jump to navigation

Kupas Perbandingan Pembacaan Trip meter/ Odometer Honda CBR150R dengan GPS Garmin 60CSX April 29, 2016

Posted by Taufik in : Honda, Test Ride , trackback

honda-vario-440x100

trip-gps

Bro sekalian, perbandingan antara pembacaan speedometer Honda CBR150R dengan GPS ( Race Logic ) sudah dilakukan saat test ride pertama dan hasilnya adalah pembacaan speed pada GPS adalah sekitar 0,92 kali speed pada Speedometer . Nah Bagaimana dengan pembacaan Trip meter dan odometer ? saat Honda CBR150R hadir di TMCBlog News Room tidak lupa juga tmcblog coba bandingkan pembacaan pada trip meter dengan pembacaan pada GPS Garmin 60 CSx . . . , Pasti ada yang tanya dan sudah sering banget yang komentar di kolom komentar . . . emangnya GPS akurat ? yah paling tidak itu yang bisa tmcblog lakukan dan GPSnya sendiri bukan GPS ponsel, tapi GPS Tracking . . walaupun bukan GPS mIliter  😀  . . lanjuut Dan kembali untuk menyamakan Metoda, kembali tmcblog gunakan  pendekatan Regresi linear . .

440x100_drivechainkit

CBR-150R-Black-TMCBlog-069

Berikut datanya sob ( data bukti berupa jepretan foto ada sob )

  1. Saat Motor berhenti on  | GPS 0 m | trip A 0 km
  2. Saat Motor menempuh  | GPS 91 m | trip A 0,1 km
  3. Saat Motor menempuh  | GPS 294 m | trip A 0,3 km
  4. Saat Motor menempuh  | GPS 497 m | trip A 0,5 km
  5. Saat Motor menempuh  | GPS 692 m | trip A 0,7 km
  6. Saat Motor menempuh  | GPS 922 m | trip A 0,9 km
  7. Saat Motor menempuh  | GPS 1000 m | trip A 1 km
  8. Saat Motor menempuh | GPS 1530 m | trip A 1,5 km
  9. Saat Motor menempuh  | GPS 2020 m | trip A 2 km
  10. Saat Motor menempuh | GPS 3050 m | trip A 3 km
  11. Saat Motor menempuh  | GPS 6040 m | trip A 6 km
  12. Saat Motor menempuh  | GPS 7240 m | trip A 7,2 km

Jika data data di atas  ditampilkan sebagai sebaran grafik  . . diperoleh gambar berikut ini sob :

data-tripmeter1

Jika data diatas dihitung menggunakna regresi linar secara Online, maka akan diperoleh garis lurus sebagai berikut

data-tripmeter2

Grafiknya memiliki persamaan Y = 0,926 +1,007 X dimana X adalah pembacaan tripmeter CBR150R , dan Y adalah jarak tempuh  GPS . . . artinya pembacaan Jarak pada GPS adalah sekitar 1,007  kali Pembacaan pad Tripmeter . bedannya kecil banget sob 0,7% doang, cmiiw . . . boleh dibilang antara Pengukuran Trip meter dan GPS adalah hampir sama  . ..

spidi-2

CBR-150R-Black-TMCBlog-018

biasannya pengukuran trip meter dan odometer itu memang tidak terlalu lebay seperti pembacaan pada Speedometer  . . .  sssttt, kenapa tmcblog bela belain cari data dan ngolah kayak gini ini ? udah tahu kan kira kira apa Next Articlenya ?? silahkan ditebak deh pokoknya Motor yang mampir di tmcblog newsroom pasti dikupassss sob . . .  semoga berguna

Taufik of Buitenzorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Comments»

1. asep koreng - April 29, 2016

Joss

💕❤ ™MB@H D@RMO™ ❤💕 - April 29, 2016

ngibul … 😂

kukang - April 29, 2016

fby mana paham ginian

kamfret - April 29, 2016

Kagak nyampe si darmo yg beginian….

CBR ku 46 - April 29, 2016

Hebat…hampir sempurna

2. Ardiantoyugo - April 29, 2016

1km jadi titik balik…

Jalan Daendels yang sebenarnya: http://wp.me/p1eQhG-1Gy

3. Schwantz - April 29, 2016

Jisss

4. denmaz - April 29, 2016

ikut nyimak pakdhe.. :mrgreen:

5. ipanase - April 29, 2016

wah kalau sampai tripmeter dan odometer lebay bahaya nih, jalan2 30 km tertera 50 km hehehe
pertamax7.com/2016/04/06/kala-winglets-ducati-senggol-marc-marquez/

6. Alien - April 29, 2016

gagal podium
Winglet kurang.

7. Alien - April 29, 2016

Pasti selanjutnya data race logic GPS test drag 100, 200, 300m ya wak haji

8. ryonz - April 29, 2016

next articel pasti “konsumsi bbm cbr150r 2016”

9. Kupas Perbandingan Pembacaan Trip meter/ Odometer Honda CBR150R dengan GPS Garmin 60CSX - INDOMOTONEWS - April 29, 2016

[…] Honda CBR150R dengan GPS Garmin 60CSX ­ iframe { visibility: hidden; opacity: 0; } Previous […]

10. froo - April 29, 2016

selanjutnya akurasi speedometer vs gps

11. tamvan - April 29, 2016

kupas terus wak sampai keliat jeroannya

12. Engine - April 29, 2016

Honda memang sudah teruji iritnya

13. panc - April 29, 2016

next article pasti how far you can go with 1 L petrol wak haji

14. pecinta balap - April 29, 2016

honda emang joss, mantab……
selanjutnya pasti tes drag 100,200,300 m . jangan lupa baningin aple to aple sama r 15

15. pengamatkomen - April 29, 2016

Pasti next article tentang konsumsi BBM.

16. wong ndeso - April 29, 2016

mesti arep gae ngukur konsumsi bbm ya kang

17. gondes - April 29, 2016

Semua motor butuh keselarasan antara material dan power bukan semata nyari kencang doang

CBR ku 46 - April 29, 2016

Se7…komen anda cerdas

18. Har_on - April 29, 2016

#gogon on,setuju ane,motor gak melulu kenceng doang,sekenceng2nya motor buat harian,emang mau dipakai lari brp kpj?emang g butuh kenyamanan,handling yg mumpuni, lha wong yg pakai ninj* 250 aja jarang tuh yg kebut2an sampai 150kpj,klo kenceng plng cuma bbrp detik.

19. silent reader - April 29, 2016

selanjutnya ya tes konsumsi bbm .. Seirit apakah motor fairing all new cbr150r ini .. Klo data perbandingan spido dan gps kan itu udah di jelasin di artikel pasca testride , yg coment di atas masih pada ngantuk sepertinyahhhhhhh

20. mr.R - April 29, 2016

next article pasti menghitung konsumsi bbmnya

21. ilovefika - April 29, 2016

Woww tipis bingit ea..

22. black kawak rr - April 29, 2016

kalau trip meter, semua motor juga sama dengan gps, yang berbeda itu speedometer

23. PemadamKebakaran - April 29, 2016

Next artikel bakal perang bintang neh.
Ditunggu komen komen gobblok disitu. Siapkan bahan bcnya

24. Jildhuz - April 29, 2016

Pasti mau bahas konsumsi bahan bakar biasanya kalo udah nulis irit ada yang gak terima, akhirnya masalahin speedometer yang katanya lebay

Yah kalo saya sih baca aja, wong ini informasi,

https://jildhuz.com/2016/04/18/apakah-mlm-dengan-sertifikasi-syariah-otomatis-bisnisnya-halal/

25. amamoto - April 29, 2016

untuk tripmeter/odometer tentunya dibikin akurat sama pabrik, karena ini penting untuk indikator perawatan mesin motor. Misal jarak 2000KM ya harus kebaca segitu.
Nagh beda dengan kecepatan, ane zamin deh pasti deviasinya sangat besarr. Misal speedo 100kPj pasti gpsnya cuma 90kpj, kenapa?
karena ini biar penggunanya merasa cepat aja, biar sok keren gitu laghh
NB klo ntar spido sama gps hasilnya sama soal urusan kecepatan, ane rela deh, bakal ngopi di warung tanpa celana dan kolor
http://roda2blog.com/2016/04/28/payung-motor-inovasi-bagi-pemotor-biar-gak-kepanasan/

DNFmagz - April 29, 2016

😂😂😂😂😂
Malah biasanya penyimpangan di atas 10% wkwkwk

26. Riva - April 29, 2016
27. Jamal - April 29, 2016

darmo gak mudeng yg beginian

28. are wege - April 29, 2016

Gilee loo ndroo, jadi cbr , minim ngibul donk.mantabs lah, semoga para fb dan sales kejet2 ,,, gangguan pikiran
😜😜

are wege - April 29, 2016

Ayo sales Dan fby… Serang dah tuuh,, selagi punya kesempatan,

Wkwwkwkkk….. Bahan BC nya yg kreatif jangan itu2 doank yg di andelin

29. dave - April 29, 2016

gak ngajak2 saya c mas nih,,
kan saya jg bisa cek motor saya simpangan berapa persen gt,, 🙁

30. aris - April 29, 2016
31. asetya - April 29, 2016

Coba regresinya tidak usah pake intercept mas taufik.

32. TMCbro - April 29, 2016

kang… requets artikel perbandingan speedo ama Gps..
soalnya speedo honda bnyak yg lebay…

Taufik - April 29, 2016
33. ngeoong - April 29, 2016

Tess konsumsi bahan bakar euiiy

34. stig - April 29, 2016

Dikupas? Bongkar2 motor sampek isi mesin wak? Wkwkwkwk.

35. epoeba - April 29, 2016

Pagi Wak Haji,

Monggo dibahas kenapa harga all new CB150r streetfire dan all new CBR150 terpaut harga yang cukup jauh, padahal mesin identik n cc sama, ban n velg sama, lampu sama sama all LED, apakah kelebihan baju fairing CBR ?

Terima kasih.

are wege - April 29, 2016

Mendekati real ,,

36. si joki - April 29, 2016

wow berarti honda selangkah lagi didepan, dalam hal pengetesan kendaraannya (kemungkian pengetesan speed pakai beberapa alat sebagai parameter pengkuran kecepatan)

37. do - April 29, 2016

request juga mas Taufik coba nanti test akselerasi, test irit dll trus dibandingkan dengan yang cbr150 lokal yg lama.

Taufik - April 29, 2016

akselerasi unuk yang kedua kali sudah saya ukur, tinggal nunggu artikelnya gantian naik
konsumsi bahan bakar, sudah saya publish di artikel terbaru tmcblog dan motorpacu

38. Agusta - April 29, 2016

Pokoknya, Wak Haji tiada duanya kalo soal review motor.
Gak akan jauh beda dgn penggunaan setelah beli motor tsb.
Wak Haji blg irit,ya emang irit beneran. Blg akselerasi lebih cepat,ya emang cepat beneran.
Pokoke mantaaap Wak..
Lanjutkan..!
🙂

39. Kobayogas - April 29, 2016

soal data, apapun motornya, Haji emang top, yang meragukan suruh tes sendiri aja dengan metode persis wakakakaka

http://kobayogas.com/2016/04/29/bocor-nama-honda-supra-150-confirmed-jadi-supra-gtr150-lads/

40. Scem - May 1, 2016

Kalo ngupasnya begini sih buat orang awam ga terlalu penting wak..
Orang awam calon pembeli motor sport fairing setelah melihat isi dompet akan melihat motor sport fairing itu dari sisi :
1. Style
2. Performa
3. Fitur yang terlihat mata
4. Konsumsi bbm
5. Faktor lain-lain

41. rascalace - May 31, 2016

Kenapa regresinya nggak di intercept 0 aja mas??



%d bloggers like this: