TMCblog.com – Bro sekalian, Di akhir Pekan ini pada gelaran MotoGP Mugello 2017 Michelin akan mebawa ban baru yang belum pernah digunakan dalam Race weekend sama sekali. Ban baru ini akan menghadapi Ujian sebenarnya dalam 23 Lap Race day melibas Track Sepanjang 5,245 Km plus salah satu Straight paling Panjang dalam Kalender MotoGP dengan Top Speed bisa diatas 350 km/jam diujung straight .. . Seperti apa sebenarnya ban baru tersebut ?

jadi Ban Baru Michelin ini menggunakan karkas karet yang ‘ stiffer ‘ / Lebih kaku dibanding Karkas Karet ban yang digunakan di Mugello Tahun lalu dan di sepanjang 5 Seri kebelakang. Ban dengan karkas baru ini sudah ditest di Jerez Musim 2017 ini dengan hasil bahwa mayoritas pebalap memilih untuk memakai Ban dengan karkas ‘ lebih kaku ‘ ini . .

Michelin menyiapkan ban dengan Karkas baru ini dalam 3 pilihan kompon ban yakni Soft ( Pita Putih ), Medium ( tanpa warna pita ) dan hard ( Pita Kuning ). Untuk Mugello, Khusus untuk Kompon ban Medium Michelin menyiapkan ban dengan konstruksi Asimetrik dengan sisi sebelah kanan memiliki kompon yang lebih Hard dibanding yang kiri . . hmmm memang dari straight terpanjang lalu bersiap menyambut Start/finish straight Pebalap akan berhadapan dengan kondisi Pengereman yang sangat berat ( heavy Braking ) Plus Juga tikungan Off Camber butuh Ban yang lebih Kuat disiksa dan dipakai kerja keras . .

Taufik of BuitenZorg

28 COMMENTS

  1. Sering amat kluar ban baru, sebenarnya kaya inovasi atau miskin konsistensi?
    Pabrikan sebelumnya perasaan tidak sesering ini deh menelurkan produk.

    Guest
    • Bukan dua2nya #imho intinya masih “mencoba2” sampai ketemu yg terbaik, bridgestone itu ibarat kfc yg punya resep rahasia

      Guest
    • intinya rider kudu ati” kalo di kasi saran oleh michel u/ pemakaian ban, sebab bisa jadi itu dijadikan tikus percobaan oleh michel.

      Guest
    • michelin ajah sampe bilang di motogp 1 tahun lebih banyak pengembangan dari pada balap lain 10 tahun.. ekekekekk

      Guest
    • Liat ban yg di jual…pilot power 3 cuma 2 kompound…itu aja sampek di tulis di dinding ban-nya…bangga bisa bikin 2 compound…lha battlax s21 1 ban 5compound diem aja ga di tulis..wkwk…beda lah ya kualitasnya…enak pokoknya pakek s21…mau kering mau basah ban amat sangat nempel di aspal.

      Guest
  2. Ribet banget buat ban, harus di tentuin keras kiri, tengah, dan kanannya. Berarti memang Michelin kurang bagus produk nya

    Guest
  3. ban baru nya ini ban depan aja atw ban belakang jg mas?
    terus kabar rossi gmn nih?
    uda sembuh kah? bisa ikut race kah?
    atw masih belom jelas kesehatannya? thx

    Guest
  4. ban jerez di bawa bawa..

    ada udang di balik batu ini …..

    mg blpn ttp seru…gk kyk jerez membosankn..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.