TMCBLOG.com – Keenam pabrikan dilaporkan meluncurkan beberapa part baru sepanjang hari test Catalunya kemarin. Mereka terlihat serius berusaha untuk menemukan penambahan performa untuk paruh musim kedua MotoGP musim 2022 yang sangat penting nanti. Beberapa sudah kita lihat secara parsial di artikel sebelumnya seperti dari Aprilia (link ini), Ducati (Link ini) dan Suzuki (Link ini). Inilah yang terlihat di pit lane selama test Catalunya untuk beberapa pabrikan lain.

YAMAHA : Tidak banyak hal terlihat di box Yamaha secara parts external. Franco Morbidelli terlihat sedang menguji swing arm karbon terbaru dari Yamaha. Frankie mulai menggunakan swing arm karbon Yamaha pada tahun 2019 dan 2020. Dia adalah satu-satunya pembalap Yamaha yang secara konsisten menggunakan swing arm jenis ini sehingga akan menarik untuk melihat apakah Frankie menemukan sesuatu yang dia sukai dengan yang baru ini.

HONDA : Pentingnya tes ini dibuktikan dengan fakta bahwa tidak ada yang melakukan lebih banyak putaran di Circuit de Barcelona – Catalunya daripada Alex Marquez (LCR Honda Castrol) saat ia mendekati 100 lap – Alex Melakukan 96 lap, dan itu terlepas dari kecelakaannya pada hari Sabtu.

Juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 menguji dua sasis berbeda untuk dicoba pada siang hari, ditambah mendapat kesempatan untuk mencoba swing arm yang pertama kali terlihat pada sepeda Repsol Honda Team saudara Marc Marquez di Mugello.

Sementara itu untuk sisi Pol Espargaro terlihat adik dari Aleix ini sedang menguji sasis ketiga yang berbeda dan memiliki detail wrapping/cover pada ujung bawah bentangan sasis utama dekat pivot swing arm dan juga sasis dengan penguat carbon di bentangan sasis utamanya oleh Stefan Bradl.

KTM : Pabrik Austria akan berharap mereka telah membuat langkah maju di Tes Catalunya dan mereka memiliki banyak part untuk dicoba. Bos tim, Francesco Guidotti mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mencoba suku cadang baru, melakukan pekerjaan lebih lanjut pada suku cadang saat ini bahkan mengevaluasi kembali parts tahun lalu.

KTM memiliki sasis yang sedikit berbeda. Bentangan utama sasis twinspar berbahan baja/steel-nya sendiri sama tetapi hal yang berubah adalah poros swing arm. Detail ini sepertinya telah dikerjakan ulang sehingga mereka sekarang dapat memindahkan lokasi pivot ke arah depan dan ke belakang serta ke atas dan ke bawah. Pada test Catalunya ini giliran Miguel Oliveira yang mencobanya.

BOCOR : Fairing baru Aprilia RSGP di Test Catalunya 2022 #CatalanTest

BOCOR : Fairing baru Ducati GP22 di Test Catalunya 2022 #CatalanTest

BOCOR : Winglet baru Suzuki GSX-RR di Test Catalunya 2022 #CatalanTest

Taufik of BuitenZorg

 

27 COMMENTS

      • Dengan sasis teralis KTM hanya mampu meraih 1podium itupun dlm keadaan wet race.sejak 2020 sasis KTM udah berubah walaupun masih berbahan baja tpi bukan tralis lgi tpi udah parimeter twispar(deltabox klau d ymha)

  1. ” Alex Melakukan 96 lap..”

    Mana yg lebih capek dan stress? Race 25 lap; atau nge-test hampir 100 lap?

    • Kalo test kan waktunya panjang dri pagi Ampe sore biasanya banyak istirahat n jedanya,kalo race bener2 harus fokus 25 lap,sekalinya melng dikit bisa kaya Aleix kemaren.

  2. Bagian swing arm memang seksi sekali kalo di foto. Bikin seger mata. Termasuk stiker vendor rantai dan gir – nya.
    DID / RK / Regina / Afam.

  3. Ada yang nge test aero ada yang frame ada yang swing arm, tapi gak ada yang ngetest ride high adjuster lagi seperti test kemarin kemarin🀭

  4. ada kabar miller dipertahankan di factory, bastinini dan martin tukar posisi…
    akhirnya olievera gak dapat tempat di ducati dong…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.