu apa hubunganya dgn gas buang knalpot karbondioksida (CO2).kan prosesnya hanya mencampur air dgn amonia?
    CMIIW

    Guest
  15. Sifat-sifat Amoniak (NH3)

    Dibawah tekanan tertentu amoniak berupa cairan, berbau yang spesifik, uap amoniak lebih ringan dari pada udara, dapat meledak, pada kondisi tertentu bersifat mudah terbakar, larut dalam air dengan reaksi yang eksotermis, dan sifat fisis sebagai berikut:
    Densitas (cair, 20 Kg/cm2 250 C ) : 603 kg/m3
    Titik lebur : -78o C
    Titik didih : -33o C
    Titik bakar : 650o C
    Batas explosive : ( diudara )
    Bawah : 15 vol % NH3
    Atas : 28 vol % NH3
    Berat molekul : 17,3

    Bahaya Baham kimia Amonia adalah :
    konsenstrasi rendah : mual-mual, pusing, muntah
    Konsentrasi tinggi : kerusakan paru-paru bahkan kematian.
    Keselamatan dan Kesehatan Pekerjaan Amerika Serikat memberikan batas 15 menit bagi kontak dengan amonia dalam gas berkonsentrasi 35 ppm volum, atau 8 jam untuk 25 ppm volume..

    Kalo membaca keterangan Mas Taufik kelihatannya Amonia hanya dipakai untuk bahan pendingin saja [chiller], amonia tidak dipakai sebagai penyerap dan ikut bereaksi yang membentuk karbamat[absorbsi] dari gas buang CO2…

    namun potensi bahaya tetap sama, sama-sama menggunakan bahan Amonia. Saya disini hanya menyoroti potensi bahaya dari bahan amonia [seperti yang saya sebutkan diatas]
    Saya belum tahu benar berapa volume Amonia yang dipakai dalam setiap alat tersebut??? namun tetap saja potensi bahaya sama. Misal alat tersebut sudah diaplikasikan masal, taruhlah 2juta motor sudah mengaplikasikannya. misalnya di dalam setiap alat terdapat 1/4 liter Amonia Cair. berarti total amonia cair yang beredar di masyarakat adalah 500.000 liter… ini jumlah yang sangat besar dan potensi bahayanya juga sangat besar sekali….[ 1 tanker ]
    Penggunaan bahan Amonia harus selalu berpedoman pada kaidah K3… kesehatan dan Keselamatan kerja… baik keselamatan untuk diri sendiri maupun Orang lain… Safety First…..
    Ada contoh kasus paparan Amoia :
    Di Kotaku dulu ada perkampungan yang sebagian besar warganya pada pusing mual dan muntah akibat bau amonia. Mereka berbondong-bondong berobat ke rumah sakit tempatku bekerja dan mereka minta semua biaya ditanggung oleh perusahaan tempatku bekerja karena mereka mengira bau amonia itu berasal dari situ. setelah di kroscek ke semua pabrik amonia (ada 6 pabrik penghasil amonia di tempatku) ternyata tidak ada kebocoran dari semua pabrik dan semua pabrik dalam keadaan normal operasi, akhirnya team perusahaan mencari tahu dari mana asal bau amonia tersebut?? padahal radius pabrik dg daerah tsbt adalah 15 km… ternyata di daerah itu ada sebuah Pabrik Es yang menggunakan bahan baku pendinginnya adalah Amonia dan ternyata chillernya bocor sehingga Amoniaknya terurai keudara bebas.
    Dari cerita diatas bisa disimpulkan Sangat berbahaya menggunakan bahan kimia amonia tanpa tahu prosedur pengamanan keselamatan.
    Saya menghargai temuan tersebut, dan itu layak diapresiasi… Namun yang perlu diingat sebelum diaplikasikan di peralatan sehari hari adalah :

    Masyarakat awam belum semua mengerti akan potensi bahaya penggunaan bahan kimia Amonia. Masyarakat awam juga belum semua mengerti bagaimana prosedur keselamatan apabila terjadi paparan gas Amonia. Jadi perlu dipertimbangkan masak-asak faktor safety….. Nyawa bukan dipakai untuk coba-coba….Tidak ada orang jualan Nyawa scond….

    mudah-mudahan ini bermanfaat.

    * saya sehari-hari bekerja di industri Urea yang berbahan baku Amonia dalam jumlah besar, yg mana potensi bahaya selalu mengancam kapan saja. keep safety first..

    —-Salam Hangat Dari Borneo—-

    —Berusaha berbagi walau satu huruf—

    Guest
  16. sip, anak bangsa harus lebih maju, n kalo udah skses, jngan hanya materi yg dpikirin, tknologi harus bs dnkmatin smua lapisan masyarakat…

    Guest
  17. Emang freon masih dipake ya???bukanya udah diganti gas yg lebih bersahabat???itu juga kata tukang AC sih…

    Guest
  18. soal ilmu kimia atau fisika ga terlalu paham soalnya…jadi baca saja pokoke nice inpoh buat warung ijo royo-royo……

    Guest
  19. Kang haji, setahu saya freon ato biasa disebut R12 sudah dilarang karena merusak ozon. Skrg pake R13a yg lbh ramah lingkungan. Tp nama freon sdh melekat, jd tetep dipanggil freon..

    Guest
  20. Bisa tolong informasi apakah kulkas motor ini sudah ada produksinya dan bisa dilihat dimana contohnya ? terima kasih.

    Guest
  21. sebelum baca blog ini,terus terang sy udh kepikiran.. gimana cara bikin asap knalpot jadi udara ramah. untuk mengurangi polusi udara disekitar kita. ternyata sudah ada yg penemunya untuk terus dikembangkan,semoga bisa menjadi konsumsi umum. hanya saja… kenapa harus minta biaya sama jepang? tar klu berhasil mereka dong yang ngaku2 penciptanya? apa pemerintah kita tidak cukup kaya untuk mengembangkan inisiatif anak bangsa tersebut? atau memang pemerintahnya tidak peduli???

    Guest
  22. Bagi agan2 sekalian. SIapa yang punya contact pak Ardiyansyah Yatim ini. tolong ya gan. Saya mau bertanya seputar topik ini, kebetulan tugas akhir saya pembuatan kulkas seperti ini. Memanfaatkan pans buangan knalpot dan menggunakan amonia. Thx

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here