26Juli_banner

CRF150#2

Bro sekalian, Nggak terasa kalo dibayangin Honda itu punya banyak model mesin  motor sport 150 cc satu silinder segarisnya ya . . . Mulai dari mesin SOHC berpendingin udara seperti yang ditempel di Verza, Lalu mesin 150 CC DOHC Berpendingin Cairan yang dibenamkan di CB150R dan CBR 150R sampai salah satu mesin bengis juga adalah Mesin 150 cc 1 silinder segaris berpendingin cairan dengan spek Unicam seperti yang ditempel pada motor trail semi SE Honda CRF 150R yang menurut response versi updatenya diperkenalkan kembali oleh Honda jepang bareng dengan Motor baru CRF 125F . . .

tmc-460x140_AGT

banner440x100px

Unicam#2

Bicara Mesin Unicam sendiri memang sudah banyak dibahas (atau nanti kita bahas mendalam sendiri ya ) Mesin Unicam ini memang dibuat oleh para insinyur Honda dengan peruntukan mesin Motor motor dual purpose yang membutuhkan mesin performa tinggi dengan dimensi yang kompak sehingga menghemat bobot . . . Konfigurasi ini diklaim memang memiliki kelebihan dimana performanya mirip konfigurasi DOHC namun dengan  kelebihan dimensi yang lebih ramping . . . dan Bahkan BigBike seperti Honda VFR 1200 yang memiliki konvigurasi mesin 4 silinder V 76° , pada masing masing silindernya juga mengadopsi tipe mesin Unicam.

CRF150#3

Salah satu yang masih belum tmcblog tahu jawabannya sekarang adalah . . . Kenapa belum ada motor motor sport 150 cc (non dual purpose) yang menggunakan mesin tipe ini ya? Apakah karena cost produksinya yang tinggi, ataukah karena karakter dari mesinnya yang nggak pas dengan karakter motor streetBike? Ada yang tahu? monggo di share di kolom komentar mas bro, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

114 COMMENTS

  1. klo vfr 1200 sj pke mesin unicam….brti tipe mesin unicam gak murah,wak….byangkan sj dia pnya kelebihan sohc dan dohc…..akselerasi dan performa sm2 mantabhhhh….wuissss,bengis…..

  2. kalo crf 500 dan crf 250 yg dipake di kejuaraan MX1 dan MX2 udah pake unicam ini apa belum ya, kok keok mulu lawan KTM, dan sebenarnya bukan cuma Honda saja sih, bahkan semua pabrikan Jepang ngos2an ngejar KTM

  3. istimewanya unicam apa ya?? tapi kok diajang dirt bike blm terdengar gaungnya…
    justru yg istimewa ya sohc nya ktm… hehehe
    apa lagi type adventure ktm.. di paris dakkar unicam ini juga ga ada yg istimewa.. padahal motor ktm adventure itu mesinnya sohc lohh.. :hammer

  4. Artikel menarik tentang unicam (sohc rasa dohc)

    [Url]http://powersports.honda.com/experience/articles/090111c0811a9fc2.aspx[/url]

    [Url]http://www.thumpertalk.com/topic/443293-diffrence-between-2-cams-and-single-cams/[/url]

    Unicam: mesin kecil kompak ringan (cost production murah dan modifikasi murah) seperti sohc tapi dapet karakteristik kencangnya dohc..jago emang nih insinyur honda

    Kayanya ke depan akan ada mesin ini di motor batangan…tapi pabrikan yang pintar kaya honda kan ngga umbar2 teknologi…yang ada aja dulu sampe konsumen teriak2 tekonologinya ketinggalan jaman..(Nengok si macan)

  5. vfr 1200 juga pake unicam.. tapi kok ya kalah yaa sama hayabusa yg pakai dohc.. jadi apa ya keunggulan unicam ini…
    di kelas dirt bike kalah sama sohc nya ktm.
    di kelas bigbike kalah sama dohcnya hayabusa.

    emang sih honda menang di enternaint nya… kaya pilem sinetron gitu.. hehehe

    istilahnya banyak modal ya menang…
    uppsss.. keceplosan saya..

    kata honda : wani piro

  6. Unicam bisa diartikan seperti SOHC 4 klep ya pak haji?
    Seperti vixion?? Honda menyebutnya unicam. Ntar klo dipasang di motor street dijual di indonesia para FBH pada kecewa dong, yg taunya honda itu DOHC, pdhl juga punya mesin SOHC 4 valve, cuma beda namanya aja.

  7. menurut ane, kayaknya unicam dipake honda( ahm) kalau udah kepepet, mungkin tiger 200 cc bakal mengaplikasikan unicam, karena dengan unicam ini baru bisa melawan triplespark kawasaki mybe….

  8. Bosen ahhh kang, artikelnye ttg motor beginian yg kagak ada di marih.
    Bahas perkembangan R15 ato R250 dunk kang… !!!!

  9. unicam:penyempurnaan dari DOHC.(4katup dgn busi ditengah tegak lurus silinder kaya motor 2tak).berputar lebih ringan,bobot lebih ringan.cuma untuk cc kecil selisihnya sedikit sekali,jadi hampir sama dgn DOHC,belum biayanya yg lebih mahal.

  10. pada SOHC 4katup biasa(Vixion) posisi busi tidak tegak lurus silinder(rebah) dan disamping.juga ada roker arm jadi ndak lebih ringan dari DOHC,dan penempatan busi disamping membuat Volume katup ndak bisa maximal(besar) dan pengapian kurang sempurna.

  11. 18. armn – Agustus 11, 2013

    vfr 1200 juga pake unicam.. tapi kok ya kalah yaa sama hayabusa yg pakai dohc.. jadi apa ya keunggulan unicam ini…
    di kelas dirt bike kalah sama sohc nya ktm.
    di kelas bigbike kalah sama dohcnya hayabusa.
    —————————————–
    motor touring (VFR1200) kok dibandingin sama motor sport dragster?
    KTM emang jago di dirt bike. Tapi kalo balapan sirkuit? KTM keok.

    btw tujuan unicam ini adalah supaya irit di RPM bawah dan ganas di RPM atas. Dah di terapin di mobil jazz & terbukti ngalahin performa toyota yaris yg dohc.

  12. Krn umur mesin se itu udh di ukur,kekuatan y pake jam.klw gak salah 130jam.hee trus bahan yg d gunakan jg sangan sepecial jadi cost y mahal.crf150 harga y sekitar 55jt .

  13. Beda unicam sama SOHC 4 valve nya ada di mekanisme tekan katupya. kalo vixion single cam di tengah dengan 2 rocker arm untuk valve in sama valve out. kalo unicam cuma pake 1 rocker arm untuk valveout. valve in nya langsung ketemu lobe cam. jadi untuk mekanisme buka valve in di sistem unicam sama seperti DOHC, tingkat presisi tinggi dan minim momentum. untuk valve outnya tetep pake rocker arm seperti sohc konvensional. kelebihannya mesin dapat advantage dari DOHC di barisan valve in dengan desain kompak SOHC.

  14. Aplikasikan koilnya aja tuch kang kalo plug n play ke motor yg harian yg ada, kayaknya bagus buat dongkrak tenaga RPM bawah

  15. unicam secara simple nya: klep masuk dapet kelebihan dohc karena langsung digerakkan cam. klep out dapet kelebihan sohc karena digerakkan cam melalui rocker arm. keseluruhan biaya lebih murah dari sohc. gile ngga tuh!

  16. pemuja dohc terguncang tingkat dewa nich…dohc setara dgn sohc.gak berlebihan jadinya kalo cbr dan vixion gak terlalu jauh performnya.masih gak percaya?monggo…….

  17. Kalo ane perhatiin, dengan konstruksi macem gitu harusnya biaya produksinya masih dibawah dohc kovensional selama gak pake material eksotis loh ya CMIW. mungkin juga biar tuh mesin jadi keliatan eksklusif, biasa strategi dagang CMIW lagi.

  18. Kalo ane perhatiin, dengan konstruksi macem gitu harusnya biaya produksinya masih dibawah dohc kovensional selama gak pake material eksotis loh ya CMIW. mungkin juga biar tuh mesin jadi keliatan eksklusif, biasa strategi dagang CMIW lagi.

  19. Kang taufik, cbr 500 dah masuk malaysia ya, dbanderol 80jt-an,,, kapan masuk indonesia ya? Trus yg cbr 400 gmana kabarnya kang? Ko ga kedengeran lg beritanya, kpn msk indo…

  20. ^atas ane ada yang bilang peforma Vixion ga beda jauh sama CBR150
    mimpi mas disiang bolong..??
    😀
    wong lawan CS1 aja maaf maaf si Vixion itu..
    :mrgreen:

  21. Jabrix pada Agustus 11, 2013
    pada 9:57 am
    pemuja dohc terguncang
    tingkat dewa nich…dohc
    setara dgn sohc.gak
    berlebihan jadinya kalo cbr
    dan vixion gak terlalu jauh
    performnya.masih gak
    percaya?monggo…….

    ____________________________

    woy … sadar woy ! sohc abal-abal nya vixi di bandingkan ama sohc unicam berkualitas nya honda … mw di compare ama dohc nya cbr pula !!! woy … bangun woy… dah siang neh…

  22. vixion keok lawan cs1….
    brati tiger revo..nmp..verza..gl pro jg keok lawan cs1 dung…. hebat bener nih cs1… sampe ga diijinkan turun di indoprix…. wjwkwk….

    jaman skrg dah saatnya naik kelas 250cc keatas dung…

  23. menurut saya, bukannya di indonesia mesin yg paling mendekati sitem unicam honda ini adalah mesin vixion-nya yamaha (satu cam nggerakin 4 klep)
    CMIIW

  24. menurut saya, di indonesia konfigurasi cam yg paling mirip dengan unicamnya honda mungkin adalah mesin vixion dari yamaha,
    kan sama-sama 1 cam 4 klep, bener ga sih ?
    CMIIW

  25. Segera bibahas aja wak haji…n yakin pasti ada kelemahannya….soalnya buatan manusia…biar pada plong…ga pada ribut sendiri…n jgn lupa ditunggu konklusinya…….

  26. apa emang ada mesin 1 silinder segaris?setauku klu cm 1 silinder ya g ada istilah segaris atau v-twin atau w,dll.klu lebih dr 1 silinder(2 silinder keatas) bs dibilang segaris(karena berjejer),v-twin karena sudut antar silinder kurang lebih 45 derajat,dsb.

  27. Gw heran yamaha,honda lw bikin motor koq nanggung2 yah.tp kalau dimoto gp pd full think.giliran motor yg dijual aja setengah2.
    Malahan pabrikan suzuki,kawasaki,ktm yg notabenya di ajang balap moto gp g pnh juara,tp untuk jualan motornya benar2 kasih kualitas terbaik.IMHO

  28. mesinnya jadi kecil dan kompak
    ga cocok kalo di indonesia
    kata FB, mesin kecil itu bikin motor jadi kopong. kalo bisa mesinnya mesti segede gaban

  29. @anto
    pada Agustus 11, 2013 pada 11:23 am

    apa emang ada mesin 1 silinder segaris?setauku klu cm
    1 silinder ya g ada istilah segaris atau v-twin atau
    w,dll.klu lebih dr 1 silinder(2 silinder keatas) bs dibilang
    segaris(karena berjejer),v-twin karena sudut antar
    silinder kurang lebih 45 derajat,dsb.

    ————————————————–

    hehehe baru engeh ane.. jeli juga nih ente.. mungkin kang taufik lagi lelah cos baru balik pulkam mungkin :p

    oh iya.. v-twin ga harus 45°. tapi khusus konfigurasi 2(twin) silinder membentuk sudut dibawah 90° (89-1°) dan paling umum digunakan 75°, 60° & 45°. jika sudutnya 90° ya L-twin :p. IMHO.

  30. unicam: putaran atas dapet, putaran bawah dapet itu aja istilah mudahnya. motor cc kecil daily use sudah mumpuni dilayani SOHC & DOHC apalagi dimari.

    AHM apa berani pake teknologi beginian dimari? dicekokin jam dinding, sss, pbl sama gentong in saja sudah jingkrak-jingkrak :mrgreen:

    produk sebelah sudah berani bawa hollow crank di kwek-kweknya.

  31. hayabusa keok lawan zx14….
    hayabusa ga bakal ada yg 1400cc…
    kalo ga salah desain mesin hayabusa jg dr kawasaki… kalo ga salah lho….

  32. yang ane belum paham sama unicam honda, kalau bagian ujung kanan camshaft adalah gear. nah bagian ujung kiri camshaft itu apaan ya?

  33. unicam beda sama SOHC multivalvenya yamaha nih

    kayanya unicamnya klep isapnya make shim,sedangkan buangnya rocker arm,sementara multivalvenya vixion dua-duanya rocker arm

    regadless,masih satu noken sama aja SOHC kan,hehehe?

  34. ow ow ow…. jangan bandingin dengan vixion mas Brooo… jauhh… pa lage dari segi material… kenapa lebih tahan digeber pada putaran tinggi…??? konfigurasi semi DOHC dan materialnya mas bro…

  35. Mesin motor Honda CB150R jangan dimasukkan kedalam daftar jajaran mesin yang bagus dan bengis karena nyata-nyata mesin CB150R adalah mesin gagal produksi. Mesin kok klothok-klothok,nah kalau mesin CBR series saya percaya,karena bukan produk dari AHM.

  36. kok ada yang bilang businya ditengah? gambar diatas tidak menunjukkan businya tepat ditengah. masih di pinggir dekat klep buang tuh.

  37. 35. tukang komen – Agustus 11, 2013

    motor touring (VFR1200) kok dibandingin sama motor sport dragster?
    KTM emang jago di dirt bike. Tapi kalo balapan sirkuit? KTM keok.

    btw tujuan unicam ini adalah supaya irit di RPM bawah dan ganas di RPM atas. Dah di terapin di mobil jazz & terbukti ngalahin performa toyota yaris yg dohc.

    ===================================================
    yang bikin jazz sohc ganas di putaran itu Vtecnya
    gw googling ga ada berita fit/jazz pake unicam. itu SOHC.

  38. @ armn
    crf lumayan loh di kejuaraan mx.. bisa ninggalin yamaha..
    tapi selalu dibawah suzuki, ktm, kawasaki..

    http://world.honda.com/WMX/2013/01qatar/index.html

    ini website nya honda lohh.. jadi jangan negatif thinking yaa.. nda baik.. minal aidin walfaizin bwt semua.
    ===============================
    Juara MX1

    2012 CAIROLI Antonio 647 it KTM
    2011 CAIROLI Antonio 596 it KTM
    2010 CAIROLI Antonio 625 it KTM
    2009 CAIROLI Antonio 561 it YAMAHA
    2008 PHILIPPAERTS David 509 it YAMAHA
    2007 RAMON Steve 508 be SUZUKI
    2006 EVERTS Stefan 739 be YAMAHA
    2005 EVERTS Stefan 721 be YAMAHA
    2004 EVERTS Stefan 688 be YAMAHA
    2003 EVERTS Stefan 275 be YAMAHA
    2002 PICHON Mickael 288 fr SUZUKI
    2001 PICHON Mickael 318 fr SUZUKI

    Juara MX2

    2012 HERLINGS Jeffrey 644 nl KTM
    2011 ROCZEN Ken 651 de KTM
    2010 MUSQUIN Marvin 635 fr KTM
    2009 MUSQUIN Marvin 540 fr KTM
    2008 RATTRAY Tyla 636 za KTM
    2007 CAIROLI Antonio 660 it YAMAHA
    2006 POURCEL Christophe 581 fr KAWASAKI
    2005 CAIROLI Antonio 567 it YAMAHA
    2004 TOWNLEY Ben 622 nz KTM
    2003 RAMON Steve 233 be KTM
    2002 MASCHIO Mickael 225 fr KAWASAKI
    2001 DOBB James 228 gb KTM

    Konstruktor MX1 :

    2012 KTM 697 at
    2011 KTM 630 at
    2010 KTM 692 at
    2009 YAMAHA 655 jp
    2008 SUZUKI 587 jp
    2007 SUZUKI 606 jp
    2006 YAMAHA 739 jp
    2005 YAMAHA 721 jp
    2004 YAMAHA 709 jp
    2003 YAMAHA 278 jp
    2002 SUZUKI 288 jp
    2001 SUZUKI 318 jp

    Konstruktor MX2

    2012 KTM 707 at
    2011 KTM 733 at
    2010 KTM 701 at
    2009 KTM 659 at
    2008 KTM 705 at
    2007 YAMAHA 712 jp
    2006 KTM 648 at
    2005 YAMAHA 734 jp
    2004 KTM 667 at
    2003 YAMAHA 280 jp
    2002 KTM 285 at
    2001 KTM 338 at

    capeeeee deh…

  39. @ 23 armn

    crf lumayan loh di kejuaraan mx.. bisa ninggalin yamaha..
    tapi selalu dibawah suzuki, ktm, kawasaki..

    http://world.honda.com/WMX/2013/01qatar/index.html

    ini website nya honda lohh.. jadi jangan negatif thinking yaa.. nda baik.. minal aidin walfaizin bwt semua.
    ===========================

    baca nih…, biar tidak ngawur…
    daftar juara dari 2001 tidak ada nama honda.

    http://www.fim-live.com/en/sport/motocross-mx1mx2/world-champions/mx1/

    http://www.fim-live.com/en/sport/motocross-mx1mx2/world-champions/mx2/

  40. MX1 :

    2012 CAIROLI Antonio 647 it KTM
    2011 CAIROLI Antonio 596 it KTM
    2010 CAIROLI Antonio 625 it KTM
    2009 CAIROLI Antonio 561 it YAMAHA
    2008 PHILIPPAERTS David 509 it YAMAHA
    2007 RAMON Steve 508 be SUZUKI
    2006 EVERTS Stefan 739 be YAMAHA
    2005 EVERTS Stefan 721 be YAMAHA
    2004 EVERTS Stefan 688 be YAMAHA
    2003 EVERTS Stefan 275 be YAMAHA
    2002 PICHON Mickael 288 fr SUZUKI
    2001 PICHON Mickael 318 fr SUZUKI

  41. MX2 :

    2012 HERLINGS Jeffrey 644 nl KTM
    2011 ROCZEN Ken 651 de KTM
    2010 MUSQUIN Marvin 635 fr KTM
    2009 MUSQUIN Marvin 540 fr KTM
    2008 RATTRAY Tyla 636 za KTM
    2007 CAIROLI Antonio 660 it YAMAHA
    2006 POURCEL Christophe 581 fr KAWASAKI
    2005 CAIROLI Antonio 567 it YAMAHA
    2004 TOWNLEY Ben 622 nz KTM
    2003 RAMON Steve 233 be KTM
    2002 MASCHIO Mickael 225 fr KAWASAKI
    2001 DOBB James 228 gb KTM

  42. Sedikit beda sih sebenernya antara SOHC ama unicam. kalo mesin cuma muter di 700 – 1200 RPM sih gak ada bedanya antara SOHC sama unicam ntu. tapi kalo kita berbicara tentang 7000-12000 RPM, jelas beda. rocker arm pada mekanisme buka katup SOHC merupakan beban momen bagi per klep saat mesin berputar pada RPM tinggi. FYI: tanpa rocker arm aja klep bisa floating, sampe dibela-belain pake klep titanium ama bang ibnu sambodo. nah keuntungan pake unicam, at least mesin punya sebaris klep (valve in) yang minim momentum sehingga tingkat presisi sudut buka tutup katup lebih tinggi pada RPM tinggi dan memungkinkan bikin mesin hi-rev oriented. sedangkan kalo SOHC 4 valve, itu kedua baris klep didorong oleh rocker arm dimana kedua rocker arm memiliki massa yang artinya perlu gaya untuk menggerakkan beban itu. padahal per klep udah punya tanggungan beban untuk mengembalikan klep pada seating, ditambah lagi harus mendorong rocker arm. ujung2nya, durasi travel klep dari terbuka penuh hingga menutup penuh menjadi lebih panjang. durasi panjang ini tidak akan terasa pada RPM rendah. namun pada RPM tinggi dimana klep sudah gak bisa nurut lobe(tonjolan) noken, klep bakal telat menutup. dengan dihilangkannya rocker arm maka telatnya klep menutup pada RPM tinggi dapat diminimalisir. pada unicam klep telat nutup masih mungkin terjadi pada valve out. so DOHC tetep teknologi yang paling advance untuk mengejar Hi-Rev. dan satu lagi kelebihan unicam ada pada penempatan busi di tengah 4 klep sehingga pembakaran pada hi-Rev bisa lebih sempurna.

    NB: nanti kalo unicam dijual lebih mahal, protes aja bang. cz pabrik gak perlu lagi bikin rocker arm 2 biji per mesin. so mestinya biaya produksi lebih murah.

    (Maap om Taufiq kepanjangan commentnya. mohon maklum, saya blogger gagal)

  43. MX3:

    2012 WALKNER Matthias 337 at KTM
    2011 BILL Julien 359 ch HONDA
    2010 CAMPANO Carlos 526 es YAMAHA
    2009 RENET Pierre Alexandre 584 fr SUZUKI
    2008 BREUGELMANS Sven 541 be KTM
    2007 DEMARIA Yves 563 fr YAMAHA
    2006 DEMARIA Yves 560 fr KTM
    2005 BREUGELMANS Sven 414 be KTM
    2004 DEMARIA Yves 256 fr KTM

  44. 86. ra mutu – Agustus 12, 2013
    kok ada yang bilang businya ditengah? gambar diatas tidak menunjukkan businya tepat ditengah. masih di pinggir dekat klep buang tuh.
    ____________________________________________
    kalo sampean bisa liat tabung berdiri diantara rocker arm, itu lubang businya. kayak lubang busi mobil2 DOHC, busi tertanam di dalem valve dek (engine cover).

  45. 88. Gagas Setya – Agustus 12, 2013

    86. ra mutu – Agustus 12, 2013
    kok ada yang bilang businya ditengah? gambar diatas tidak menunjukkan businya tepat ditengah. masih di pinggir dekat klep buang tuh.
    ____________________________________________
    kalo sampean bisa liat tabung berdiri diantara rocker arm, itu lubang businya. kayak lubang busi mobil2 DOHC, busi tertanam di dalem valve dek (engine cover).
    ==============================================
    iya bisa liat tapi ngga tepat ditengah seperti DOHC. tetep aja masih di pinggir klep buang meskipun bukan disamping mirip SOHC.

  46. unicam khan udah lama di pake sama YAMAHA dengan produknya yg paling lama ayh Jupiter MX….kemudian diperbanyak lagi di tipe Vixion…. 1 camshaft tp multi katup….
    lebih murah cost (pembuatan sama perawatannya) tp tenaganya mirip DOHC

  47. Hahaha..di MotoMX mah jawaranya KTM, Suzuki dan Yamaha..dari statistik yg dikasih bro Nobita…KTM wajar jawara moto MX karena spesialisasinya di sini…kalo Suzuki atawa Yamaha bisa juara khan membuktikan bahwa mesin mereka emang yang terbaik di antara para samurai..
    sedikit OOT jadi inget Sama Stefan Everts jagoan ane di Suzuki n Yamaha, naik moto apa aja bisa..

  48. 99. ra mutu – Agustus 12, 2013

    iya bisa liat tapi ngga tepat ditengah seperti DOHC. tetep aja masih di pinggir klep buang meskipun bukan disamping mirip SOHC.
    ____________________________________________________
    kalo mas liat penampang squish nya, kepala busi pas di tengah kok. cz jarak antar klep cukup rapat sehingga kepala elektroda cuma bisa menempati celah ditengah-tengah 4klep tersebut.

    🙂

  49. Crf 150R itu bukan semi SE tapi udah SE beneran ,kl mesinnya dipake buat motor aspal dijamin tambah banyak alayers Honda yang pecicilan .

  50. karakter mesin CRF mantap euy…tapi kesan pertama saya naiki seperti punya karakter aneh….sepertinya akan berbahaya klo di pake di jalan raya. karena karakter mesinnya beda….gigi dua aja masih ngangkat….

  51. Kalo menurut gue gobloknya y*maha itu adalah cara marketingnya… Lo jelek-jelekin terus produk lawan. Termasuk elo-elo yang ada disini yang sering-sering ngejelekin produk kompetitor. Yang dijelek-jelekin sadar terus nyerang produk y*maha tapi dengan cara yang lebih pintar (bukan dengan nyerang produk lawan lewat cara marketing bloon). Kalian pikir dulu waktu y*maha penjualannya hampir nyerempet honda, gara-gara cara marketing ngejelek-jelekin produk orang? Salah bro… !!! Karena honda terlena dengan posisinya yang dipuncak makanya inovasinya minim…. terus disalip dan dibego-begoin produknya pula dengan cara marketing bloon. Ya panas kupingnya…. Coba lo dulu ga usah nyerang…. diemin aje tuh honda biar terlena terus…. SEKARANG…… Terlambat!!!!! Kompetitor lo ud sadar dan tetap panas kupingnya dengan cara marketing yang bloon dengan nyerang terus produk orang, dan cara yang sama yang masih lo semua pakai sampai sekarang, ck..ck…ck…ck…. Ko ga pinter-pinter ya???? Lo pikir orang bego apa produknya mau diserang terus????

    Tunjukan lewat inovasi Bro!!! jangan nyerang!!!Jaman sekarang lo nyenggol orang doang aja bisa digebukin satu RT

    PLAY SMART!!!!

  52. salam honda Abang2 semua
    Lgs aja y Bang,yg saya tahu ini ada hubungannya dgn politik dagang.
    Karena saya pernah lihat,bahkan ngerasain sdr varian mesin dr pabrikan sayap yg nggak masuk indo (versi thailand) dari teman yg beli unit langsung dari negara gajah dalam bentuk terpisah (sebagai konsekuensi mengakali prosedur masuk barang impor yg ribet).
    Anehnya kalo dikurs ke rupiah harganya nggak terpaut banyak sih,ya sekitar 3jt an.
    Yg saya tahu setiap negara yg jd tujuan pasar dr tiap pabrikan udah disurvey baik topografi maupun kultur para ridernya,nah yg nggak saya tahu adalah perihal prosedural konten masuknya varian2 dari tiap pabrikan. Sebab saya pernah nemu dari teman yg pulang berkunjung dari negeri orang (masih kawasan asia tenggara) ada varian mesin sport (garputala) yg sistem gearboxnya semi otomatis (mirip bebek di indo) alias tanpa kopling pdhl secara fisik nggak ada yg beda dgn yg beredar di indo.
    Nah..cek & ricek juga dari teman di melbourne,tnyt harga unit second disana dgn indo jauh lebih mahal (bahkan 2x harga second di indo).
    Padahal kalo dilihat dari grafik & jumlah peredaran unit yg ada di indo,jauh lebih konsumtif dari negara2 tersebut dari segi pajak masuk juga kita masih dibawah negara2 tersebut.
    Y yg saya pelajari selama ini tiap pabrikan yg ada di indo masih demen gonta-ganti baju saja (alias tampilan luar),soal mesin saya perhatikan sampai generasi saat ini masih ajeg aja. Begitupun #maaf (pabrikan sayap)
    Nah…untuk saat ini saya sedang berusaha bersama teman2 indo yg tinggal di negara orang untuk bisa memasukkan varian2 langka tersebut ke indonesia (tidak menutup kemungkinan dalam bentuk unit),sebab kendala terakhir dari junkyard di negara2 itu mereka keberatan dengan sistem dagang & bea masuk yg kita anut (quota). Sebab terakhir saya & teman saya dapat kabar,bisa kirim ke indo tapi minimal 1 container (kira2 20an unit).
    Demikian info yg bisa saya share ke teman2 & Abang2 semua,semoga bila ada yg bisa saling bantu akan lebih indah dunia otomotif di negara kita tercinta ini.
    Belajar dari pengalaman saya,rasa2nya semua pecinta otomotif yg sudah addict nggak sayang ngerogoh kocek buat belanja bahkan bayar pajak (ppn/bea masuk) mbok ya’o dipermudah…wong demi kemajuan bersama,apa susahnya. Toh kalo maju,bukan cuma seorang,tp semua pihak juga dapat manfaatnya

  53. salam honda Abang2 semua
    Lgs aja y Bang,yg saya tahu ini ada hubungannya dgn politik dagang.
    Karena saya pernah lihat,bahkan ngerasain sdr varian mesin dr pabrikan sayap yg nggak masuk indo (versi thailand) dari teman yg beli unit langsung dari negara gajah dalam bentuk terpisah (sebagai konsekuensi mengakali prosedur masuk barang impor yg ribet).
    Anehnya kalo dikurs ke rupiah harganya nggak terpaut banyak sih,ya sekitar 3jt – 5jt an.
    Yg saya tahu setiap negara yg jd tujuan pasar dr tiap pabrikan udah disurvey baik topografi maupun kultur para ridernya,nah yg nggak saya tahu adalah perihal prosedural konten masuknya varian2 dari tiap pabrikan. Sebab saya pernah nemu dari teman yg pulang berkunjung dari negeri orang (masih kawasan asia tenggara) ada varian mesin sport (garputala) yg sistem gearboxnya semi otomatis (mirip bebek di indo) alias tanpa kopling pdhl secara fisik nggak ada yg beda dgn yg beredar di indo.
    Nah..cek & ricek juga dari teman di melbourne,tnyt harga unit second disana dgn indo jauh lebih mahal (bahkan 2x harga second di indo).
    Padahal kalo dilihat dari grafik & jumlah peredaran unit yg ada di indo,jauh lebih konsumtif dari negara2 tersebut dari segi pajak masuk juga kita masih dibawah negara2 tersebut.
    Y yg saya pelajari selama ini tiap pabrikan yg ada di indo masih demen gonta-ganti baju saja (alias tampilan luar),soal mesin saya perhatikan sampai generasi saat ini masih ajeg aja. Begitupun #maaf (pabrikan sayap)
    Nah…untuk saat ini saya sedang berusaha bersama teman2 indo yg tinggal di negara orang untuk bisa memasukkan varian2 langka tersebut ke indonesia (tidak menutup kemungkinan dalam bentuk unit),sebab kendala terakhir dari junkyard di negara2 itu mereka keberatan dengan sistem dagang & bea masuk yg kita anut (quota). Sebab terakhir saya & teman saya dapat kabar,bisa kirim ke indo tapi minimal 1 container (kira2 20an unit).
    Demikian info yg bisa saya share ke teman2 & Abang2 semua,semoga bila ada yg bisa saling bantu akan lebih indah dunia otomotif di negara kita tercinta ini.
    Belajar dari pengalaman saya,rasa2nya semua pecinta otomotif yg sudah addict nggak sayang ngerogoh kocek buat belanja bahkan bayar pajak (ppn/bea masuk) mbok ya’o dipermudah…wong demi kemajuan bersama,apa susahnya. Toh kalo maju,bukan cuma seorang,tp semua pihak juga dapat manfaatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here