Order GSX-R-S150
jump to navigation

November 2016 . . . Honda Kuasai 78,88 % pasar Sepeda motor Domestik, Yamaha Kuasai Pangsa Pasar Ekspor December 11, 2016

Posted by Taufik in : Data Industri R2 , trackback

460x110-indent-now

cengkareng-shop

  440x100_tirei

data-nop

TMCblog.com – Bro seklaian, detik oto telah merilis beberapa data mengenai seperti apa kondisi pasar sepeda motor Di Bulan November 2016 yang lalu. Secara umum Pada Bulan November 2016 Honda Kuasai 78,88 % pasar Sepeda motor Domestik, Yamaha Kuasai Pangsa Pasar Ekspor . . Berapa tepatnya? cekidot jabaran berikut ini sob  . .

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

Total angka distribusi penjualan sampai November 2016 adalah sebesar 5.493.521 unit, Kurang 506.479 unit untuk mencapai target 6 juta unit setahun . . apakah angka ini bisa di peroleh di Desember 2016 ini ? entahlah . . nah Angka distribusi penjualan dari pabrik ke diler untuk pasar domestik sepeda motor anggota AISI (Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS) di November 2016 sendiri total adalah 570.923 unit.

Dan dari angka 570.923 Unit ini Honda kembali menguasai  Market dengan angka distribusi 450.331 unit atau sebesar 78,88% dari seluruh angka distribusi penjualan di November 2016. Yamaha mengikuti dari posisi kedua dengan angka 18,83 %  . .Namun itu angka distribusi penjualan domestik . .

data-jan-nop-ekspor

Gimana soal distribusi Ekspor ? Angka ekspor Roda dua Anggota Aisi secara total sampai november 2016 adalah sebesar 257.234 unit atau hanya 4,7% saja dari distribusi domestik.  Untuk soal Distribusi Ekspor, Yamaha adalah rajanya dengan angka distribusi mencapai 58% dari total angka ekspor sampai November 2016 diikuti Honda dengan 21,18%.

Motor apa saja yang terlaris di November 2016 . . Cekidot grafik berikut ini sob

data-nop-bike

Yap, Di November 2016 tercatat Honda beat Series menjadi Motor paling banyak terdistribusi dengan angka 203.438 unit atau 35,63% dari Total motor yang terdistribusi lintas merk dan jika dibandingkan di Line Up Honda sendiri, Honda BeAT series menempati angka 45,17%.

beat-esp-8

Honda beat sendiri juga merupakan Motor matik paling banyak terdistribusi.

New-Honda-CB150R-StreetFire

Sedangkan Motor sport yang paling banyak terdistribusi di November 2016 adalah Honda CB150R SF dengan 15.129 Unit. Untuk Segmen Motor bebek, Honda revo menjadi Motor bebek paling banyak terdistribusi di November 2016 dengan 17.963%. Honda kembali menguasai 3 segmen di November 2016. Cuma kembali lihat deh angka distribusi penjualan NMAX yang hampir menyentuh angka 30 ribuan unit .  . cuma beda 3 ribu doang sama Yamaha Mio M3 sob . . mantabbb . . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Smber : https://oto.detik.com/

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese

Comments»

1. pah poah - December 11, 2016

pertamax.
moga aja kalo pertamax terus bisa dapet hadiah.
wkwkwk.

Mo dar - December 11, 2016

Coba kalo yamaha ga punya pejuang diehard macam darmo. Bisa2 jatah yamaha ga sampe 8% dah..
Good job mo…momomo hahha

reader netral - December 11, 2016

Ekspor moncer.. kipas kipas dollar Zimbabwe duluu aagh..

MT_Rider - December 12, 2016

Para pem bc pindah kesini…

2. Vr46loper - December 11, 2016

Pertamax

♡♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♡ - December 11, 2016

ekekek

kipas2 dollar coyy ..

?????

plat titanium - December 11, 2016

dolar nya tuker rupiah coba banyakan mana mbah?

Sohc 5 speed - December 11, 2016

Yamaha export 2,6% dari total MS dalam negeri.jauh lah dari 78,9% market honda dalam negeri???

jojo - December 11, 2016

ngubah mindset ITU susah, sudah terlanjur orang Indonesia ITU klau motor ya Honda, walaupun kualitas pada umumnya masih di bwh Yamaha ya tetep Honda milihnya, APA lagi yg di kampung sono…. sama kyk ngubah kebiasaan sholat jamaah di masjid, dikasih iming2 pahala 27x lipat y masih aja solat di rumah… susah ngubah mindset… yg ngerti dn mau berubah aja yg mau…

Naga Bangor - December 11, 2016

Bhuahahaaa…

Mana yg bangga dgn kipas2 dollar??

Cuma 2,6 % doank dari distribusi Nasional

Intinya ekspor setahun yamaha semua varian ga ada setengah bulan jualan beat utk pasar lokal…

Gitu kok bangga sampe ke bool bool

Bhuahahaaaaa.,,

Naga Bangor - December 12, 2016

Honda motor busuk harga mahal kualitas ala kadar

3. Hilrock M1 - December 11, 2016

Desember nyumbang 1 yamaha enemax warna putih wak

4. Joss Gandhoz - December 11, 2016

Pertamax Turbo

5. Muke Gile - December 11, 2016

Masing” punya lahan garapan.

6. ardiantoyugo - December 11, 2016

kasian tvs terseok seok…

Yamaha Aerox 155 & XMax 250: http://wp.me/p7LBn5-2gr

7. M3 - December 11, 2016

vari0 150 sama nmax masih bisa santai…klo keduanya sudah ada lawan masing2 ..pasti menurun keduanya..

8. Omjon - December 11, 2016

Astaga, MS Yamaha turun lg jd 18% malu2in … Ngapain aja, tidur .

♡♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♡ - December 11, 2016

ekekek…

ngapain …???
ngitung dollar coy…

???

zazzyjr - December 11, 2016

Tetap jualan bro tapi yimm lagi fokus jualan alat2 musik seperti piano dan gitar , di alat2 musik ahm tidak bisa kalahkan yimm bro 😀

Naga Bangor - December 11, 2016

Bhuahahaaa…

Mana yg bangga dgn kipas2 dollar??

Cuma 2,6 % doank dari distribusi Nasional

Intinya ekspor setahun yamaha semua varian ga ada setengah bulan jualan 1 varian honda beat utk pasar lokal…

Gitu kok bangga sampe ke bool bool

Bhuahahaaaaa.,,

Sidiq mxking - December 12, 2016

Ingat roda nggal selalu diatas juga nggak selalu dibawah. Yg nge bc mental sales bukan rider sejati. Klo ane sih nggak ngefans merk , org cuma nggak tau kualitas mtr yamaha…buktinya ane sebelumnya pake beatpop …pas ganti ke new fino 125 bluecore ..asli enakan pake fino. Trus ane berfikir berarti mio z lebih enak dari beat krn ban nya gede dan mesinnya sama sama fino …sayangnya 78% konsumen banyak yg blm tau hal ini. Yimm hrs rajin menggelar test ride gratis mio z di berbagai daerah

9. fbyampas@yahoo.com - December 11, 2016

fbyampas

10. shiro - December 11, 2016

wew,dollar 4,7%

T.O.P. - December 11, 2016

padahal kata si darmo kipas2 dolar, kok ndilalah angka riilnya ternyata cuma 2.7% doang?
harus dilakukan penghitungan ulang ini

11. Omjon - December 11, 2016

Astaga, MS Yamaha turun lg jd 18% malu2in … Ngapain aja, tidur … Jualan kecap sih..

12. dpx - December 11, 2016
13. Duleh - December 11, 2016

Ane nyumbang satu soul gt, hi3x …karena tidak sebanyak mbiit, sering diliatin orang. Ini motor apaan…geer…

14. cub70 - December 11, 2016

jadi ingat omongan bro komeng goldmachine. prediksi MS yamama (<30%) 20% ini udah ditulis ama dia 1 tahun sebelum kejadian dan lucunya ada bloggersmart dan fbsmart yang mengcounter bro komeng… eh yang ada malah kejadian beneran… dan gak pake malu. semenjak itu tidak ada tulisan tentang blograce dari bloggersmart karena lapaknya langsung sepi.

♡♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♡ - December 11, 2016

wkekekekk…

tapi pendapatan dollar menggunung ..
yg gak tau malu itu
katanya pabrikan besar gak lolos eksport .

zlub.

?

Sohc 5 speed - December 11, 2016

2,6 persen ekspor yamaha mau lawan ms honda 79%.mana yg kipas2 dollar???

Muke Gile - December 11, 2016

Posthink aja …

Kalo Dalam negeri MS segede Gaban.. keteteran lah Karyawan Yamaha Indonesia.. ngerjain Buat Lokal & Ekspor..

Gak mungkin Yamaha Global ngasih Beban lebih dari kemampuan Yimm.

15. sri - December 11, 2016

Mbah darmo kurang inovasi, marketnya wajar turun…

16. Anton - December 11, 2016

Gawat, artinya jumlah penjualan motor selain honhon dikalikan 3. Tetap aja lebih laris honhon. Ayo FBY, jangan cuma jas jos. Di beli motor kualitas ekspor (versi darmo) salam BIKER

♡♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♡ - December 11, 2016

ekekekek…

eropa ogah beli motor ngoahaem cung ..

???

plat titanium - December 11, 2016

lbh value motor janda om, desain nya tak lekang oleh waktu dan lebih joss mesinya
.

.
.
ktnya gitu om

17. igor - December 11, 2016

perlu bantuan komisi persaingan usaha? untuk mencegah praktik monopoli

18. Jhon Gendhon - December 11, 2016

Ora kaget blasss….hondut sekarang desainnya makin keren….jlub

miko - December 11, 2016

Keren ndiasmu!

19. iwakbeneran - December 11, 2016

y perlu banyak belajar sama h

20. Antibece - December 11, 2016

Y*m*haa butuh pembeli bukan fensboy garis keras kayak laskar pelangi.

21. Antibecek - December 11, 2016

Y*m*haa butuh pembeli bukan fensb*y garis keraaas kayak laskar pelangi.

22. ITAYAMA SAN - December 11, 2016

Byuuh, sijuki kasian banget 0,000002 % :'(
Ayo GSX-R 150 nya dibeli dong….

23. ♡♡ ™MB@H D@RMO™ ♡♡ - December 11, 2016

ekekekek…

fbh langsung merinding
lihat eksport yamaha menguasai …

kipas2 dollar cung ..

???

Sohc 5 speed - December 11, 2016

Ekspor yamaha cuma 2,6% dari total MS honda yg 79%???kecil bgt..merinding apaan???

Honda joss - December 11, 2016

Darmonya yg merinding broo……

Karna ga bisa bayar pasukan BC nya…..

Bruakakakakakkkk

fB Y&H - December 11, 2016

Bulan Nov, eksport YIMM 10K unit, AHM 6K unit. Ini AHM sdh jualan CBR 250 RR apa blm y, secara Global production Base untuk CBR 250 RR adl Pabrik AHM.

24. Sidiq mxking - December 11, 2016

Desember ane nyumbang satu fino 125 bluecore …dan ternyata setelah pakai fimo nyaman dan menggembirakan, beat&scoopy mah lewat n telap sama fino125 ..cuma mayoritas konsumen kurang tau hal ini jadi nggak terlalu banyak yg pilih fino125
..padahal ternyata fino lebih enak dari beat&sccoopy

plat titanium - December 11, 2016

jd yg 78.88% pembeli honda pan*at nya kapalan krna gak bisa rasain enaknya motor yimihi ya om?

rdy - December 11, 2016

ekekekke

benerrrr ebak matic Yamaha stabil lincah tarikannya mantab

apalagi kalau buat boncengan torsi kerasa nampol

hayayayayyayaaa

Sohc 5 speed - December 11, 2016

G laku lah vixi,konsumen dah cerdas,sport premium wajib dohc.sport bapak2 sohc,sekelas verza,thunder dan vixi???

Gw aje - December 11, 2016

Lhah gw nyumbang Honda 3 ajah gw diem2 …. Nyumbang Satu ajah koment????… Dan ternyata lebih enak dari Fino, lebih enak dr vixson, lebih enak dr sul…???

25. rdy - December 11, 2016

ekekekkeke

Yamaha emang nurunin Kapasitas produksi dibagi dengan Produk yg lain dan persiapan All new Produk

Honda kejar target Produksi. akhirnya numpuk di delerrr
cbr150/cb150 gak enakkk shokbreker atosss mesin ngedenn speedometer cuiliikkkkkkkk lebih enak Vixion

hayayayayayayya

kaoskaki - December 11, 2016

pernah denger kata-kata kaya gini, kalau gak salah di lamer

Muke Gile - December 11, 2016

Kalo komen Pake Perasaan yaa macam si RENDY/ RDY di atas…

26. Byuh - December 11, 2016

Satu kata: “sakne” ?

27. windy sweety - December 11, 2016

Hedehh MS mulu…

noh baru aja selesai @Fox sport FIM ENDURANCE Cship 2016 10 jam ketahanan Mesin..
YAMAHA R1M juara 1
2.SUZUKI GSX RR 1000
3.honthaaa CB 1000 RR fireblade
4.KAwasaki ZXR 1000
….

Sohc 5 speed - December 11, 2016

Moto gp m1 motor yg sering mleduk???

28. windy sweety - December 11, 2016

ngiahahahah semua jg tau kualitas hondiaaaa Ngoahaem dimata eropa… tau ndiri lah ekekekek
YAMAHA dilawan ora iso coyyy kipas kipas dollar coy ??
Go YIMM kualitas eropa… ??

Honda joss - December 11, 2016

Ya udah mas……

Persentasi eksport nya dikalikan aj sm rupiah, dapetnya brapa….

Msh banyakan siapa dapetnya…….????

Gitu aj kok sampe kozel” nahan lapernya….

Ekekekekekekekk

29. Windy Sweety - December 11, 2016

ngoahaha lagi lagi cebong new 1000 fireblade Bermasalah akhirnya keok di FIM Endurance ketahanan Mesin 10 jam nonstop
??
Gak usah bertele tele
juara 1 yamaha R1M
2 Suzuki GSR 1000
3 hondhiaaa Friblade 1000 rr
4 kawasaki Zxr 1000

gak percaya silahkan ganti chamel @Fox Sport tv

Sohc 5 speed - December 11, 2016

M1 moto gp motor yg paling rendah ketahanannya,mleduk,ngebul???

Honda joss - December 11, 2016

Gak usah bertele tele……

Matic terlaris Beat, yamaha…????
Sport terlaris CB, yamaha….???
Bebek terlaris Revo, yamaha…???

Suling, dan piano baru yamaha terlaris….

Lavarr niii yeeeeee

Bruak
Bruak
Bruakakakakakakakakkkk

Muke Gile - December 11, 2016

Tapi fakta nye R1 selalu di belakang CBR di WSBK

Bingung kan..?

30. joni - December 11, 2016

Mbah Darmo bener banget komen disini, Honda dah gak nyaman dipakai apa Yamaha yang semakin pintar bikin motor ya Mbah? Soalnya pake tiger mesin klotok2, pas pakai Vario 125 LED lampu gk terang dan jok keras, pas ganti all new beat esp 2016 jok malah tambah keras bikin pantat keram dan speed 100km/h gk dapet

Honda joss - December 11, 2016

Cie cie…..

Fberuk nya nyaru make honda…..

Bukan yamaha pinter bikin motor, tp konsumennya yg pinter ga mau beli produk jualan cat doang.

ucrit - December 11, 2016

Saking pintar nya bkin mtor,skarang udah sama antara mesin sport ama matic nya,SOHC 155cc VVA .

plat titanium - December 11, 2016

ga ada salahnya kalo ga puas pake merk sayap, bisa pindah merk garpu. ga ada salahnya kasih kritik juga

tp apa bisa om larang utk beli merk sayap? silahkan coba

31. Lem biskuit - December 11, 2016

Vixion kok zonk,,apa gak ada yg beli y

32. paijo - December 11, 2016

Ekekekekekekekekek…..
Ahm untuk memenuhi pasar dalam negeri saja masih keteteran alias kwalahan. Ya jelas aja blm mikirin pasar ekspor terlalu jauh.

Sedangkan yimm…
Ya pastilah MUMET pikirane karena untuk pasar dalam negeri motor yimm GAK LAKU BABAR BLAS ?
jadi kalo gak diekspor trus mau ditumpuk dibantar gebang????

Honda joss - December 11, 2016

Njlubb

Ngah ngah ngah

33. dolaran - December 11, 2016

Wkakaka kipas2 dolar…. Total ekspor 257rb 58% cuma skitar 150 ribuan setara sama beat sebulan… Kalaupun yamimi pake standart seperti biasa jualan oper pret dgan margin keuntungan 2x lipatpun cuma setara beat 2 Bulan…. Wkwkwkwk

Anton - December 11, 2016

Margin paling kecil, justru motor yang di ekspor. Tuh buktinya vikson yang di Malaysia, ga ada yg ngebul dan protol. Sedangkan di Indonesia, tau sendiri gimana vikson nyenggol matic hondut butut, langsung buyar. Salam BIKER.

34. paijo - December 11, 2016

Gak usah bertele-tele:
* r25 raja mesin PROTOL
* r25 raja BOROS BENSIN
* r25 raja cat ngelontok kena sticker
* r25 raja SUNATAN MASSAL
* r25 motor paling NDANGAK

Gak heran karena MADE IN CHINA cuma dirakit di Indonesia

35. yoyok - December 11, 2016
36. Atlantian - December 11, 2016

We love honda

37. dpx - December 11, 2016
38. ucrit - December 11, 2016

MbeAT jok keras,Vario lampu buram,NCB DOHC abal2,yg sering d BC FBY nyata nya lebih laku !

MX King raja IRS yg bsa ngalahn Kroket msa kalah ama REVO dan SUPRA sich !

FBY yg g becus jualan,ato KONSUMEN yg sudh cerdas ??

39. Muke Gile - December 11, 2016

Yang di ekspor Yamaha motor apa aja Om Taufik ??.. ..

1) nmax
2) Soul Gt
3) .. .. ?

berkenan dijawab Nuhun..

Muke Gile - December 11, 2016

3) R25
4) R3
5) Vixion ..?
6) Xabre.. ?
7) .. ..?

40. Gw aje - December 11, 2016

Ya sudahhhhh… Terima ajah kl sdh kalah…jg koment2 yg gak guna…. Dosa?????

41. cub70 - December 11, 2016

itu aja skupi masih pake inden…
beda ama enemax yang udah ga ada indennya (ready stok dealer) plus bisa expor. artinya sebenernya MS honda bisa lebih dari ini bila skupi produksinya cukup….

plat titanium - December 11, 2016

skutik ngondah yg benar2 niat utk dibikin ya ini skupi, berdasarkan pengamatan mata kepala sendiri dibanding skutik ngondah selain skupi

maka ga heran kalo produksi nya lama dan unit nya terbatas

Ikramz - December 12, 2016

Scoopy kan mau keluar yang baru (lampu led & velg 12) ngapain masih inden yg lama

42. Dika - December 11, 2016

Jualan ekspor nya itu apa aja ya produknya ?

43. DaJo - December 11, 2016

hmm keren.

44. thoi - December 11, 2016

tetep aja org jepang yg kaya mah

45. ♣❇AHM HARUS BIKIN HONDA REBEL 150❇♣ - December 11, 2016

mmm. . .HONDA semakeun lama semakeun berkoeasa & merajai dunia permotoran. . .
. . .sama kayak mindset mesin HONDA makeun lama mekeun kencang & irit. . .
untoek melawan HONDA, YamahaKawasakiSuzuki haroes prodoeksi motor unik misal trail, adventure & cruiser bike. . .coz kalo lawan pake motor mainstream soesah bozz . . .
Note: “untuk jadi pemenang jangan jumawa & tuli kepada konsumen”

46. ♣❇AHM HARUS BIKIN HONDA REBEL 150❇♣ - December 11, 2016

mmm. . .HONDA semakeun lama semakeun berkoeasa & merajai dunia permotoran. . .
. . .sama kayak mindset mesin HONDA makeun lama mekeun kencang & irit. . .
untoek melawan HONDA, YamahaKawasakiSuzuki haroes prodoeksi motor unik misal trail, adventure & cruiser bike. . .coz kalo lawan pake motor mainstream soesah bozz . . .
Note: “untuk jadi pemenang jangan jumawa & tuli kepada konsumen”

47. nasihattun - December 12, 2016

masukan sederhana buat semua diler yamaha se-Indonesia jangan nyusahin orang yang mau beli cash.

48. ndx aka familia zhoronk west papua - December 12, 2016

Inilah gambaran siapa yg cepat mengerti keinginan konsumen dialah yg pilih, Ane terharu melihat TVS yang mampu survive di data AISI melawan pabrikan jepang, Moga pabrikan lokal bs brsaing .
mohon doa restu
#cintailahproduklokal

49. panji - December 12, 2016

Kata’a fbh kaum kismin cuman mampu beli beat alias metik, liat noh yamaha yg paling laku sport??? Metik juga keleus, mending honda ada metik, sport, bebek :v
Mana raja sport yamaha, g usah alesan bawa” race dah, emang turun dari pabrik langsung spek race 😀
Kipas” dolar, ya elah, secrot doangan :v

50. blade_in - December 12, 2016

Keterampilan menjual Honda kini selevel lebih tinggi dari kemampuan marketing Yamaha 3-4 tahun lalu…. (3 level dari Yamaha saat i i). Bingung, kekuatan desain dan marketing yg dulu milik YIMM, kini malah jadi milik AHM. Sepertinya YIMM sdang krisis SDM. Sehingga produk sebagus apapun jadi gak laku di pasaran…

51. oka pertama - December 12, 2016

Ini akibat yamaha tuli sama konsumen. Mana yamaha yg 10 tahun lalu. Waktu mio series mengguncang pangsa pasar bebek series yg dikuasai honda. Waktu vixion mengguncang hegemoni GL series ( tiger dan pro series). Untuk bisa mengguncang seperti itu perlu inovasi, dan mendengar kemauan konsumen.
Ayo pabrikan lain keluarkan inovasimu.

52. choirilmoto - December 12, 2016
53. cahcepu - December 12, 2016

Arep ngerubah mindset pie..wong motor Y ae akeh seng kentekan oli mesin padahal yo servis ganti oli rutin..mbuh neng ndi oli mesine kok akeh seng entek ngono.
Akeh pokokke seng ganti bureng sak sekhere

54. marq the winner? - December 13, 2016

Terrnyata benar apa yg di katakan mbah darmo yamaha moncer di export tp salutnya ahm mengikuti di belakangnya dan syg nya HONDA masih kokoh di tanah air ini coba ntar klau ahm ngeluarin maxi scootic bubar sudah tepar tu nmax gk prcya tgu aja nanti yh tp sih doa ane mdh”an ahm gk ngeluarin maxi scootic biar Y tetap ada si negri ini ????????????????????????????????????

55. Vijay - December 13, 2016

Saya masih sering bingung dengan data market share penjualan seperti ini kan menurut keterangannya data ‘distribusi penjualan ke diler, nah artinya angka segitu itu adalah distribusi/unit keluar dr pabrik dikirim ke diler (dibeli oleh diler) atau yang benar2 sudah dibeli sampai jadi hak milik konsumen??

Moto minded - December 14, 2016

logikanya, unit yg mampu ditampung dieler (display maupun gudang) adl tetap. makanya semakin banyak dikirim pabrikan dan diterima oleh dieler, maka barangnya makin laku.

Contoh, spin atau titan yg ga dikirim lagi sama suzuki, artinya keduanya ga laku, dieler ga mau beli. Karena sdh ga bisa jual.
Beda dengan Satria F series yg masih terus menggelontor ke dieler, dieler mau beli, karena yakin bisa jual.

56. dave - December 13, 2016

wah bagus kalo ekspor

57. HARTARUKI - December 13, 2016

sebagian besar penggemar vixion lari k NMAX

58. ediser - December 13, 2016

Saya 4 tahun lalu sdh beralih ke motor made in India, soal performa dan fitur untuk kelas motor harian sangat tdk kalah dgn buatan jepun malah saya katakan fiture lbh maju di banding buatan jepun, spt TVS apache saya yg jika dibandingkan dgn merk H.Verza sungguh lbh unggul, sbg contoh tail lamp TVS sdh LED HV jelas msh bulb, Headlamp dpt diatur kecerahannya, HV blom, Indikator service sdh tersemat, HV jelas blom, tuas perpindahan gigi jauh lbh sporti, HV lihat saja sendiri ente bentuknya spt apa sederhana banget,sock belakang sdh gass, HV msh oli, speedometer jelas lbh menarik, Hv biasa2 saja. hanya saja memang selera orang Indonesia terhadap model global blom spt di negara lain. di Indonesia punya karakteristik sendiri tentang model yg disukai, jadi imagelah yg akhirnya menentukan laris tdknya produk……

Moto minded - December 14, 2016

kemudahan suku cadang dan services ny gmn Om.



%d bloggers like this: