jump to navigation

Ide Solusi Sementara AHO saat butuh mematikan Lampu Utama March 14, 2013

Posted by Taufik TMCBlog in : Ngoprek motor , trackback

Bro Sekalian, banyak sekali surat elektronik yang masuk  ke tmcblog mengenai masalah AHO disaat memang dibutuhkan Matinya Lampu Utama. Seperti Kita ketahui Sistem Automatic headlight On (AHO) membuat penerangan lampu utama tidak bisa dikendalikan hidup mati karena biasanya saklar pilih hidup mati telah dihilangkan oleh pabrikan. Dan ini untuk beberapa bro merasa agak berat karena misalnya berbenturan dengan nilai nilai kesopanan saat masuk ke Gang/ jalan kecil di perkampungan dan masuk ke beberapa komplek tentara saat malam hari . ..  waduh gimana solusinya ya . .

[TMCBlog - Motorcycle News] FeedBacks
Halo kang, maaf OOT bgt nih, saya ada pertanyaan seputar yamaha fino 2012, punya info gak cara mematikan AHO nya? soalnya saya klo malam suka lewat gang yang banyak orangnya gitu, jadi berasa gak enak klo lampunya tetap nyala. Saya inginnya pakai saklar motor lain supaya tetap rapi dan tahan lama, tapi kebanyakan tidak ada dudukan spionnya. Ditunggu jawabannya ya kang. Hatur nuhun. Sukses terus. Regards, AkbaR

headlight_fino

Untuk Diketahui mayoritas bro yang Bertanya pada tmcblog setuju dengan AHO, akan tetapi menjadi problem saat berbenturan dnegan permasalahan di atas . . . mereka ada yang mencoba mengakali motornya dengna menambah saklar tambahan untuk menghidup-matikan lampu utama . . . akan tetapi kadang saklar yang digunakan bukan saklar standar kendaraan dan kesalahan penyambungan bisa menghanguskan klaim garansi kelistrikan . . . waduh musti gimana nih

SBL_mioGT#1

Tmcblog melihat salah satu ide solusi setelah menganalisa motornya bro Ki demang yakni CBR 150R yang ternyata tanpa menggunakan saklar tambahan bisa menghidup matikan lampu utama . ..  Caranya sederhana yakni menukar soket lampu utama dnegan lampu jauh. Port lampu Utama dekat dihubungkan dnegan kabel lampu jauh, sedngkan kabel lampu standar tidak dihubungkan dengan apapun (dibebaskan) . . .Jadi ketika motor dinyalakan dan mode lampu dekat On  maka lampu utama mati, sedangkan bila mode lampu jauh on maka lampu utama dekat yang nyala . ..  Masalahnya adalah butuh pengetahuan mana yang merupakan jalur menuju lampu utama dan mana jalur kabel yang menuju lampu jauh he he he . . . kapan kapan kita undang Ki demang untuk sharing cara yang dia lakukan yaaaa . . .

Namun cara ini punya konsekuensi yakni lampu pass (lampu jauh) tidak berfungsi . ..  dengan cara ini bisa jadi tidak ada kabel kabel yang disambung dan tidak ada penambahan saklar. Ingat cara ini adalah salah satu solusi sementara, tmcblog tetap menganjurkan agar bro tetap tidak mengubah apapun di kelistrikan jika memang tidak ada sesuatu yang mendesak . . . oke mudah mudahan berguna

Taufik of BuitenZorg

Tags:

Comments»

1. budizaky - March 14, 2013

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
absen dl baru baca
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

2. osonAE - March 14, 2013

joss

3. Leopold S - March 14, 2013

Sementra ini pasang saklar tambahan dulu

nasib Ninja paska YZF R250
http://7leopold7.wordpress.com/2013/03/12/nasib-ninja-250-fi-paska-yamaha-yzf-r25-dan-cbr-250r2/

4. hoho - March 14, 2013

wew

5. itsuki - March 14, 2013

di beberapa forum sempet dibahas..
Kaya cb150 yg ternyata bisa diakalin pake saklar vixi lama..
Keawetannya belom tau..

6. hSuwitra - March 14, 2013

Kang, kalo ninja 250 fi bisa pake saklar ninja 250 lama ga?

7. fikri - March 14, 2013

ke3

8. itsuki - March 14, 2013

jarang” dapet podium 4.. Hahai..

9. frkun - March 14, 2013

diakalin :D emang rada susah sama peraturan sekarang. berbenturan.

http://frkun.wordpress.com/

10. jofrin - March 14, 2013

punya 2 motor AHO yg gosong lampunya baru Soul GT setelah hampir 10 bulan….knp sich Yamaha gak mo bikin yg full DC utk lampu AHO-nya???

11. oyo - March 14, 2013

aho sendiri saja wong gampang axaxa,,

12. retro.nngalam - March 14, 2013

10 besar kah ?

13. Mp lawaz - March 14, 2013

Tul wak,,yg otomatis ga smuanya baik

14. masTer Samidi O_O - March 14, 2013
15. blaze79 - March 14, 2013

pake holder yg blm aho aja,kayaknya pas sih,dan awet

16. mocin rasa jerman - March 14, 2013

kampret tinggal moco dilut langsung terlempar jauh.

17. Leopold S - March 14, 2013

Kang HSuwitra, ninja Inject bisa pakai saklar ninja karbu, plug n play, sekitar 450rb.

18. Sam - March 14, 2013

Nominasi,,,,

20 besarrr di warung wak haji,,,

19. SuLe - March 14, 2013

menyalakan lampu dsiang hari ga harus aho. tp oleh pabrikan malah djadikan alasan. padahal alasan sebenar’a ya costdown biaya produksi.

20. idadzzz - March 14, 2013

absen aja kang

21. bajaj sinar motor - March 14, 2013

Jual berbagai spare part Bajaj Pulsar.
Original or aftermarket
http://www.kaskus.co.id/post/513a0e5c05346a6d2e000004/1#post513a0e5c05346a6d2e000004

Bajaj Sinar Motor

22. emir99 - March 14, 2013

Tukar dgn saklar lama lebih wise… Masalah garansi motor nomor 2, lha wong ada alternative garansi simas motor.. Gak melulu dari pabrikan, kan ? He he. :mrgreen:

23. nubi - March 14, 2013

Byson saya sdh ganti pake saklar yg lama, klo ga salah sekitar 100rb harganya

24. mr.ceban - March 14, 2013

9

25. suetoclub - March 14, 2013

masalah mematikan lampu ini masalah kesadaran seharusnya jadi gak perlu perusahaan ngasih AHO segala di motor..apalagi motor sport yang watt lampunya rata-rata besar

26. jontor - March 14, 2013

klo alasan bwt masuk gadmg kecil ya mesin dimatikan doong kayak gak punya akal aja.. Itu peraturan standar pemerintah dodol

27. Kutil - March 14, 2013

20.
klo alasan bwt masuk gadmg kecil ya mesin dimatikan doong kayak gak punya akal aja.. Itu peraturan standar pemerintah dodol
Oleh jontor on Maret 14, 2013 pada 3:23 am
============
Contoh orang ga punya akal

28. psikotessesuatu - March 14, 2013

AHO itu pemborosan energi dan konsumerisme. kalau ada yang berbicara peraturan standar pemerintah bukankan bertentangan dengan slogan hemat energi. hemat energi lebih global dibanding peraturan yang bermuara dari seorang pejabat di kursi DPR. masih ingatkan dulu ketika siang bolong lampu motor nyala karena lupa matiin saat malam sampai rumah, nah biasanya orang2 di jalan ngingetin mas matinya lupa dimatiin. atau pakai kode tangan kedap kedip. budaya mengingatkan dan sopan santun juga silaturahmi jadi luntur gara gara AHO ini.

29. psikotessesuatu - March 14, 2013

20. jontor – Maret 14, 2013
klo alasan bwt masuk gadmg kecil ya mesin dimatikan doong kayak gak punya akal aja.. Itu peraturan standar pemerintah dodol
_____

anda yang dodol

30. nubi - March 14, 2013

@jontor
Gang masuk ke rumah saya emang kecil tapi menanjak sekitar 40 m, masak saya harus mematikan mesin? Gimana caranya mendorong Byson seberat 137 kg?
Setahu saya peraturan standar pemerintah adalah menyalakan lampu utama siang dan malam bagi sepeda motor, jadi bukan AHO-nya.

31. hafiedh - March 14, 2013

klo alasan bwt masuk gadmg kecil ya mesin dimatikan doong kayak gak punya akal aja.. Itu peraturan standar pemerintah dodol

—————————–

waduh iya kalo gang nya cuma 10 meter gak masalah, lah kalau masuk ke kampung yang itungannya udah bukan per meter lagi repot dong belum lagi kalau yang di tungganginnya 130kg lebih

32. Ganiez12 - March 14, 2013

Nyimak

33. Nichoz Ahmad - March 14, 2013

punya ane xeon, pake saklar yamaha miio lawas yg mash aa saklarnya kang,,, jadi ko, dudukaya sama….

http://chozinahmad.wordpress.com/2013/03/13/vario-tekno-ban-donat-velg-standar-dipasangi-ban-gambot-ukuran-12070-bahaya-bro/

34. Alfido - March 14, 2013
35. Alfido™ - March 14, 2013
36. Fitready - March 14, 2013

wah cbr 150 mah gampang, tinggal pke rmh saklar supra 100 bagian atasnya dah bs PnP, pindahin aja kabel arus yg ke port jauh/dkt ke saklar on/off supra, ane baru aplikasi cara ini bbrp bln yg lalu :-)

CNI - March 22, 2014

Mas bro, bs bantu info lbh detail ttg cara pemasangan saklar supra 100 ke cbr new? Gmn dgn kombinasi kabel & soketnya. Apa semuanya bs PNP mas bro? Thx…

37. degom - March 14, 2013

moge uy..

38. Daris - March 14, 2013

f*ck AHO, vote DRL

39. didik - March 14, 2013

absen aja kaang

40. k14 - March 14, 2013

kembali spti dulu aja mas

41. gosong - March 14, 2013

klo alasan bwt masuk gadmg kecil ya mesin dimatikan doong kayak gak punya akal aja.. Itu peraturan standar pemerintah dodol
——————————————————————————————————-
Contoh org gak punya otak, atau otaknya konslet, atau otaknya mengalami pertumbuhan terhambat. Yang lbh simpel, bawa aja kain item atau nuansa gelap, tutupin deh sementara lampu depannya kalo lewat gangnya panjang dan banyak org. Setidaknya mengurangi intensitas sorotan lampu, walau agak repot nenteng kain.. :D

42. gosong - March 14, 2013

Tukar dgn saklar lama lebih wise… Masalah garansi motor nomor 2, lha wong ada alternative garansi simas motor.. Gak melulu dari pabrikan, kan ? He he.
—————————————————————————————————
Emg betul banget, garansi bukan dari pabrikan aja. Banyak yg menawarkan, bukan cuma dari simas. Tp itu kan gak gratis toh, alias keluar uang. Kalo garansi pabrikan kan gratis asal mengikuti pasal2 yg sudah ditetapkan. Mindset rata2 org sih, ada gratis knp hrs bayar, cmiiw. Walau garansi pabrikan juga rada ngeberatin, misal hrs pk oli merk dia, pdhl user sendiri punya pilihan atau udh kadung suka dgn merk oli tertentu diluar merk pabrikan. :)

43. aris yuliadi - March 14, 2013

Kenapa pabrikan gak menyediakan paket spart part terpisah ya yg bisa di beli di bengkel2 resminya berupa saklar on/off mati lampu. Saya kira lumayan laku tuh. Tolong kang kasih ide ke pabrikannya.

44. wawan - March 14, 2013

ah, gt aj kok reepot.. pake untiran gas variasi kan ad tombol extra bbuat light on off

45. gosong - March 14, 2013

Tukar dgn saklar lama lebih wise… Masalah garansi motor nomor 2, lha wong ada alternative garansi simas motor.. Gak melulu dari pabrikan, kan ? He he.
————————————————————————————————–
Emg betul garansi bukan cuma dari pabrikan, byk yg menawarkan bukan cuma simas aja. Tp mslhnya, hrs bayar kan (bnr gak?) Mindset rata2 org, kalo ada yg gratis knp hrs bayar, cmiiw. Garansi pabrikan kan gratis, asal patuh pada pasal2 yg sudah ditetapkan. Walau pasal kadang memberatkan user, spt user hrs servis di beres (pdhal ada tempat servis non-beres yg hasilnya ok) pake oli merk pabrikan (pdhal user pny pilihan merk oli sendiri) dsb ;)

46. ario - March 14, 2013

tinggal bilang permisi aja kok repot2 sampai bikin saklar segala .

47. gosong - March 14, 2013

Wah, double post neh…wkwkwkwkkk..

48. ganzimaru - March 14, 2013

tapi resikonya garansi bisa hangus, :| wah berat nih , memang yg namanya kebijakan gak selalu baik , :|

http://ganzimaru.wordpress.com/2013/03/13/anatomi-of-a-backpacker-sesuaikan-kebutuhan-dengan-bijak/

49. donnyprabowo - March 14, 2013

AHO kan di tujukan untuk safety dari kita sebagai pengendara roda 2. Dan pada kenyataan nya, kalo headlamp gak di buat AHO, banyak banget yg gak nyalain lampu utama di siang hari. Angka kecelakaan akan sedikit meningkat. Pemerintah buat peraturan sebenar nya bagus kok, cuman ya gitu tersandung dengan paham kesopanan kalo masuk gang kecil.

50. baridienbp - March 14, 2013

kayaknya solusi tokcer deh daripada bikin silau orang di gang
http://baridienbp.wordpress.com/2013/03/13/livery-balap-di-suzuki-gsx-r/

51. rusmanjay - March 14, 2013

seharusnya bukan AHO tapi DRL tapi
AHO -» buang saklar = mengurangi biaya
DRL -» nambah rangkaian = nambah biaya

52. dimaz_13 - March 14, 2013

28. Daris – Maret 14, 2013

f*ck AHO, vote DRL

==============================================

setubuh gan…..

53. ben - March 14, 2013

harusnya kalo mau, jangan pake AHO dong…. pake DRL kan bagus, udah gitu pake LED, lampunya awet, dan hemat energi (walau motor mungkin jadi sedikit lebih mahal)….. contoh dari luar negeri kan banyak….. tinggal diatur saja tingkat daya terang lampu supaya tidak menyilaukan….

54. ipanase - March 14, 2013
55. HONDA LOVER - March 14, 2013

satu lagi nih cara jitu,

56. Lupuz - March 14, 2013

Nice info bang haji…..thanks…..

57. Nadzirin (@bossnada2) - March 14, 2013

kalo saya biasanya pake saklar standar motor apa aja,tp ndak merusak kabel aslinya.. mudah kok asal telaten aja… klo buat CBR 150i malah ada Engine stopnya…

58. Nadzirin (@bossnada2) - March 14, 2013

juga ada saklar lampu pass nya

59. ari - March 14, 2013
60. bead revoist bms - March 14, 2013

AHO…..BEGO

61. wishnutriwibowo - March 14, 2013

Masih aja… AHO musuhnya kalo masuk gang. Sy skrg masuk gang pake AHO, alhamdulillah gag masalah. Rata-rata penghuni yg naik motor tanpa AHO juga terkadang lupa mematikan lampu saat masuk gang. Tapi alhamdulillah, masyarakat cepat beradaptasi dgn baik & paham kalo AHO itu aturan yg wajib. Jadi mereka memaklumi hal-hal seperti itu. Sangat disayangkan kalo AHO masih dipermasalahkan, sy rasa nilai etika kesopanan akan mengikuti jika sudah terbiasa.

62. orong-orong - March 14, 2013

بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
absen dl baru baca
Sent from my BerryBerry® via Bolo Konco Network

63. stnk - March 14, 2013

harusnya yg aho lampu senjanya. lampu utama dan jauhnya jangan Haho…

64. Kerupuk - March 14, 2013

Masalah kecil seperti ini kalau pusing kasihkan ke bengkel-bengkel pinggir jalan saja, biaya 20ribu beres, seperti punya saya.
Dislike AHO at all..stupid decision

65. klik yaaa - March 14, 2013

jooosssssssssssss

numpang promo diskon honda matik up to 1,7 jt >> http://bintangmotor.com

66. ari - March 14, 2013

joss

67. ari - March 14, 2013

absen dulu baru baca

68. ●○ qwerty ○● - March 14, 2013

mtr aho enaknya dibuakar !

69. peyek - March 14, 2013

hmm,,, AHO di motor nggak masalah,,, walopun masuk gang,,, lambat laun masyarakat juga tau kok,,, :)
malah efek sampingnya bisa ngurangin tindakan kriminal,,, :)
*dikit2 dulu komennya,,, nanti kalo panjang2,,, di sambel terasi ama wak haji,,, :lol:

70. ●○ qwerty ○● - March 14, 2013

kal0 ada mtr h4nsip masuk markas tentara gak matiin lampu, bakal dibuakar itu mtr h4nsip kek map0lr3s 0ku..

71. suzuki bae - March 14, 2013

intiy bisnis bro bkn safety
Produsen lampu untung
Pabrikan untung
Oknum dpr untung
Hehehe
Musibah it udah takdir g bsa drubah
Klo mau safety diajarin gmn safety riding yg baik, tegakin peraturan yg tegas, no pungli, sim diperketat…
Lampu pd mlolor siang hr msh byk kecelakaan?? Itu uda takdir

72. suzuki bae - March 14, 2013

aho = akeh honor aka untung gede

73. Tricker - March 14, 2013

Hahahaha.. ane pernah di semprot sama tukang parkiran plazamarina sby, lampu harap di matikan dg nada keras trus ane tunjukin nih om motor ane gak ada saklar lampunya, langsung diam koyo kebo ketolop.

74. dave - March 14, 2013

semoga pabrikan bisa ngedenger hal ini neh,,
saya jg punya cbr 150,, tapi kalo ga ada lampu jauh nya gt,,
bahaya jg,, kadang perlu kalo lagi malem bawa motor..
untuk ngasi tau kendaraan di depan,, atau penglihatan yg lebih jau,,
misal nya ada orang,, kucing ato apa pun yg tiba2 lewat di depan,,
paling penting buat liad lobang dijalan dari jau2 dah keliatan..
biar bisa menghindari..
tapi kalo lagi lewat gang atw depan nya ada orang lagi nongkrong2 depan rumah,, pada duduk jongkok dsb,, ngerasa ngeganggu mereka,, silau banget kan,, kalo bisa di matiin jadi lampu kecil aja mungkin lebih mantep,, imho..

75. Erit07 - March 14, 2013

Aho jg bikin lampu cpt rsak…

76. andi - March 14, 2013

AHO itu hanya akal2 an bisnis pembuat peraturan dan pabrikan bohlam..
Dah biasa dah di indo di sogok duit ama pabrikan langsung jdi peraturan deh..

*mtr AHO buat nyales ngider seharian 1 bln ganti bohlam mulu,6 blnan ganti soket lampu karna meleleh..

77. Ballank pertamax78 - March 14, 2013

ternyata masih banyak biker yg santun di jalanan…,patut di teladani oleh genk motor…

78. Bombom - March 14, 2013

ngikutin peraturan Eropa sih, kalo disana AHO memang cocok, karena siang hari pun berkabut, kalo disini udah cuacanya panas pake ditambah nyalain lampu siang2 lagi, bikin tambah panas aja… global warming….

79. ron - March 14, 2013

bagemana kalo wak haji bikin petisi agar pabrikan ngasih lagi saklar lampu utama
tapi tetep masalah dijalanan tanggung jawab biker (dlm hal ini aho)
lha wong lampu aho ketika jalan tiba2 mati aja polisi masih tangkep tuh padahal gak disengaja dan tidak tau kapan lampu kita mati
apakah produsen jamin lampunya long life?

80. koplak - March 14, 2013

gitu aja repoot, dulu blom jaman AHO pada ditilang ngomel2. sekarang malah minta tambahan saklar……..tutup aja skalian pake pala lu. ………dasar maho lu pada…….terutama foto kumpulan geng maho paling atas……….koplak

81. klik yaaa - March 14, 2013
82. ali - March 14, 2013

himbauan bagi para bloger untuk tidak lepas tangan sebagai bidan lahirnya aho

soksokan aho kabeh ra mutu
sosialisasi/kampanye itu harus
tapi ikut2an itu yo harusnya dudu blogger lah

83. Trisna Ariwibawa - March 14, 2013

Kekreativitasan biker di uji nih..
http://trexton.wordpress.com/

84. totatem - March 14, 2013

kalo ane sih santai aja kalo masuk gang, kalo warga marah, tinggal liatin aja lampunya g bisa mati, hahaha :D

*pengalaman pribadi

85. es jeruk legi - March 14, 2013

Cabut aja jack sambungan saklar lampu jauhnya….saat mau matiin tinggal pindah aja saklar ke posisi lampu jauh….kan dah ga ada powernya…pasti lampu mati…cm masalahnya klo mw ngedim bingung…..atau lepas sekring front lamp, sambungkan ke rele….relenya dinyalakan dengan saklar tambahan Lamp On……

86. firman.HBs - March 14, 2013

AHO…..ups….ujungnya jajaran untung terbanyak kalo g di nyalahka pasti polisi lalu lintas….(kalo ada yang jadi polisi/saudara polisi salam ya g usah munafik)hehehe….
angka kecelakaan menurun bukan karena penerapan AHO,tapi sekarng kendaraan makin banyak padat merayap jaln kurang lebar makany pengndara makin pelan..kalo sistem AHO harusnya kalo ada motor yang lampunya menyala,mobil yg di depannya harus ngasih jalan buat di dahuluin tc motor,faktanya mala yang sok itu pemakai mobil nyalip sembarangan.g per caya coba ente ente semua nongkrong tepi jalan besar(bukan jl TOL ya)..selam 3 jam ente liatin berapa banyak mobil yg nyalip seenanya sendiri….
hukum polisi kurang sip menurut ane..lebih baik hukum massa,nabrak yang di tabrak mampus yang nabrak keluarganya suruh mampusin juga,…nah dengan gitu baru hukum akn berjalan normal…
kasarnya sistem AHO pada motor g ada ngarunya sebenarnya..masih g percaya CEK KE LAPANGAN DC>>>..

87. Juri Votelock - March 14, 2013

sudah menjadi momok fenomenal nih AHO.
ga seharusnya pabrikan membuat AHO di lampu utama.

kita sebagai Konsumen adalah Raja dan banyak yang minta kepada pabrikan agar dipasang di lampu senja aja!

fuck’s AHO!

88. nyoman - March 14, 2013

AHO-AHO.. ckckck…

89. sam - March 14, 2013

(m)AHO

90. masndut - March 14, 2013

> kalo liat undang2nya kan sdh jelas, roda 2 nyalakan lampu utama siang & malam hari….., jadi AHO Gak Penting lagi! (tinggal bagaimana kesadaran rakyat Indonesia a.k.a saudaraku tercinta untuk senantiasa mentaati peraturan).
> kalo urusan safety, yang gak kalah pentingnya adalah Selalu Cek Lampu Belakang! (faktanya banyak yang lampu belakangnya mati & males ngganti….).

91. Mella Chiejutex - March 15, 2013

turutin aja peraturan polisi daripada sampean dipalak polisi.

92. ismun - March 15, 2013

Saya setuju AHO tetapi ada tombol tambahan sprti tombol klakson, setiap tombol ditekan, maka lampu depan mati sementara, tekanan dilepas otomatis lampu hidup lagi. Jd klo lewat gang yg ada orang2 lagi duduk tinggal tekan&tahan tombol.
Mungkin ini bs mjd win win solution. Tujuan AHO tercapai tapi tetap menghargai budaya/kebiasaan yg masih ada di masyarakat.

93. Billy de Fretes - March 15, 2013

tiap pagi sampe sore pulang kantor, naik cbr 250 cm lampu kecil aja yg dinyalain baru kl udh jam 6 ke atas lampu utama :) aman2 aja sih lewatin polisi yg jaga di depok sampe senen

94. BOS kecil - March 16, 2013

ni kok pada ngomongin mAHO ya gan… :-D
Harus nya lampu aho nya jgn dibuat seterang lampu di malam hari, contoh seperti di TVS TORMAX, sdh aho tp saklar lampu jauh dekat nya jg msh ada n aho nya anti silau bin galau..

95. Steven Huang - March 16, 2013

setuju c sama AHO,
cuman klo motor di bawa di sekitar perumahan, sayang di akinya AHO nyala trus siang2

http://tahupedia.com/

96. wiwiadiwibowo - March 16, 2013

cerdass…
kalo filamen lampu dekat mati tinggal pindah ke yang jauh… jadi bisa side a dan side b.. hehe

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2013/03/bagasi-vega-zr-bukti-kreativitas.html

97. gomatic - March 16, 2013

Gimana kalo lampu jauhnya dinyalakan dengan tombol klakson ???
Tp klaksonnya jadi gak berfungsi… puyeng dah….

98. gomatic - March 16, 2013

Tambahan: klaksonnya bisa dibuat berfungsi normal jika lampu utama mati (dipake waktu siang)… sedikit rumit tapi gak perlu tambahan switch…. hehehe…

99. gunawanspurs - March 17, 2013

sebenarnya ada solusinya kok, pake sistem relay + IC timer, ga usah merubah saklar, cuma mengakali jalur kelistrikan dgn modifikasi penambahan rangkaian relay tsb, yg gampang dikembalikan ke kondisi standar (krn rapi pake soket semua).

cara kerjanya, mesin dinyalakan lampu menyala, kemudian bisa dimatikan atau dinyalakan kembali menggunakan switch STARTER electric bawaan motor yg telah berubah status jd switch lampu dlm kondisi mesin menyala. begitu mesin dimatikan, switch lampu jejadian tsb berubah jadi switch starter lagi.

kalo ada yg minat, kontak aja mas Ari / Agus hokiedokie Bekasi, di no 021 97877 333 (Ari) atau 08888 469 494 (Agus), bilang dpt info dr mas Gunawan, hehehe. :D

100. gunawanspurs - March 17, 2013

kenapa klo komen rada panjang, di blog ini pasti nyangkut ?? padahal gw kasih info yg berguna ……

101. akbar - March 18, 2013

wah, itu pertanyaan saya dimuat juga, haha,,, thanks kang,
anyway akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan saklar tambahan merk K*C untuk menonaktifkan AHO yamaha fino 2012 saya. Alhamdulillah so far so good. :)

102. thawil - March 22, 2013
103. SATRIA - March 28, 2013

Cara matiin aho mio j

104. topik - June 4, 2013

Saya pernah coba cara di atas,mematikan salah satu kabel lampu utama pd vario 125 saya.tetapi saat lampu mati mesin getar agak kenceng dibanding saat mesin hidup,sooo pasti ada yg salah pd sistem kelistrikannya dgn cara mematikan salah satu kabel tersebut.mkn dlm jangka panjang akan mengakibatkan dampak negatf pg system injeksinya,so hati sob

105. fs28 - June 14, 2013

Cara paling mudah adalah menutup titik lampu di dim pada bolam sehingga tidak bersentuhan dengan saklar, sehingga kalo saklar dim di nyalakan lampu dim tetap tidak nyala karena terhalang isolasi

106. Bem - June 22, 2013

buat cb150r cocoknya pke saklar tiger revo, vixion atau supra fit gan??

107. Deni - July 9, 2013

Utk Mematikan AHO New Vixion Lighting

Bagi sobat yg mau ganti Switch New Vixion dg Switch Old Vixion alias MATIIN AHO NEW VIXION berikut tuntunan yg bisa coba

http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/06/21/matiin-aho-nvlpasang-saklar-old-vixion-di-nvl/comment-page-1/#comment-6447

ikuti sampai langkah menukar nukar posisi kabel pada Switch Old Vixion yg hendak dipasang di New Vixion.

berikutnya lakukan langkah berikut :

1. Hubungkan kabel hitam ke Massa/Ground …. (ada dua kabel ground pada Switch Old Vixion, satu yg menjuntai pada sisi Main Switch dan satu lagi yg menjuntai pada sisi Socket 6 kaki) manfaatkan kabel hitam yang menjuntai dari sisi Socket 6 kaki, Hubungkan kabel ini dengan socket kaki 6 berisi kabel hitam.

2. Cabut kabel Body Merah/Kuning dari Socket 6 kaki dan sambungkan dengan Socket kabel kuning HeadLamp.

3. Cabut Kabel Body warna Biru yg ke arah Lampu Senja

4. Cabut Kabel Body warna Biru (di ekor New Vixi) yang ke arah lampu belakang

5. Slot Socket kosong pada socket kaki 6 bekas kabel body Merah/kuning pasangkan dengan kabel baru (rekomendasi kabel warna biru biar sama dengan kabel yg masuk dari Main Switch Old Vixion) sambungkan ke Slot Socket bekas kabel Biru yg ke arah lampu senja yg tadi dicopot.

6. Dari Socket kabel biru yg barusan dipasang ke arah lampu senja sambungkan kabel baru (rekomendasi pasang kabel biru juga biar konsisten) pasang mengikuti instalasi kabel body Vixi sampai ekor vixi dan sambungkan dengan slot socket kosong bekas kabel body biru yang tadi di copot …..

7. tutup semua kabel yang tidak terpakai dengan isolasi (yakni kabel hitam (ground) dari Headlamp, Kabel Biru bekas Lampu senja, dan kabel biru bekas lampu belakang).

8. Pasangkan socket – socket di batok new vixi………pasang kembali batok nya si New Vixi……………

9. Nyalakan Mesin ……… dan Cek semua instrumen Switch New Vixion Anda….. dijamin semuanya berfungsi dengan baik…….. dan si AHO praktis seketika Almarhum……..

Saya sudah berhasil……….
semua fungsi dari Main Swutch Old Vixion yang di pasang di New Vixion berfungsi dengan baik dari mulai lampu depan sampai lampu belakang termasuk semua indikator-indikator di Speedo meter New Vixion saya berfungsi dgn sempurna…………

Silahkan Mencoba ……..

atau masuk ke situs saya
http://mypcollection.blogspot.com/p/mematikan-aho-new-vixion.html

Salam

108. Awen Lim - September 30, 2013

Izin Titip yah kang…

Saklar on off lampu depan khusus Ninja 250 fi atau Z250
Info baca disini http://goo.gl/jK4Ulx

109. abafath - October 23, 2013

quote;
kapan kapan kita undang Ki demang untuk sharing cara yang dia lakukan yaaaa . . .

unquote;
wak haji, apa undangan sudah disampaikan ke kang demange ?
penasaran jg pingin coba tips-nya yg simple di cb ane.
suwun…

110. fans tmcblog - January 21, 2014

Mana wak Haji kelanjutannya :(



%d bloggers like this: