TMCBlog.com – Assalamu’alaikum mas bro… Sudah sejak lama rumor tentang KTM yang sedang menjalankan riset sebuah motor dengan genre adventure ataupun Rally di kelas lightweight alias kelas capung. Jadi tuh di sekitar tahun 2016 telah beredar foto-foto spyshot motor yang diduga kuat sebagai KTM 390 dengan kaki-kaki jangkung dan tebeng depan yang tinggi, ciri khas dari sebuah motor rally. Dan kali ini bentuk motor yang kena jepret lebih baik dari segi design seperti sudah siap untuk diproduksi massal.

Salah satu yang memberitakan hal ini adalah Motorcycle.com dan Overdrive.in , Dan seperti yang bisa kita semua lihat pada foto yang ada dimana KTM memakai desain pada Duke 390 Adventure yang masih mirip-mirip dengan KTM 790 Adventure R dengan tarikan garis body tajam dan agresif dan juga kaki-kaki jangkung, windscreen yang cukup tinggi meskipun pada cover headlamp masih terhitung kecil jika dibandingkan dengan Kawasaki Versys X250 ataupun Honda CRF250 Rally.

Tampang depan agresif banget sob dengan masih mengandalkan splitted headlamp seperti yang sudah dipakai oleh Duke 390. Bagian spatbor depan ada kemiripan dengan milik KTM SX450F Rally yang dipakai untuk ajang Rally Dakar, dimana bagian samping yang menutup as sokbreker depan punya dimensi yang lebar. Ban depan disinyalir memakai ukuran 18 inchi dengan spek ban dual purpose. Terpantau motor di foto ini pakai ban merk Metzeler tipe Tourance. Spesifikasi ban yang jamak digunakan motor genre adventure dalam keadaan standar pabriknya. Lalu roda sudah menanggalkan model racing rim palang 10, kini lebih cakep kalau menurut TMCblog dengan spoke wheel. Lebih Rally Raid gitu jadinya euy,.. Windscreen harus direvisi nih karena terlihat kalah tangguh dari kompetitornya yang sudah beredar duluan di market. Dengan genre motor adventure ataupun motor rally sudah sewajarnya windscreen berdimensi besar dan tinggi. Atau memang sengaja karena sudah disiapkan aksesoris KTM Power Parts yah? Sedangkan pada area kemudi, pembekalan handguard membuat motor seperti sudah siap diajak berpetualang sedari keluar dari dealer-nya nih. Hehehe,… Lalu ada detail yang cukup unik yakni fairing mika plastik yang ada di samping headlamp, untuk apa yah kira-kira fungsinya? Sebatas pemanis atau untuk aerodinamika? Beralih ke sektor pembuangan, meilhat Muffler knalpot yang hadir pada KTM 390 Adventure di foto ini cukup serasi dengan keseluruhan bentuk motor. Dengan dimensi besar namun cukup pipih berbentuk heksagonal, membuat knalpot Duke Adventure ini mendekati pacuan rally. IMHO. Satu yang bikin saya mengerutkan dahi adalah, pada foto di atas gak ada engine guard di bagian bawah-depan mesin. Padahal motor petualang seperti ini akan sering diajak ber-off road ria. Kan sayang bener kalau crankcase mesin terbentur kerikil atau batuan saat dipacu di luar jalan mulus. Namun, ini masih unit test yang mana unit mass-pro nya bisa saja hadir dengan bentuk dan detil berbeda dari yang ada spyshot ini diambil.

Jalur header knalpot beda nih dari Duke 390 yang ada saat ini. Untuk varian adventure ini pipa header lewat bawah mesin dengan catalyst tetap menganut model under belly. Apakah ini artinya ada perubahan besar di sektor air filter box? Oh iya, sasisnya masih belum banyak berubah dari Duke 390. Entah kalau ternyata sudut rake kemudi akan berbeda dari Duke 390 karena peruntukan dual purpose sang Duke Adventure tersebut. Dari sini keliatan ring roda depan berukuran lebih besar, diatas 17 inchi. Jujur dalam keadaan seperti ini saja saya sudah jatuh cinta sama KTM 390 Adventure ini. Bisa banget jadi penantang Versys X, CRF250 Rally ataupun BMW G310 GS yang sama sama hadir dari tanah India (BMW Motorrad – TVS Motor). Semoga akan dijual juga motor ini di Indonesia yah.. Beralih ke bagian buritan, dimana buntut lebih panjang ketimbang Duke 390. Sub-frame Duke Adventure ini berbeda total dari Duke street fighter sob. Terlihat jelas di bagian bawah jok body lebih besar dan cukup banyak bagian besi dari sub-frame yang tertutup body plastik rapat. Indikasi adanya bagasi under seat kah? Terus terang hal itu masuk akal banget bro, mengingat motor untuk adventure akan membutuhkan ruang penyimpanan lebih banyak ketimbang varian naked street KTM. Sepertinya sih jok akan punya kenyamanan ekstra ketimbang Duke saat ini. Meski ini masih prototipe awal dan kemungkinan desain akhirnya berbeda. Tunggu dulu,, Spatbor kok mirip Yamaha NVL yah? Desain lampu belakang juga masih belum nampak, tapi bisa dipastikan akan dibekali LED lamp Jok juga lebih rata meskipun terpisah (split seat) akan memberikan kenyamanan ketika diajak jalan jauh. Hadir juga grip/behel yang menyatu dengan body, fitur yang berguna ketika owner butuh pegangan ketika akan menggeser motor saat parkir.

Velg pakai Takasago Excel Rim tuh. Ajib benerrr….. Buat yang tau merk tersebut, alumunium rim asal Jepang itu terkenal punya bobot yang ringan dan kekuatan yang ekstra. Sudah bukan barang baru di motor Special Engine kang bro. Kalau jadi velg/rim bawaan Duke 390 Adventure sih, keren buanget.. Posisi riding tegap dengan stang baplang lebih tinggi posisinya ketimbang Duke 390, ciri khas motor adventure dual purpose. Spion masih pakai model yang sama dengan model Duke yang telah beredar, sein LED dan swing arm spyderweb. Panelmeter terpantau sudah dengan model LCD digital yang besar, ada GPS nya gak yah kira kira?

Besar kemungkinan fitur dasarnya akan disamakan dengan Duke 390, Riding Mode, Ride by Wire dan lainnya. Namun bisa ketambahan fitur lebih yang menunjang perjalanan jarak jauh.Banyak bagian dari KTM 390 Adventure dalam spyshot ini yang menggunakan common parts dengan Duke 390 seperti sektor pengereman dan mesin serta elektrikal, maka tidak mustahil jika kedepannya KTM akan menjualnya dengan harga yang mirip-mirip dengan Duke 390 saat ini tapi jangan kaget jika nominal harganya akan lebih tinggi dari Duke mengingat motor adventure akan ketambahan beragam fitur dan juga dari sisi material harusnya sih lebih kuat ketimbang model on road nya. CMIIW. Harga 130 juta rupiah sih masuk akal nih bersanding di seberang BMW G310 GS sebagai rival head to head nya. Motor di segmen adventure (ADV) seperti ini akan memiliki penggemarnya sendiri, bukan tidak mungkin semua pabrikan sepeda motor di tanah air akan menghadirkan senjatanya masing-masing. Karena motor ADV berkubikasi mesin besar laris manis di pasaran Eropa/Amerika, pun demikian mereka juga menjual motor ADV dengan cc yang lebih kecil. Are You Ready To Race?

Nugi TMCBlog

23 COMMENTS

    • Terus keluar deh versi “high res” nya dengan posisi foto yg sama persis πŸ™ˆ

      Guest
    • Klo dijebretin dgn gamblang plus high res,, gak bakal ada berita lagi dong soal spyshot2 nya… Org udah gk penasaran lg wkwkwk

      Guest
  1. Senada sama 1050, kurang sreg di bagian lampunya. Kalo dibikin nyambung sama body kaya di crf 250 rally sama versys 250 malah cakep. Keknya itu headlamp mountingnya ke USD ya wak? Sama agak kemajuan posisinya.
    Tapi overall keliatan nyaman, joknya bagus tuh, bisa jadi alternatif kl keluar versi 200/250nya. Pake duke 250 istri pasti ngomel kl dah jalan 50km lebih

    Guest
    • IMO kurang adventure kalo ngikut stang, kalo dibikin nyambung sama body malah bagus tuh. Semoga jadi masuk soalnya males ganti motor lain, udah seneng sama torsinya bro

      Guest
  2. Cb500x kalah value dong klo dijual 130-135 jeti?? Sisanya bs buat modif windshield, knalpot dll , ktm emg value dh ,melihat lihat spt duke 390 yg termurah dan terkencangg dikelasnya bahkan yg 500cc cma jd ampas aja dh ,sayang 3S ny msh jd momok suramm πŸ˜‚

    Guest
    • Kata siapa susah? Di semarang aja gampang kok. Kebetulan abang punya juga duke 390 sama crf 250 rally sama aja buat spare partnya. Fast moving ready, lainnya inden semingguan biasanya. Toh ga semua kota ada dealer big wing kan.

      Guest
  3. Spakbor depannya, kok mepet ke roda depannya? Apa gak takut nyangkut kelumpur, klau dibawa sedikit bernakal-nakal ria di track/jalan tanah?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.