Bro sekalian, menarik membaca tulisan detik Finance (1) yang mengatakan bahwa Pertamina akan memulai menghilangkan bensin jenis Premium Ron 88 dari SPBU. Sebagai Gantinnya Pertamina akan menyiapkan bensin yang secara Kualitas diatas Premium namun dengan harga di bawah Pertamax . . . apaan coba? Kalo tmcblog langsung berfikiran ke BBM dengan Ron 90 yang pernah dijual Pertamina dulu dengan Nama Premix
“Nama bensin dan logo barunya sedang disiapkan. Tapi bensin baru ini RON-nya pasti lebih tinggi dari Premium yang hanya RON 88, plus aditif, pastinya bahan bakar ini buat tarikan lebih halus, bertenaga, ramah, dan melaju lebih jauh,” ungkap Direktur Pemasaran Pertamina, Pak Ahmad Bambang kepada detikFinance
Kenapa TMCblog langsung langsung berfikiran ke BBm Ron 90 ? Logikannya Proses dan onkos produksi dari BBM Ron 90 itu lebih murah dibandingkan harus memproduksi BBM ron 88 . . . kenapa karena selama ini Pertamina itu mengimpor bbm sudah dalam bentuk bbm dengan Ron 90 . . . jadi sebenarnya yang dijual menjadi bbm ron 88 itu dilakukan proses lagi yang butuh biaya . . . ini bukan kata tmcblog lho . .. ini kata Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Pak Sugiharto yang juga pernah ditulis di detik Finance (2) . . .
Dengan logika di atas . . . harusnnya dengan menjual Bensin Ron 90 sebenarnya cost produksi Pertamina sudah terpotong karena sudah nggak perlu lagi melakukan banyak perubahan .. . dan mungkin biaya produksi utuk menyiapkan bensin Ron 90 bahkan bisa lebih murah dari Pada biaya produksi menyiapkan bensin Ron 88 hehehe . . . so kira kira kalo gitu Harga Bensin Ron 90 harusnnya lebih tinggi atau lebih rendah dari Ron 88 ?
Update dari dapur pacu (3) disebutkan kemungkinan bensin baru ini akan dinamakan PertaLite . . .silahkan didiskusikan sob . . . semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
sumber :
- http://finance.detik.com/read/2015/04/16/113942/2889072/1034/premium-dihapus-pertamina-siapkan-bensin-baru-yang-lebih-murah-dari-pertamax
2. http://finance.detik.com/read/2013/04/24/161638/2229437/1034/wah-bensin-premium-yang-dijual-spbu-ternyata-premix-ron-90
- http://dapurpacu.com/239759/premium-akan-pensiun-diganti-pertalite/
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : [email protected]
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
yeaaa
tinggal buktiin aje bisa gak mereka kasih harga ‘terjangkau’ apa cuma speak dewa doang hehehe…
—————
http: //kobayogas.com/2015/04/16/test-ride-yamaha-nmax-rem-abs-nya-bikin-nyaman-ke-hati/
Ternyata Minyak Bumi BUKAN Berasal dari Fosil ! PENTING !! INDONESIA HARUS MAJU | Kaskus – The Largest Indonesian Community
http://www.kaskus.co.id/thread/5215078cfeca179e3900000a/ternyata-minyak-bumi-bukan-berasal-dari-fosil–penting–indonesia-harus-maju/
Memang perkembangan ilmu pengetahuan ya kayak gini bro. Seringkali suatu teori yg dianut oleh banyak orang dalam waktu lama, suatu saat diganti dgn teori lain. Misalnya Teori Mekanika Newton yg dianut lebih dari 200 tahun, ternyata tidak berlaku untuk partikel sub-atomic, dan diperbarui oleh Teori Relativitas Einstein.
jadi ingat masa sma ada bbm namanya premix 🙂
—
https://dk8000.wordpress.com/2015/04/17/price-list-barisan-moge-ahm-2015/
premix on
Ikutan dong , hehehehehe
https://greenpeacecar1.wordpress.com/
pertamaxmundak
Begitu pertalite sudah tersedia masal:
1. Premium ganti nama Pertakin. dan turunkan kualitasnya tanpa aditif.
2. Beri subsidi untuk pertakin saja, tapi pembelian wajib menunjukkan kartu gakin atau plat kuning.
Biar yang gak mampu bisa beli pertakin, yang tengah dipersulit beli pertakin dan males juga karena terbatas dan kualitas jelek
jos jos jos
asal murah aja
ongolongol.com/2015/04/16/seperti-inikah-bentuk-all-new-cb1000r-2016/
Semoga lebih murah..
Ganti nama aja ,..Premix udah pny image jelek di masyarakat awam..atau ttp pk nama Premix biar masyarakat awam takut & lari ke pertamax semua 😀
Berarti nggak jaman komen PERTAMAX besok untuk urutan satu jadi PREMIX hihi
joss
kenapa ga dari dulu…
Review handling Yamaha Nmax: http://wp.me/p1eQhG-16c
Mungkin secara Biaya setuju jadi murah tetapi secara Quantity jadi kurang wak, karena import trus nggak di oplos jadi premium yak kaliiihhh
#pendapat orang awam
kayanya premix lebih mahal…. “dengan alasan pemerintah ron 88 aja di jual 7.400/L ya kalau ron 90 berarti 8.000 dong”….
Wak Haji,
mengacu ke pernyataan,
**Logikannya proses dan onkos produksi dari BBM Ron 90 itu lebih murah dibandingkan harus memproduksi BBM ron 88 . . . kenapa karena selama ini Pertamina itu mengimpor bbm sudah dalam bentuk bbm dengan Ron 90 . . . jadi sebenarnya yang dijual menjadi bbm ron 88 itu dilakukan proses lagi yang butuh biaya **
pertanyaaan saya sebagai rakyat kecil ke pertamina itu , Wak…
kenapa harus ada proses dari dulu,..kenapa dari dulu pas bensin ada subsidi tidak langsung dijual dalam bentuk Ron 90?padahal dengan dipangkasnya biaya proses,toh memungkinkan subsidi bisa di reduce langsung,atau dari dulu sudah bisa dihilangkan,biar tidak seperti sekarang ini,bensin naek turun ngikutin fluktuasi harga pasar,…tapi sembako,tidak turun juga jika bensin turun…gimana dengan orang awam yang mungkin tidak tahu system fluktuasi harga minyak dunia tersebut,bisa bisa,lama lama,minyak goreng terbuat dari olie bekas gara gara kemahalan…?
kalau berkenan,tolong tanyakan dong Wak..thxz.
logikanya sangat kena mang… ngapain cape cape olah lagi 88? wong mobil sekarang atau motor skrg dah minta spek minimum 90 RON nya.
—————
http: //kobayogas.com/2015/04/15/daftar-model-moge-cbu-honda-yang-pasti-dirilis-plus-lokasi-dealer-penjualannya/
kalau emang demikian, sebenarnya siapa yg diuntungkan? nah lo…
laaah…katanya penghasil minyak…jebul e…IMPROT tho…
ijin2 lah..jatah2 lah..bagi hasil lah…
yg untung sopo?? juragane laah..
bis nis is bisnis…yo po ora?
Yaa gimanapun ttp ada kan motor kompresi rendah yg kalo dikasi oktan tinggi bakal ngelitik
Jane penghasil,tapi GA BISA NGOLAH SEMUA mas,gak semua import kok ada yang diolah sendiri tapi yo sebagian kecil tok,asli
1 lt bensin ron 90 di ubah jd ron 88 akan jadi 1 sprempat lt,mungkin spt itu alasannya.IMHO
Produksi dalam negeri ron 88, tapi yg import 90, nah agar kualitas gak ada operclaim, makanya di tulis tetep ron 88
Ga segampang itu coy.
Pasti ada ulah kartel yang udah “maen” sama oknum. Oknum ini juga banyak. Bisa dari pertamina sampe pemerintah. Tau sendiri kan mental pejabat disini kayak gimana?
itu dilakukan karena kilang2 tua di indonesiacuma bisa produksi ron 88. jadi yang import harus disamakan dengan produksi di dalam negeri..
Pertalite
Kalo soal pricing (harga jual konsumen), unsur politisnya masih akan kental, maklum BUMN “favorit”.
Lha wong premium RON 88 sekarang aja masih jadi “senjata” dagangan politik penguasa.
Mengenai teknologi proses di pertamina, mau bikin RON 88, 90 atau 95 mestinya bukan masalah besar, ini cuma soal kemauan dan dukungan pemerintah aja kok.
Yg jauh lebih penting adalah –> Jaminan pasokan ke seluruh pelosok NKRI secara konsisten dg harga resmi
lsg saja pertamax92
Dengan harga RON88 pertamina, kita bisa dapat RON92 kalau Petronas boleh jual di Indonesia, pernah ada kejadian kok:
https://kupasmotor.wordpress.com/2014/11/25/ternyata-pernah-terjadi-pom-bensin-asing-jual-pertamax-dengan-harga-premium/
Sori, lupa isinya:
Seperti dilansir pemberitaan media lokal di Medan pekan-pekan ini, SPBU-SPBU sebuah badan usaha di Medan diduga kuat menjual BBM bersubsidi dengan oktan melebih RON 88 seperti telah ditentukan BPH Migas. Premium mereka menurut sejumlah sopir di Medan cepat pembakaran mesinnya. Dan dari hasil uji sampling yang dilakukan oleh Pertamina Pemasaran BBM Retail Region I, sejak April 2010 ditemukan fakta, bahwa bahan bakar jenis premium mereka memiliki angka oktan di atas 92, berbeda spesifikasi BBM bersubsidi di Indonesia jenis premium yang secara standar internasional harus memiliki angka oktan 88.
Premix ini favoritku sebelum tahun 2000
Pertamina, terlalu banyak rempeyek menyembunyikan udang, ironis sekali, th 70an raksasa asia tenggara, skrang dng petronas …………alah mbuh lah
nanya wak?
Truz ..kalo motor ato mobil di bwh taun 93an ,apa msh aman minum nih premix 90(kan mesin dirancang buat nenggak bensin 88) ntar mlh breebett
lha mobil tua bangka saya tahun 1992, mulai produksi di indo tahun 1988, sudah disuruh nenggak premix dari pabriknya mbah
di manual book malah ditulis RON95 utk tipe bbm yang dianjurkan
mau mobil setua apapun gak masalah, timing pengapian msh bisa diatur lewat posisi delco dll, yg susah di motor
coba ahhh… Premix…
Premix lbh joss lho dr pertamax
Malah mendekati kaya pertamax plus
Harganya dlu juga 2X lipatnya premium
#jd inget msa msa SMA klo balapan pake premix
Ternyata Dulu juga ada Premix 94 dan SUPER TT 98.
di stop karena denger timbalnya banyak. Anehnya Super TT itu singkatan dari Super Tanpa Timbal.
Yang bener gimana wak?
ini buktinya
http://store.tempo.co/cover/medium/foto/2002/06/28/s_00040801.jpg
namanya bukan premix wak tp pertalite
JAMAN SMA premix 1250 hehhe.. premium 800an
Dulu bensin pertamina RON nya gede gede
Premix 94
ada juga SUPER TT (Tanpa Timbal) 98
kenapa hilang wak?
Grand Max ngisi bensin Ron 98, udah kayak pertamax racing aja:
http://store.tempo.co/cover/medium/foto/2002/06/28/s_29d41906.jpg
foto-foto bensin Ron 98 yang lain:
http://store.tempo.co/cover/medium/foto/2002/06/28/s_29d41902.jpg
http://store.tempo.co/cover/medium/foto/2002/06/28/s_00040804.jpg
lebih rendaaaah
brrti slama ini pertamina kurang gawean y,,,,??? tepok jidat,,,,!!!
Biasanya gw cuman jadi silent reader aja, tapi ngeliat ini tulisan
“Dengan logika di atas . . . harusnnya dengan menjual Bensin Ron 90 sebenarnya cost produksi Pertamina sudah terpotong karena sudah nggak perlu lagi melakukan banyak perubahan .. . dan mungkin biaya produksi utuk menyiapkan bensin Ron 90 bahkan bisa lebih murah dari Pada biaya produksi menyiapkan bensin Ron 88 hehehe . . . so kira kira kalo gitu Harga Bensin Ron 90 harusnnya lebih tinggi atau lebih rendah dari Ron 88”
Ga ada alesan itu lebih mahal dari premium sekarang…kecuali alesan dollar kali yeh
ya itulah indonesia pd saking pinternya apapun harus jd uang pribadi
teori yg baik tapi ngawur. ini bukan koka kola diencerin atau dikentalin.
ada mata rantai produksi yg panjang dikilang sebab itu merubah kilang secara sangat signifikan. mau tau ukuran kilang paling kecil diindonesia ? 60x lapangan bola. belum instalasi offshorenya. dan merubah produk itu artinya merubah kilang.
Klo ron 90 bisa lebih murah dari ron 88 knp tdk sejak dulu saja yg di jual pertamina ron 90 bkan ron 88
Ruwetmen to sum.ksih pertamax saza smua.kt mang orang kismin.tp kt g bangga kok dg status miskin.g kuat bli pertamax g sah bli kndaraan.bkin tmbah macet saza
KITA (PERTAMINA) UNTUNG, BANGSA UNTUNG.
RAKYAT ? (PLONGA-PLONGO).
@nehnya knpa ya kok oktan ron 90 yg udah tnggi,, kmrin2 dturunin jdi ron 88?? gagal hampa dah..
kurang kerjaan kali yak atau biar mafia migas bisa bermain
Mas Taufik, ccmiiw, Premix dulu Ron nya 94 lho, Super TT 98. Lalu keluar pertamax dan pertamax plus, dengan Ron 92 dan 95, tapi lebih ramah lingkungan.
akh akal2an aja pasti,,
supaya naekin harga bbm tapi ga di demo,,
alesan doang..
Harusx lebih murah, coz ga usah masuk kilang lagi, langsung dijual
waduh knp gak dari dulu aja yak stop premium ganti premix?
gak apa-apa deh telat daripada telat banget
#adaaqua ?pemrintah Harus minum aqua ne hahahaha biar konsentrasi ma rakyat kecil
premium ini kebanyakan wacana, subsidilah, downgrade lah, dan bertahun tahun gitu gitu aja, tetep impor, no action bikin kilang atau efisiensi lain, padahal jelas kebutuhan tiap tahun meningkat
yahh dikira judulnya ahm akan memproduksi honda remix..
ada tulisan remixnya soalnya…
ahhh kecewa…
tetep gawe pertamax mas taufik.. kompresi 11:0 kok gawe ron 90.. mesakne varioq to. hehehe
jika besaran subsidi sama dg premium, seharusnya harga lebih rendah sbb untuk mengubah jadi premium butuh biaya.
bukannya dulu tuh premix tuh oktannya 94 ya wak haji?
subsidine gawe poro mentri.. ora gawe rakyat cilik.. drpd ngopeni mentri mending tuku sing tanpo subsidi… eman2 kompresi 11:0 kok gawe bensin..
Terdapat biaya produksi (konversi) ron90(Premix) ke ron88(Premium) mengakibatkan harga ron88 (premium) Rp. 6rb sekian/liter. Selanjutnya klo pertamina jual ron90(Premix) utuh tanpa adanya tambahan biaya konversi ke ron88 kenapa harganya malah naik ya???, logisnya kan malah turun atau setidaknya tetap karena pertamina tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk konversi dari ron90 ke ron88..waduh KITA (MAFIA M****) UNTUNG, RAKYAT BUNTUNG..
Pertamax = 92
Pertamax plus = 95
90 = pertamax minus atau premium plus.
gagal paham gua sama pemerintah
buat apa coba buang buang uang kalo ternyata ron 90 costnya lebihmurah ketimbang ron 88
Kalau memang bener pertamina dulu ngimport BBM Ron 90 trus diproses lagi biar jadi Ron 88, maka sebenernya itu hal yg absurd..
Lha klo diproses lagi kan malah nambah biaya produksi lagi.. otomatis harganya juga naek.
Coba klo sekarang import nya Ron 90 dan dijual Ron 90 juga..
Tanpa proses macem2 itu.. Harusnya sih lebih murah dari premium..
Atau klo ditambah aditif, minimal harganya sama..
Dan lagi, Ron 88 premium bukannya sudah tidak sesuai spek euro-3?
Harusnya,gratis
nama udah ada ko kang, namanya Pertalite ron 90 katanya warna logonya gold gitu, ada bagusnya lah, daripada pertahanin ron 88 yang bikin repot, min kalo ron 90 ga perlu biaya konversi lag.
emamg dah pasti ya wak?? gile bakal ada gejolak lagi niy harga di pasaran
lha itu yang benar yang mana?????????????????
Kok mau nurunin ron tambah biaya?
nurunin ron nambah biaya karena untuk memurunkan ron perlu tambahan zat (sulfur,dll) dan itu perlu biaya untuk bahan dan proses.
kenapa harus diturunin?
karena undang2 mengayakan bbm yang di subsidi kanya ron 88
jika mensubsidi ron 90 maka akan melanggar uu.
sekarang dg bbm ron 90 harga naik dikit,mutu lebih bagus dan subsidi ilang.
Lebih rendah karena tdak ada biaya tambahan lg untuk mengolahnya menjadi BBM ron 88. Jadi Pertamina tinggal datangkan BBM Ron 90dan langsung menjualnya di SPBU “
ron 90 harusnya lebih murah dari ron 88 harapan saya begitu pak dhe
ini alasan kenapa penjualan suzuki quartal pertama 2015 melorot http://www.goozir.com/2015/04/alasan-penjualan-sepeda-motor-suzuki-melorot.html
Dari dulu gak mau ngaku, kalo yang diimpor itu aktannya 90… keukeh ngaku, yang diimpor itu oktan 88, begitu faisal basri ditunjuk jokowi, baru ngaku, kalo kita impor oktan 90, yang diturunkan jadi 88
simbah erot kok gak yakin, kalo premium itu oktannya 88, jangan-jangan tetep 90, wong dijual begitu di oktan 90 aja malah untung, kok malah didowngrade…..??
NGAKUNYA DI DOWNGRADE JADI 88, JADI NAMBAH COST, SIAPA YANG TAHU TETEP OKTAN 90, UNTUNG PERTAMINI 2 X LIPAT…..ada biaya fiktif yang namanya downgrade
mantebh wae lah
pertamax7.com/2015/04/16/shockbreaker-yamaha-nmax-memang-lebih-keras-sudah-cocok-untuk-jalan-indonesia-kalau-ganti-yang-lebih-lembut-silakan/
Bagus lah itu biar nggak ada lagi biker2 yg ngalamin barang r2 nya makan busi lagi dan…..nggak ada lagi iklan konyol “premium ready”. Di r4 nggak ada slogan jualan “premium ready” (atau biosolar ready kalo diesel)…konyol banget emang dunia r2.
😀
pertanyaannya klo bbm ron 90 biaya cost dn onglos produksinya lbih murah dbnding premium 88 knp yg dijual gk ron 88,knp gk yg premix ron 90..kn ktnya ongkos produksinya lbih murah?
Disamain sama harga premium aja kl bisa lebih murah ya bagus tp jgn lbh mahal meski cuma Rp.2-300,- tar malah bikin ribut kasihan yg dijalan kena macet 😀
klo hrga jd naik & subsidi ilang sih kebangetan bgt
Pak Kaji Taufik…..
Kita tunggu aja,….kalo nanti kenyataanya RON 90 lebih mahal berarti pemberitaan yang njenengan cuplik ndak bener (news shource please)..
kenyataan yg sehari-hari saya geluti justru sebaliknya….
secondary process di butuhkan untuk mencapai product bensin dengan ron 92 dan 95, itu artinya yo biaya tambahan….
Pertamina selaku pengemban tugas seharusnya ndak perlu ikut puyeng dengan carut marut politik di negri tercinta ini,….tapi apaboleh buat,…..kita masih jauh dari hal tersebut, apalagi ber angan-angan bisa nyeponsorin balapan sekelas MotoGP maupun F1 seperti perusahaan negara sebelah……hiksssss
BERARTI LOGIKANYA KLO RON 90 BIAYA proses dn ongkos produksinya lbih murah brarti hrusnya bsa lbh murah dbnding premium.. kn biayanyanih murah ktnya..atw smain aj hrgnya..
http://dapurpacu.com/239759/premium-akan-pensiun-diganti-pertalite/
Lha yo kudhune lebih murah,,,
Tapi mbuh orang atas sana,,,
Ahelah fik fik, logika lo bener. Tapi implementasi pasti harga lebih mahal dari premium itu adalah keniscayaan. Kaya baru aja lo di indo. ini mah sebenernya akal akalan pertamina aja buat hapus premium secara perlahan
hmm.
Namanya PERTALITE bro..RON 90-91 lebih halus n ringan tarikanya..
emang pertimbangan pemerintah mempertahankan ron 88 selama ini, yang sejatinya dari ron 90 apaan sih?.. knapa ngga memasarkan ron 90 langsung gitu..?
Numpak pit onthel wae, sehat murah dan ramah lingkungan…
Ya kalau gitu logikanya harganya HARUS dibawah/= Premium, fixed!
Ternyata Minyak Bumi BUKAN Berasal dari Fosil ! PENTING !! INDONESIA HARUS MAJU | Kaskus – The Largest Indonesian Community
http://www.kaskus.co.id/thread/5215078cfeca179e3900000a/ternyata-minyak-bumi-bukan-berasal-dari-fosil–penting–indonesia-harus-maju/
minyak bumi ternyata bisa diperbarui terbentuk sendiri oleh alam
Tapi,…dari dulu pertamina ngomongnya gak pernah untung..selalu rugi aja
itulah tipikal org indo..fokusnya pada hal yg seremonial; kenapa nama mesti ganti? kenapa gak tetep aja pake nama premium, hanya specnya aja yg berubah..kan beres..masyarakat awam rasanya gak gitu peduli sama RON..mau 88 kah atau 90 kah…yg penting selau tersedia dan harganya terjangkau..itu saja.toh seandainya besok pagi semua bensin premium di SPBU sudah RON 90 pun masyarakat gak gitu peduli; masyarakat peduli dengan harganya, bukan RONnya.
dipikir pikir kurang kerjaan / gmn ya, ron 90 di proses jd ron88 kualitas rendah tp hrg lbh mahal…
Tny knp
pertalitr
pertamina pelit
hehehe
Saya setuju ada deh,klw oktan naik jd 90 tapi harga tetep dilevel premium.
Jos pokoknya
ojok terlalu dipercoyo nduwuran pertamina isinya politisi tok, sama tukang minum bensin..gila apa impor RON 90 terus diturunin jadi 88 ngaconya keterlaluan alasan wae..tapi ngomong2 piye ya FBH biasanya cuman ngisi yg 88 soalnya
wakakakak aku hanya kutip saja mas bro . . . omongan itu jelas akan jadi bumerang. kalo saya jadi DPR pasti saya tanyain tuh . . . kenapa ron 90 nggak lebih murah dari premium ? 😀
Mungkin salah satu alasan kenapa kendaraan listrik/hybrid susah berkembang di sini…
Coz minyak masih jadi ajang maenan yang menggiurkan#IMHO
Pertamina oon mau nya nyari rugi! nurunin ron 90 jd 88, atau memang susah lihat rakyat senang pk ron 90 biar pertamaknya laku gitu?
Tp sama kaya pemotor ababil yg ganti part motor jd kacau! pabrikan dah riset mulai dr mulai aman, kuat, irit eehhhh mlh diganti mulai cc diperbesar pdhl motor kecil, ganti knalpot, motor di protolin dll pdhl cuma dipake harian…
Namanya jd BUKAN Premium… atau BBM kw….
Kalo RON naik dan konversi sudah merata di tanah air, apa nanti efeknya ke motor kompresi rendah?
motor ber kompresi rendah yang menggunakan bensin berspek ron lebih tinggi efeknya nya ya mubazir, namun kebanyakan sekarangk motor baru spek kompresinnya sudah tinggi tinggi diatas 9:0
Kalo sekelas Ninja 2-tak dkk, gimana wak? Kan kompresinya kalo gak salah cuma 6:0 (apa 7:0 ya?) apa mesinnya bisa adaptasi dengan normal?
Emang ada impor bensin ron 90 bukannya 92?
Dan Aditif?? Apa base nya tetep dari premium yang diberi aditif gitu ya? Pertamax impor yg di downgrade jd premium terus di upgrade jd pertalite gitu atau gimana?
Kalau yg racikan dalam negeri sih dari awal bikin premium tinggal tambah aditif
ada tuh direktur pertamina yang ngomong bukan saya 😀
Ok mas kalo begitu 🙂
belum tentu nanti pertalite akan turun harganya, karena selama ini pertamina beralasan premium yg sekarang ini ialah campuran bensin impor oktan 92 dengan Naptha yang diproduksi lokal, bisa jadi nanti pertalite ini murni impor, jadi benar2 produk yang tidak ada kandungan lokalnya..
http://m.republika.co.id/berita/koran/halaman-1/14/12/23/nh0r8718-pertamina-mengaku-rugi
nah beda lagiii dah . . . di detik bilangnya ron 90 yang diturunin . .. di republika Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina pak Suhartoko pertamax yang diturunin . . . piyeee iki mumeeet ?
Kenapa diturunkan jadi Ron 88? Adalah karena kilang minyak Pertamina cuma bisa bikin Ron 88. Sehingga impor Pertamax yg Ron 92 disamakan jadi Ron 88. Produksi Pertamina hanya bisa memenuhi kurang dari separuh kebutuhan masyarakat Indonesia makanya impor. Disinilah permainan itu yg bikin harga BBM di Indonesia jadi mahal.
Bener gak Bro?
wah, mafia RON88 bakal ribut nih!
jika sama sama disubsidi, petralite akan lebih murah dibanding premium.
tapi, jika subsidi dicabut total maka petralite akan lebih mahal dikit dibanding premium.
seharusnya harga pertamini aka premix lebih murah dong kalo di jual di mari, karena sudah tidak ada tambahan biaya lagi untuk merubah dari ron 90 ke ron 88 kalo harganya malah di naikin berarti ada sesuatu di balik rempeyek eh udang di balik batu ding…………. ah sudahlah yang menguasai juga tetap mafia pertamina kita mah apa atuh………. 🙁
info dari mane tuh impor BBM pertamina itu RON90 ? bukan RON92 tuh impor BBMnya ?
baca artikel sampe kelar dong sob, ada linknnya tuh . . direktur pertamina yg ngomong 😀
kelihatan begonya.. malu dong..
Kalo biaya modal lebih kecil kok harganya mau lebih tinggi? Aneh…
hmmmm….dasar buosssoookkk…..pemerintahhhh……hancuk!!!
kalo di pikir pertaminak tuh bego apa bego sih wak haji.. udah impor bensin ron 90 malah di blending jadi ron 88.. kan bego pake banget kalò gitu.. sekalian aja kayak malingsya jual bensin ron ter rendah 92, yg di pikir cuma untung sama buat lahan korupsi.. perutnya komisarisnya buncit” penuh dosa.. itu yg bikin penyakit strok…
sebenarnya rakyat diadu domba oleh pengepul / spekulan sembako dan organda
menaikkan harga alasan premium naik, tapi giliran turun, mereka ogah turun
1. Nov 2014 = Premium naik = 6.500 jadi Rp 8.500 (naik Rp 2.000)
– Angkutan naik ( + 33% )= + Rp 1.000,- = Rp 3.000 jadi Rp 4.000
alasan jk tdk naik, bagaimana memperbaiki fasilitas angkot agar nyaman
kenyataannya ?, tetap saja angkutan tidak layak jalan…
– Sembako naik = Beras = + Rp 500 = Rp 8.000 jadi 8.500 per kg
sedangkan petani tetap saja tidak menikmati kenaikan tersebut, karena rata2 harga gabah mereka dibeli dengan harga murah
2. Jan 2015 = Premium turun = Rp 8.500 jadi Rp 7.600 jadi Rp 6.600,- (turun Rp 1.900)
– Angkutan tetap = seharusnya turun 5% ( padahal nov 2014 naik + 33% ) = seharusnya Rp 200, tapi tetap Rp 4.000,-
– Sembako tetap = Beras = Rp 8.500 per kg
3. MAret 2015 = Premium naik = 6.600 jadi Rp 6.900 lalu Rp 7.400 (naik Rp 800)
– Angkutan naik = + Rp 1.000,- = Rp 4.000 jadi Rp 5.000
– Sembako naik = Beras = + Rp 1.500 = Rp 8.500 jadi 10.000 per kg
————————————–
kesimpulannya:
1. harga premium Nov 2014 (Rp 8.500) dan MAret 2015 (Rp 7.400) = masih lbh tinggi Rp 1.100 bulan nov 2014
2. jk diliat dari point no 1, jk harga premium lbh murah, kenapa sembako dan organda lbh mahal dari nov 2014 ?
mereka maunya naik terus, tdk mau turun, “mengkambing hitamkan” bbm naik
3. sedangkan pemerintah melepas harga bbm sesuai pasar sdh betul, lbh baik dana tsb dialokasikan ke sektor lain yang lbh produktif
——————
saran saya:
pemerintah harap “TEGAS”,
1. jika bbm naik = organda minta naik alasan bbm naik dan perbaikan fasilitas, cek kebenaran “action” mereka, betulkah fasilitas diperbaiki ?
jika kenyataan tdk ada perubahan, kenakan mereka denda,
TURUNKAN KEMBALI TARIF MEREKA SEBESAR 2X DARI TARIF MEREKA NAIK !!!
contohnya, naik Rp 1.000,-, kasih waktu 1 bulan perbaikan fasilitas, jika tidak ada perubahan ?
TURUNKAN TARIF MEREKA = Rp 2.000,- !!!
2. JIKA BBM TURUN, melebihi 50 % dari kenaikan terakhir yang organda ajukan naik, MAX 1 minggu kemudian langsung TURUNKAN tarif 50 % dari kenaikan tarif tsb !!!
3. untuk harga beras :
– pemerintah seharusnya langsung terjun ke petani2, 1 – 2 bulan sebelum panen, BULOG langsung booking hasil panen mereka, dengan berikan Dp 50 %, sehingga stlh panen, stok beras BULOG selalu mencukupi tiap tahun dan harga stabil
maaf jika komentar saya terlalu panjang
terima kasih
I wanted to thank you for this great read!! I absolutely enjoyed every little bit of it. I’ve got you bookmarked to check out new stuff you post…|