jump to navigation

Ini alasan Teknis Kenapa Rossi dan Lorenzo Tidak Gunakan M1 dengan Tangki di belakang May 3, 2016

Posted by Taufik in : motogp , trackback

honda-vario-440x100

M1-2016

Bro sekalian, semenjak hadirnya K Nakasuga sebagai WildCard Di MotoGP Motegi 2015 lalu Yamaha Factory Racing sebenarnya sudah memberikan Clue alias kode keras bahwa mereka sedikit melakukan evolusi untuk memperpanjang fuel Tank dari Yamaha M1 ke arah belakang dari Motor. Alasannya kala itu jelas, karena di Musim 2016 setiap rider ketambahan 2 liter bahan bakar dari 20 liter ke 22 liter . . . Fuel Tank yang aslinya berlokasi di bawah jok tempat duduk tidak memungkinkan untuk di perluas ke daerah depan ( lokasi ECU dan Air Box filter ) . .  Oleh karena itu fuel Tank di ‘perpanjang’ kearah sub frame dan port fillernya berada di bagian buritan Yamaha M1  . . .

440x100_tirei

jorge

Namun Rossi dan Lorenzo boleh dibilang Mulai Private test di ragon september 2015, pasca GP Valencia sudah mencoba M1 dengan model Fuel Tank seperti ini dan bahkan terakhir di test latihan GP Jerez dan Test Resmi Jerez sepekan yang lalu keduannya pun mencoba M1 dengan Rear Fuel Filler cap ini . . . Namun hasilnya ? Keduanya boleh dibilang untuk sementara lebih memilih M1 dengan lokasi fuel tank Normal . .  alasan teknisnya ?

front-tire-VR46-FP4

Adalah Wilco Zeelenberg manager team Movistar Yamaha yang sedikit menceritakan secara gamblang aspek teknis kepada speedweek (1) mengenai alasan kedua tidak memilih M1 dengan rear Fuel Filler cap. Yakni karena karakteristik dari Ban depan Michelin yang unik membuat para pebalap harus full konsentrasi pada Roda depan. Bukan apa apa, Jika secara dimensi Fuel Tank lebih ke arah belakang seakan lebih memberikan bobot ke arah belakang . . .

Factory-test-bike-M1-1

spidi-2

Dan Dengan menempatkan fuel tank yang punya dimesin dan bentuk yang mengarah ke belakang menurut Zeelenberg akan membuat Pebalap akan punya effort lebih dalam melakukan pengereman karena ban depan terasa kurang memperoleh grip akibat ada sedikit shifting bobot ke arah belakang, terutama saat awal Race dimana Bahan bakar masih penuh . . . . so nasib prototipe sasis M1 dengan fuel tank Filler dibelakang mau nggak mau baru hanya sebatas pengetesan saja sekarang . . . satu satunya moment sasis proto ini digunakan di Race ya ketika Nakasuga race di Motegi 2015 . . . silahkan didiskusikan sob . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

Comments»

1. sebluck - May 3, 2016

Widih

jebod - May 3, 2016

Amankan dari sales2 yamaho tukang pembodohan publik…

ekekek😂😂
ngisor ane celeng
🐗

2. sebluck - May 3, 2016

Begitu ya

Marquezz - May 3, 2016

Mesin m1 mirip mesin angkot carry 1000,kalau mau juara ganti dg mesin v mirip honda dan ducati.liat aja performa lorenzo dan rossi,masih kalah dari marques pembalap junior yg pake rcv😁😁😁

3. Seta - May 3, 2016

Sebenernya klo di motor front fuel filler cap (yg konvensional).. Isi dr buntut M1 itu apa sih wak? Jd kepo.. Hehe

Seta - May 3, 2016

Weeeewww popokdium coy.. Terharu sayah

Mariodepan rumah - May 3, 2016

Gundulmu podium. .sono nyari podium dingklik

indraisme1987 - May 3, 2016

Podium itu ga hanya nomer satu. Ada runner up dan juara tiga.

bagggong - May 3, 2016

podium pale lu peyang, 😀
hwahehoha

Seta - May 3, 2016

Harap liat nomernya mas.. Jeli dikit lah

miko - May 3, 2016

Sebluck nomer pertama bro…

4. Morgen - May 3, 2016

Keren juga 😁

5. Jildhuz - May 3, 2016

Ternyata ban yang sekarang yang bikin rame. Bukan ecu dari mm

Wkwkwkwkwk

https://jildhuz.com/2016/05/03/karyawan-vs-member-mlm-1/

6. momon - May 3, 2016

prototipe motor motogp lama2 kya motor bebek. ada seamles gearbox biar bisa pindah persneling tanpa tekan kopling. trus tutup tangki di belakang kya moped taun 2000-an hihihi

7. sarungban.com - May 3, 2016

gak komanan podium….

8. iwan bin ajaran - May 3, 2016

insinyure coba2… adeuhh…..

9. iwan bin ajaran - May 3, 2016

ini moto gepe bung!! jangan samain ame motor produksi… malah koyok tukang ojek…gendong sekalian napa…..

10. iwan bin ajaran - May 3, 2016

bawah ane parahhh…

11. Seta - May 3, 2016

Liat donk nomernya…yg jeli mas..

12. FBO - May 3, 2016

Berarti hrs tambah downforce ban dpnnya..
Ujungnya main lg di winglet..

13. Riva - May 3, 2016
14. dave - May 3, 2016

btw itu masukan sapa ya bikin tangki jd dibelakang?
nakasuga? jl atw vr? atw insinyur yamaha gt?
terus kan katanya ga bisa tuh kalo tangkinya ditambahin kedepan,,
nah terus gmn dong itu kelebihan 2 liter bensin?
kan katanya ga jadi pindah kebelakang..

15. ardiantoyugo - May 3, 2016

di depan saja masih pake winglet… apalagi di kasih dibelakang, bisa bisa pake aileron sekalian spoilernya tuh…

Review jaket Respiro Velocity R3: http://wp.me/p1eQhG-1HK

16. #022 - May 3, 2016

Mungkin buat yang sudah pernah make motor dengan side box atau top box akan manggut2 dengan alasan itu ya pak. Riding high speed dgn jarak lumayan jauh dgn tank bag (tas diatas tangki bensin) lebih mudah.
Pertanyaan saya pak haji,knp bahan bakar di tambah 2lt? Bukannya engine yg skrg di klaim lebih optimal ya dlm konsumsi bahan bakarnya,pernah baca tp lupa nama blognya,pokoknya blog ber bahasa inggris.

hahaha - May 3, 2016

Karena regulasi dilonggarkan dari maksimal 20 liter jadi maksimal 22 liter

17. standing pouch - May 3, 2016

wkwkwk d ksh spoiler atas 😀

18. DNFmagz - May 3, 2016

Trus 2L lg taruh mana?

19. Landise - May 3, 2016

Trus Tangki konvensional di perbesar?

20. bengkelbubut - May 3, 2016

bukannya ngurangi gejala spin roda blkg malahan

ace cooper - May 3, 2016

mengurangi spin roda belakang tp jg mengurangi grip roda dpan. jadie motor jumping mulu. g bisa ngail speed setelah tikungan. imho.

21. miko - May 3, 2016

Yg jelas cuma inliner yg bisa dipindah2 fuel tanknya…V series taroh belakang langsung meleduk kayak mesin DOHC abal2 versi ngondah ngah ngah ngah…

22. Sumeng - May 3, 2016

didiskusikan sambil dikunyah kunyah

23. kawekawean - May 3, 2016

Ekekeke kalo onda menelurkan teknologi pindah otak ke pantat: helm in ekekekeke

24. Didi Supriyadi - May 3, 2016

Ohh bgitu

25. orongorong - May 4, 2016


%d bloggers like this: